Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

GNETIKA: KEANEKARAGAMAN PADA HEWAN DAN TUMBUHAN

Praktikum Genetika

KEANEKARAGAMAN PADA HEWAN DAN TUMBUHAN

Tujuan Praktikum

Setelah mengikuti praktikum ini, praktikan diharapkan dapat:
-       Mengenal tipe-tipe keragaman pada hewan dan tumbuhan pada spesies yang sama
-       Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang berbagai variasi pada hewan dan tumbuhan berdasarkan suatu sifat/karakter tertentu

Latar Belakang Praktikum

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, bahkan merupakan salah satu negara pusat raksasa (megadiversity) di dunia dalam hal keanekaragaman hayati flora, fauna, dan mikroba.Hutan Indonesia meliputi sekitar 60 persen lahan, yakni sekitar 10% dari keseluruhan hutan hujan tropis di dunia. Indonesia juga merupakan hunian bagi 11%tanaman bunga di dunia, 12%dari keseluruhan mamalia di dunia, 15% dari keseluruhan amfibi dan reptil, 17%dari seluruh burung, dan 37% dari seluruh ikan di dunia (World Research Institute, 2010)
Keragaman atau perbedaan antar jenis (spesies) biasanya dapat kita amati dengan mudah. Keragaman antar individu juga dapat kita amati pada hewan atau tumbuhan dari jenis yang sama. “Tidak ada dua individu yang sama persis”. Misalnya, tanaman Anggrek, dapat kita jumpai dalam berbagai tipe bentuk dan warna bunga yang indah dan menawan. Hal ini disebabkan oleh adanya variasi genetis (faktor internal), yakni faktor menurunyang diwariskan dari kedua induknya. Keanekaragaman jenis juga dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan (eksternal), seperti makanan, suhu, cahaya matahari, kelembaban, dan curah hujan.
Dengan demikian fenotipe (penampakan) suatu individu merupakan hasil interaksi antara genotipe dengan lingkungan. Baik hewan maupun tumbuhan mempunyai variasi yang tampakantara lain dalam bentuk, ukuran tubuh, warna, dan ciri khas lainnya.

Bahan yang Digunakan

·       Bougenville
·     Anjing
·      
·       Mawar
·        
·     Kucing
·        Soka (Ixora javanica)
·         
·     Ayam
·       Aster
·     Merpati
·       Dahlia
·     Ikan Mas
·       Jagung

·       Puring

·       Bunga pukul empat (Mirabilis jalappa)

Prosedur Kerja Praktikum

1.        Tentukan bahan yang akan digunakan dan sifat yang akan diamati, meliputi warna, ukuran, dan ciri khas lainnya.
2.        Amati sifat dari bahan yang telah ditentukan dan cari variasi yang ada. Jumlah bahan yang diamati sebaiknya cukup banyak untuk memberikan hasil yang baik.
3.        Catat hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan sertai dengan gambar/foto untuk memperjelas dan menguatkan hasil pengamatan anda.
Hasil Pengamatan
NO
Bahan yang digunakan
Sifat yang diamati
Variasi Sifat
Gambar








NO
Bahan yang digunakan
Sifat yang diamati
Variasi Sifat
Gambar














Pertanyaan dan Masalah untuk Diskusi

1.        Adakah variasi sifat dari objek yang Anda amati?
2.        Apa pentingnya keragaman?
3.        Apa kemungkinan yang menyebabkan keragaman genetik? Berikan contoh yang spesifik!

4.        Bagaimana Anda bisa mengetahui bahwa penyebab keragaman adalah karena genetik atau lingkungan?
Tag : gen
0 Komentar untuk "GNETIKA: KEANEKARAGAMAN PADA HEWAN DAN TUMBUHAN"
Back To Top -->