Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

MITOSIS

mitosis


Pembelahan sel dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk tumbuh, menjadi dewasa dan perbaikan jaringan yang rusak. Pada fase pembelahan, sel akan melakukan proses mitosis untuk membentuk dua buah nukleus, kemudian menjadi dua buah sel baru yang identik.

Apa itu Mitosis?


Mitosis adalah suatu proses pemisahan dan duplikasi DNA pada sel sehingga menjadi dua buah nukeus.

Mitosis dibedakan kepada beberapa proses:

  1. 1.       Proses yang pertama adalah prophase, dna terkondensasi dan terorganisasi sehingga munculah kromosom
  2. 2.       Selanjutnya adalah prometaphase, ketika mikrotubul menempel pada kromosom
  3. 3.       Step selanjutnya adalah metaphase, pada fase ini kromosom berbaris lurus
  4. 4.       Anaphase, ketika kromosom berpisah
  5. 5.       Terakhir telophase, nuklear membrane kembali muncul dalam di sekitar kromosom. Mitosis selesai.


Setelah mitosis dua sel terbentuk, pembentukan sel baru ini disebut sitokinesis.

Interphase 

Mitosis hanyalah salah satu bagian dari siklus sel, untuk kebanyakan mahluk hidup eukariotik sel membelah setiap 24 jam, kebanyakan waktu pada siklus sel dihabiskan pada fase interphase. Interphase terdiri dari 3 proses, yaitu g1, s dan g2, 

Fase G1 (Gap 1)

G1 atau gap 1 adalah proses pertumbuhan pertama pada sel, pada g1 sel tumbuh sampai hampir pada ukuran maksimalnya dan melaksanakan berbagai fungsi biokimia yang dibutuhkan organisme.

Fase S (Sintesis)

Selanjutnya S atau fase sintesis, inilah fase yang penting karena pada proses S inilah terjadi replikasi DNA pada nukleus.

Fase G2 (Gap 2)

Selanjutnya kita masuk pada fase pertumbuhan lainnya yang disebut g2 atau gap2, pada fase inilah pertumbuhan pada sel selesai, selain itu DNA telah terduplikasi di nukleos dan dua sentrosom telah muncul di sitoplasma. Sekarang mitosis baru bisa dimulai.

Untuk beberapa sel eukariotik, fase mitosis terjadi selama 80 menit.

Prophase

Proses pertama mitosis, disebut prophase, kita dapat melihat sturuktur klasik kromosom, hal ini terjadi karena adanya proses kondensasi pada waktu yang bersamaan rantai protein yang disebut mikrotubul muncul dari sentrosom (pada sel hewan), fase ini diakhiri dengan menghilangnya mukleus dan nukleolus.

Prometaphase

Selanjutnya adalah fase prometaphase dimulai setelai membran nukleus tiada, pada saat yang sama rantai mikrotubul atau spindel fiber tumbuh dari sentrosom, rantai ini kemudian menempel pada struktur protein yang disebut kinetochore, setiap satu kinetochore menempel pada rantai mikrotubul.
Selanjutnya adalah fase metaphase, pada fase ini kromosom bersaudara berbaris lurus pada bagian tengah sel, dengan begitu kedua kromatid menghadap ke arah kutub yg berlawanan pada sel. 

Anaphase

Sekarang, kromosom bersaudara siap untuk berpisah. ini terjadi pada fase anafase dimana mikrotubul menempel pada kinetochore. Setelah itu kromosom bersaudara terpisah seiring memendeknya rantai mikrotubul yang menempel pada siter kromatid, pada akhir fase anaphase kromosom bersaudara berpindah ke ujung setiap sudut sel

Telophase 

Telophase adalah fase terakhir pda mitosis. Pada fase inilah komponen sel yang lain muncul kembali dan spindel fiber terputus (hilang), membran nukleus yang baru mengelilingi kromosom pada ujung sel kemudian kromosom kembali ke kondisi tidak terkondensasi. Fase mitosis berakhir.

Sitokinesis

Pembentukan dua sel masih belum berakhir. Setelah mitosis, siklus sel selanjutnya adalah sitokinesis, awalnya sel akan membentuk kerutan pada bagian tengah sel karah dalam. Setelah itu organel dalam sel telah selesai melakukan replikasi dan dua sel telah terbentuk. ini termasuk mitokondria, badan golgi, dan RE kasar, tumbuhan juga memiliki klorofil, setelah terbentuk dua sel maka sekarang sel sudah masuk dalam siklus g1 dan siap untuk tumbuh.

Sekarang mari kita rekap prosesnya sekali lagi:

PROPHASE: awal mula mitosis, dna terkondensasi menjadi kromosom,
PROMETAPHASE: mikrotubul muncul dan membran nukleus menghilang
METAPHASE: kromosom berbaris pada bagian tengah sel
ANAPHASE: kromosom berpisah ke lawan arah
TELOPHASE: membran nukleus kembali ada
mitosis selesai

SITOKINESIS: pembelahan menjadi dua sel, dua sel baru sekarang siap untuk tumbuh dan melaksanakan fungsinya 

Terima kasih, sekian untuk posting kali ini tentang mitosis, untuk gambarnya bisa dilihati di posting sebelumnya tentang siklus dan pembelahan sel part 1 dan siklus pembelahan sel part 2.
Tag : sel
0 Komentar untuk "MITOSIS"
Back To Top -->