PEROKSISIOM: Pengertian, Fungsi dan Struktur

loading...

Pengertian Peroksisiom


peroksisom, kloroplas dan mitokondria
Peroksisom, kloroplas dan mitokondria
Peroksisom adalah kompartemen metabolik khusus yang dibatasi oleh membran tunggal. Peroksisom mengandung enzim yang mentransfer hidrogen dari berbagai substrat oksigen (O2), selain itu peroksisom juga menghasilkan hidrogen peroksida (H2O2) sebagai produk, nama produk yang dihasilkan oleh peroksisom tersebut  berasal dari nama organelnya. Reaksi ini mungkin memiliki fungsi yang berbeda. beberapa  peroksisom menggunakan oksigen untuk memecah asam lemak menjadi molekul yang lebih kecil yang kemudian dapat diangkut ke mitokondria, di mana mereka digunakan sebagai bahan bakar untuk respirasi seluler.


Di dalam liver Peroksisom berfungsi untuk detoksifikasi alkohol dan senyawa berbahaya lainnya dengan mentransfer hidrogen dari racun oksigen. The H2O2 dibentuk oleh peroksisom itu sendiri beracun, tetapi juga mengandung organel enzim yang mengubah H2O2 air. Ini adalah contoh yang sangat baik bagaimana struktur kompartemen sel yang sangat penting untuk Fungsi: The enzim yang menghasilkan hidrogen  eroksida dan orang-orang yang membuang senyawa ini beracun diasingkan dalam ruang yang sama, jauh dari komponen seluler lain yang jika tidak bisa rusak.


Fungsi Peroksisom

Fungsi peroksisom adalah menghasilkan enzim katalase yang berfungsi menguraikan peroksida hydrogen sebagai hasil samping fotorespirasi yang sangat toksik untuk sel, menjadi H20 dan 02 , merubah lemak menjadi karbohidrat, dan perubahan senyawa purin dalam sel.

Struktur Peroksisom

Struktur Peroksisom terdiri atas lebih dari 40 enzim yang dibungkus oleh membran plasma lipid ganda. Peroksisom juga mengandung enzim yang memulai pengubahan asam lemak untuk gula, yang muncul bibit menggunakan sebagai sumber energi dan karbon sampai dapat memproduksi gula sendiri oleh fotosintesis.

Perbedaan Lisosom dan Peroksisom


Tidak seperti lisosom, peroksisom tidak bud dari endomembran yang sistem. Mereka tumbuh lebih besar dengan menggabungkan protein dibuat terutama dalam sitosol. lipid yang dibuat di UGD, dan lipid disintesis dalam Peroksisom sendiri. peroksisom dapat meningkatkan jumlahnya dengan membelah dua ketika mereka mencapai Ukuran tertentu.
loading...
loading...
Poskan Komentar
loading...