Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

TUMBUHAN BERBIJI (SPERMATOPHYTA)

buah tangkil gymnospermae

Tumbuhan berbiji atau Spermatophyta menunjukan keanekaragaman struktur, pertumbuhan dan proses perkembangbiakan yang mengagumkan. Generasi sporofit bersifat dominan, sedangkan gametofit bergantung sepenuhnya pada sporofit. Embrio tumbuhan biji berkutub dua (bipolar).  Satu kutub tumbuh membentuk batang dan daun, sedangkan kutub yang lain membentuk akar. Tumbuhan biji meliputi Angiospermae dan Gymnospermae.

Tumbuhan berbiji memiliki ciri-ciri umum yaitu Struktur perkembangbiakan yang khas adalah biji, memiliki serbuk sari, mempunyai jaringan pembuluh kompleks, memiliki pigmen hijau untuk fotosintesis.

Tumbuhan Biji Terbuka (Gymnospermae)

Kelompok ini meliputi tumbuhan yang berupa semak-semak atau pohon-pohon yang batangnya keras dan berkayu. Akarnya tersusun dalam sistem akar tunggang dan batangnya bercabang-cabang. Daunnya kaku, sempit, berdaun pipih dan lebar. Bunga yang sesungguhnya belum ada. Bakal biji terdapat pada badan mirip makrosporofil pada paku heterospora dan disebut daun buah. Tumbuhan biji terbuka bereproduksi dengan biji. Tumbuhan biji umumnya dibagi menjadi empat divisi yaitu Pinophyta, Cycadophyta, Ginkgophyta, Gnetophyta.

Tumbuhan Pinophyta dikenal juga sebagai konifer. Memiliki daun berbentuk jarum, bersifat monoesis, biji berkembang didalam runjang. Contohnya Pinus sp. Tumbuhan Cycadophyta (pakis) hidup di daerah tropis dan subtropis. Contohnya Cycas revolute, Cycas rumphii, yang tingginya mencapai 9 meter dan hidup di afrika selatan. Tumbuhan Ginkgophyta hanya mempunyai satu spesie di dunia ini yaitu Ginkgo biloba, tingginya 15-20 meter dan bercabang banyak. Tumbuhan Gnetophyta berbeda dengan tumbuhan lainnya, karena memiliki pembuluh kayu untuk mengatur air pada bagian xilemnya, seperti pada angiospermae. Tumbuhan ini mencakup tiga genus, yaitu Gnetum, Epherda dan Welwithschia.

Tumbuhan Biji Tertutup  (Angiospermae)

Tumbuhan angiospermae mempunyai ciri-ciri yaitu ada bunga yang sesungguhnya, daunnya pipih dan lebar dengan susunan tulang-tulang yang beranekaragam, bakal biji tidak tampak karena terbungkus dalam suatu badan yang berasal dari daun buah (putik), selisih waktu yang relative pendek antara penyerbukan dan pembuahan, adanya pembuahan ganda.

Tumbuhan biji tertutup meliputi tumbuhan mulai dari yang kecil, semak-semak dan perdu, hingga pohon besar. Lazimnya golongan ini dibagi dalam dua kelas yaitu tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil.

Demikian posting pelajaran biologi hari ini menenai tumbuhan berniji. Semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "TUMBUHAN BERBIJI (SPERMATOPHYTA)"
Back To Top -->