Bisakah Terbentuk Spesies Baru? Ini Jawabannya!

loading...
ilustrasi spesies baru

Terbentuknya spesies baru merupakan suatu mekanisme evolusi. Apabila variates yang sama dari suatu spesies tertentu menempati dua tempat yang sangat berbeda dan berjauhan yang tidak mungkin bisa berhubungan seksual (reproduksi). 


Salah satu variates tersebut akan mengalami perubahan dan akhirnya akan menjadi dua variates yang berlainan.

Hal yang demikian sering dikenal dengan isolasi, isolasi ada 2 macam yaitu isolasi geografis dan isolasi reproduksi. Kedua jenis isolasi ini terjadi bisa terjadi melalui isolasi ekologi, musim, tingkah laku, mekanik dan isolasi gamet. Adapun isolasi-isolasi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

Isolasi geografis 

Isolasi ini terjadi akibat keadaan alam. Isolasi ini terjadi jika organisme dari suatu sepesies berpindah ke lingkungan baru yang berbeda dengan lingkungan asalnya. Organisme tersebut akan beradaptasi dengan lingkungan barunya. Adaptasi ini dapat mengarah terhadap terbentuknya suatu sepesies baru.

Isolasi ini disebabkan karena dua spesies yang berkerabat dekat menghuni di daerah geografis yang sama namun pada habitat yang berbeda. 

Isolasi tingkah laku 

Isolasi ini dapat menghalangi fertilisasi karena adanya perilaku tertentu sebelum terjadi perkawinan.

Isolasi mekanik 

Isolasi mekanik ini menghalangi perkawinan akibat struktur kelamin yang berbeda. Perbedaan morfologi atau anatomi membuat spesies yang berbeda idak  dapat kawin.

Isolasi Gamet 

Isolasi ini dapat menghalangi terjadinya pembuahan akibat susunan kimiawi dan molekul yang berbeda antara 2 sel gamet.

Jadi, menurut teori Evolusi spesies baru sangat mungkin untuk terbentuk.

Demikian posting materi biologi kali ini yang tentang tebentuknya spesies baru. Semoga bermanfaat.

loading...
loading...
Posting Komentar
loading...