Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

KLOROPLAS


Pengertian Kloroplas

struktur kloroplas
Gambar Kloroplas
Kloroplas yaitu plastida berwarna hijau. Plastida ini berfungsi menghasilkan klorofil dan sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis.

Sel sebagian besar tumbuhan tinggi umumnya mengandung antara 50 – 200 kloroplas. Kalau dilihat dari samping bentuknya seperti lensa dengan satu sisi/permukaan cembung dan permukaan lain cekung, datar atau cembung.

Fungsi Kloroplas

Didalam sitoplasma sel terdapat banyak organel diantaranya kloroplas dan mitokondria yang masing-masing berfungsi dalam proses fotosintesis dan sintesa adenosintriposfat (ATP). Kloroplas dan mitokondria ternyata mengandung materi genetic ( gen atau DNA ) yang dapat termutasi. Mutasi gen kloroplas atau mitokondria sering disebut mutasi di luar inti atau extra nuclear mutation.

Kloroplas merupakan komponen pada daun yang menolong tanaman mengubah cahaya menjadi energy yang dikenal dengan proses fotosintesis. Kloroplas ada di dalam tanaman berdaun hijau , jadi pada dasarnya setiap tanaman memiliki potensi untuk menjadi sumber listrik.

Struktur kloroplas:


1.        membran luar
2.        ruang antar membrane
3.        membran dalam (1+2+3: bagian amplop)
4.        Stroma
5.        lumen tilakoid (inside of thylakoid)
6.        membran tilakoid
7.        granum (kumpulan tilakoid)
8.        tilakoid (lamella)
9.        Pati
10.    Ribosom
11.    DNA plastid
12.    Plastoglobula

Pengertian Plastida

Plastida adalah istilah kolektif untuk organel yang membawa pigmen. Dalam sel tumbuhan, kloroplas adalah bentuk paling menonjol dari plastida yang mengandung pigmen klorofil hijau. Karena ini plastida (kloroplas) pada sel tumbuhan memiliki fungsi untuk fotosintesis di hadapan sinar matahari, air, dan karbon dioksida untuk mensintesis makanan sendiri.
Tag : organel, sel
0 Komentar untuk "KLOROPLAS"
Back To Top