Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

MEIOSIS

MEIOSIS

Pada posting kali ini saya akan membahas tentang Meiosis. Apa sih meiosis itu? Penasaran? Yuk kita simak penjelasannya dibawah ini.

Salah satu ciri makhluk hidup adalah reproduksi atau berkembang biak, dengan reproduksi inilah kita bisa memperoleh keturunan dan mempertahankan spesies kita. Proses reproduksi diawali dengan menyatunya dua gamet yaitu gamet jantan dengan gamet betina, kemudian terbentuklah embrio dan embrio ini lah yang berkembang hingga menjadi individu dewasa.

Apa itu Meiosis?

Meiosis hanyalah satu tahap dalam siklus hidup germ line cell. Seperti halnya mitosis, meiosis juga diawali dengan masa interphase yang terdiri atas poses G1, S dan G2 sebelum memasuki meiosis.
DNA yg terdapat pada di dalam germ line cell terlebih dahulu diduplikasi sebelum meiosis dimulai, duplikasi ini terjadi pada fase S. Kromosom yang sudah terduplikasi disebut kromatid bersaudara. kromatid ini tetap dalam keadaan menempel sampai proses meiosis 2 selesai.

Terdapat dua proses pembelahan sel yang terjadi dalam meiosis:

1. Pembelahan pertama di sebut meiosis 1, menghasilkan dua unit anakan sel yang memiliki kromosom yg identik dengan induknya
2. Pembelahan kedua disebut mesiosis 2, menghasilkan 4 buah haploid sel yang hanya memiliki satu salinan dari kromosom, sel haploid inilah yang disebut gamet yg akan digunakan pada proses reprodusi secara seksual

Mari kita bahas lebih detail tentang meiosis 1 dan 2

Meiosis 1

Prophase 1

Meiosis 1 diawali dengan proses prophase 1, dimana pada proses ini DNA berkumpul menjadi kromosom, di sini dapat kita lihat disini kromatid bersaudara yang telah terduplikasi pada sentromer,  kromosom2 ini tetap menempel sampai proses meiosis 1 selesai.

Selanjutnya, setiap pasang kromosom yang homolog menjalani proses synapsis untuk membentuk kompleks yang membutuhkan dua pasang kromatid bersaudara. Kromosom material adalah pergantian kromosom pada kromatid bersaudara, kejadian ini disebut recombination atau lebih dikenal crossing over. setelah crossing over kromatid bersaudara pada setiap kromosom tidak ada yang sama antara satu sama lain. inilah kenapa walaupun ada saudara kandung atau pun kembar yang benar-benar identik.

Ada beberapa kejadian lagi pada profase 1. Membran nukleus mulai menghilang, kemudian dua sentrosom pindah ke arah yang berlawanan dan munculah mikrotubul, kemudian mikrotubul tersebut menempel pada kromosom.

Metaphase 1

Proses selanjutnya pada meiosis 1 disebut metaphase 1, disinilah sinapsis kromosom berbaris pada bagian ekuator sel. Kromosom berbaris secara random sehingga menghasilkan perbadaan kombinasi pada setiap meiosis terjadi.

Anaphase 1

Fase selanjutnya adalah anaphase 1, pada fase ini homologuees kromosom berpisah dan mengarah pada kutub yang berlawanan (sentrosom). Namun sister kromosom masim tetap menempel pada sentromernya.

Telophase 1

Fase terakhir pada meiosis 1 adalah telophase 1 dan sitokinesis. Pada fase ini sel terbagi menjadi dua anakan sel, 2 sel tersebut sekarang masuk pada fase meiosis 2

Meiosis 2

Meiosis 2 sangat mirip dengan mitosis, fase pertama pada meiosis 2 disebut prophase 2, kromosom terkondensasi lagi dan nukleus menghilang, dan benang2 sepindel terbentuk.

Prophase 1

Perbedaan umum yg membedakan prophase 2 dengan prophase 1 adalah pada prophase 2 daughter cell hanya memiliki satu salinan pada setiap kromosom homolog. jadi pada prophase 2 tidak ada sinapsis pada kromosom homolog atau crossing over.

Metaphase 2

Pada metaphase 2 kromosom berbaris pada bagian ekuator sel, dengan barisan yang random. Karena kromatid bersaudara sudah tidak identik lagi maka akan banyak sekali cara kromosom ini untuk berbaris.

Anaphase 2

Pada anaphase 2 kromatid bersaudara berpisah karena mikrotubul yang memendek. setelah itu mikrotubul mulai menghilang.

Telophase 2

Pada telophase 2 membran nukleus mulai muncul kembali dan sitoplasma terpisah menjadi 2 haploid anakan sel. Pemisahan ini disebut sitokinesis.

Meiosis 2 dimulai dengan 2 sel, kemudian setiap sel tersebut berkembang menjadi dua sel, sekarang kita mendapatkan 4 buah sel haploid yang unik pada akhir meiosis.

Sel-sel ini disebut juga gamet, dua gamet yang terdiri dari gamet jantan dan betina jika berdifusi maka akan terbentuk embrio diploid. Embrio yang telah terbentuk akan tumbuh menjadi individu dewasa.

Demikian untuk posting kali ini mengenai Meiosis, untuk mendapatkan gambar tentang prasosnya bisa dilihat pada posting seebelumnya yang berjudul Siklus dan Pembelahan Sel part 1 dan part2. Terimakasih.
Tag : sel
0 Komentar untuk "MEIOSIS"
Back To Top -->