Teori-teori Evolusi

loading...
Teori-teori Evolusi
Mungkin kita sering melihat dari waktu kewaktu di bumi ini terjadi perubahan  baik lingkungannya maupun mahluk hidup yang ada didalamnya. Perubahan perubahan yang terjadi tersebut dalam ilmu biologi disebut evolusi. Evolusi adalah peroses komplek pewarisan sifat organisme yang berubah dari generasi ke generasi dalam kurun waktu jutaan tahun. Evolusi menjelaskan bagaimana spesies baru baik hewan atau tumbuhan dapat muncul dalam waktu tertentu dan berusaha memahami faktor-faktor yang mendorong terbentuknya mahluk hidup yang ada di bumi. 

Perubahan-perubahan yang terjadi pada mahluk hidup dalam waktu tertentu dipelajari dalam suatu teori yang disebut teori evolusi. Teori evolusi telah banyak dikemukakan oleh para ahli, tetapi tampaknnya belum ada satupun teori yang dapat menjawab semua fakta dan fenomena tentang sejarah perkembangan mahluk hidup. Sehingga teori evolusi masih dipertentangkan hingga saat ini. Beberapa tokoh yang mengemukakan tentang teori evolusi adalah Lamarcrk,Charles Darwin dan August Weismann.

Jean Baptiste de Lamarck (1744 – 1829)

Seorang ahli biologi prancis yang menjelaskan evolusi berdasarkan suatu gagasan bahwa perubahan pada suatu individu disebabkan oleh lingkungan dan bersifat diturunkan.  Teori ini disebut teori Lamarckisme. Lamarck memberikan contoh fenomena jerapah sebagai pendukung teorinya. Menurut Lamarck, jerapah pada mulanya berleher pendek. Karena sering digunakan untuk menggapai pucuk dedaunan yang semakin tinggi, maka leher jerapah menjadi panjang. Mengapa jerapah harus menggapai pucuk dedaunan yang tinggi? Lamarck menjelaskan bahwa pucuk di bagian bawah telah habis dimakan, sehingga untuk mempertahankan hidup maka jerapah harus menjangkau pucuk dedaunan yang tinggi.
Dari contoh tersebut jelas bahwa faktor lingkungan yakni pucuk dedaunan yang makin tinggi untuk dijangkau, telah mempengaruhi jerapah untuk menjulurkan lehernya. Akhirnya terjadi perubahan struktur anatomi leher jerapah menjadi semakin panjang dan sifat ini diwariskan kepada keturunannya.

Charles Robert Darwin (1809 – 1882)

Seorang peminat ilmu alam dari Ingris. Darwin banyak mengemukakan gagasan-gagasannya tentang evolusi. Karena pemikirannya tersebut, Darwin dikenal sebagai Bapak Evolusi. Berawal dari pengamatannya terhadap mahluk hidup pada saat ia mengikuti pelayaran HMS Beagle untuk memetakan jalur pelayaran. Pada saat dia mengamati berbagai fosil dan mahluk hidup. Darwin mengamati berbagai mahluk hidup terutama pada burung Finch yang berada dikepulauan galapagos  yang  memiliki berbagai variasi bentuk paruh. Burung finch juga dapat ditemukan oleh Darwin  di Inggris. Darwin menyadari variasi yang dimiliki burung-burung Finch tersebut karena adaptasi terhadap lingkungannya. Perbedaan paruh pada burung tersebut beradaptasi dengan keanekaragaman sumber makanan yang tersedia. Sehingga dari pengamatan-pengamatan Darwin tersebut timbul suatu pokok-pokok pemikiran yang melandasi ajaran Darwin mengenai evolusi, antara lain:
  1. Tidak ada individu yang identik, selalu ada variasi meskipun dalam satu keturunan.
  2. Setiap populasi cenderung bertambah banyak karena setiap makhluk hidup mampu berkembang biak.
  3. Untuk berkembangbiak diperlukan makanan dan ruang yang cukup.
  4. Pertambahan populasi tidak berlangsung secara terus menerus, tetapi dipengaruhi oleh berbagai macam faktor pembatas antara lain makanan dan predasi.

Pokok pokok pemikiran dalam teori Darwin dapat kita lihat dari pengamatan sehari-hari yang dapat kita jumpai, antara lain :
  1. Adanya variasi individu  baru dalam satu keturunan.
  2. Bertambah banyaknya populasi 
  3. Adanya perjuangan spesies untuk bertahan hidup.
  4. Adanya seleksi alam, hanya individu yang sesuai dengan lingkungan yang dapat memenangkan persaingan dan terus hidup serta bertambah banyak. Sementara makhluk hidup yang tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan akan kalah dan musnah.
Dalam bukun yang dibuat Darwin “The Origin of Spesies by means of Natural Selection”. Darwin membantah teori Lamarck yang mengungkapkan bahwa perkembangan makhluk hidup menuju ke arah kesempurnaan dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan diwariskan kepada keturunannya. Darwin menyatakan dua hal penting sebagai Teori Evolusi yaitu:
1. Spesies yang hidup sekarang berasal dari sepesies nenek moyang.
2. Perkembangan spesies dipengaruhi oleh seleksi alam dan variasi antar populasi 

August Weismann (1834 – 1914 )

Seorang ahli biologi jerman mencoba menerapkan teori Darwin kedalam peristiwa genetika.
August Weismann berpendapat bahwa sel-sel tubuh tidak dipengaruhi oleh lingkungan. Dia membuktikan pendapatnya dengan mengawinkan dua tikus yang dipotong ekornya. Semua anak tikus yang dilahirkan dari kedua tikus tadi berekor panjang. Weisman pun menyimpulkan bahwa:

1. Perubahan sel tubuh karena pengaruh lingkungan tidak akan diwariskan ke generasi  berikutnya.hal ini membuktikan bahwa teori Lamarck tidak benar
2. Evolusi adalah masalah perkawinan gen-gen melalui sel kelamin, atau evolusi adalah gejala-gejala seleksi alam terhadap faktor genetika.

Demikian posting biologi hari ini mengenai teori-teori evolusi, semoga bermanfaat.
Share on :
loading...
Poskan Komentar