Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Jaringan Meristem


Setelah sebelumnya membahas tentang Jaringan pada Tumbuhan secara umum maka kali ini saya akan membahas tentang jaringan meristem. Apa pengertian jeringan meristem? apa fungsi jaringan meristem? bagaimana pengelompokan jaringan meristem? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan terjawab setelah anda membaca artikel dibawah ini:
macam-macam jaringan meristem

Jaringan tumbuhn dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu jaringan meristem dan jaringan permanen. Pengelompokan tersebut berdasarkan pada aktif atau tidaknya pembelahan sel. Posting kali ini hanya akan membahas Jaringan Meristem. 

Jaringan Meristem adalah jaringan pada tumbuhan yang aktif membelah, jaringan tini terdapat pada ujung akar dan ujung batang.  Jaringan meristem berfungsi untuk pertumbuhan, perpanjangan batang dan akar.

Menurut asal pembentukannya jaringan meristem dibagi menjadi 3 kelompok:

Jaringan Promeristem

Jaringan Promeristem meupakan jaringan yang sudah ada semenjak tumbuhan berfase embrio
Fungsi jaringan Promeristem: Pertumbuhan pada embrio dan menghasilkan jaringan meristem primer

Jaringan Meristem Primer

Jaringan meristem primer merupakan jaringan yang ditemukan pada tumbuhan dewasa. Terletak apada ujung akar dan ujung batang, oleh karena itu jaringan ini disebut juga meristem apikal.
Fungsi jaringan meristem primer: Menambah tinggi dan panjang tumbuhan

Jaringan Meristem Sekunder

Merupakan jaringan hasil perkembangan dari meristem primer, contohnya adalah kambium.
Fungsi jaringan meristem sekunder: berperan dalam pembesaran atau perlebaran batang

Menurut letaknya jaringan meristem dibedakan menjadi 3, yaitu:

Jaringan meristem menurut letaknya

Meristem apikal

Merupakan jaringan yang terdapat pada ujung akar dan ujung batang yang berfungsi untuk membentuk menghasilkan tunas apikal dan tunas apikal akan membentuk jaringan baru seperti akar, cabang dan daun.

Meristem interkalar

Jaringan yang terletak diantara jaringan permanen yang berfungsi untuk menghasilkan bunga.

Meristem lateral

Jaringan yang berperan dalam pertumbuhan sekunder, seperti pembesaran akar dan batang. Jaringan ini terletak pada kambium pembuluh dan kambium gabus.
1 Komentar untuk "Jaringan Meristem"
Back To Top -->