Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

BIOTEKNOLOGI

Biteknologi adalah ilmu terapan biologi  yang melibatkan disiplin ilmu mikrobiologi, biokimia, genetika dan biologi molekuler. Definisi bioteknologi secara klasifiksi atau konvesional adalah teknologi yang memanfaatkan agen hayati atau bagian bagiannya untuk menghasilkan barang dan jasa dalam skala industri untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sedangkan di tinjau dalam skala modern, bioteknologi adalah pemanfaatan agen hayati atau bagian bagian yang telah direkayasa secara in vitro untuk menghasikan barang dan jasa pada saat skala industri.

Bioteknologi di kembangkan untuk meningkatkan nilai bahan mentah untuk meningkatkan kemampuan mikro organisme atau bagian- bagianya, misalnya bakteri dan kapang. Selaii itu, bioteknologi juga memanfaatkan sel tumbuhan atau sel hewan yang di biakan sebagai bahan dasar berbagai proses industri. Tranformasi kimia dapat di bagi menjadi dua sub-bagian : 

  1. Pembentukan suatu produk akhir yang di inginkan, contohnya enzim, antibotik, asam organik dan steroid.
  2. Penguraian bahan sisa produksi, contohnya buangan air limbah, destrusi buangan industri atau tupahan minyak .

Penerapan bioteknologi sangat penting di berbagai bidang, misalnya di pengolahan bahan pangan, farmasi ,kedokteran, pertanian, pengolahan limbah, dan pertambangan. 

Demikian posting materi biologi mengenai bioteknologi untuk hari ini. Besok saya akan posting mengenai bioteknologi lebih banyak lagi, semoga bermanfaat.

Tag : bioteknologi
0 Komentar untuk "BIOTEKNOLOGI"
Back To Top -->