Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

GINJAL

STRUKTUR DAN LETAK GINJAL

Letak dan Bentuk Ginjal

Ginjal terletak pada dinding poeterior abdomen, terutama di daerah lumbal, disebelah kanan dan kiri tulang belakang, dibungkus lapisan lemak yang tebal, di luar rongga peritoneum  dan lebih tapatnya dibelakang peritoneum.

Letak ginjal dapat diperkirakan dari belakang, mulai dari ketinggian vertebra torakalis terakhir sampai vertebra lumbalis ketiga. Ginjal kanan sedikit lebih rendah dari kiri, karena hati menduduki banyak ruang di sebelah kanan.

Setiap ginjal panjangnya 6 sampai 7,5 cm, dan tebal 1,5 sampai 2,5 cm. pada orang dewasa beratnya sekitar 140 gram.

Bentuk ginjal seperti biji kacang dan sisi dalamnya atau hilum menghadap ke tulang punggung. Sisi luarnya cembung. Pembuluh-pembuluh ginjal semuanya masuk dan keluar pada hilum. Di atas setiap ginjal menjulang sebuah kelenjar suprarenal. Ginjal kanan lebih pendek dan lebih tebal daripada yang kiri.

Struktur ginjal

Setiap ginjal dilingkupi kapsul tipis dari jaringan fibrus yang rapat membungkusnya, dan membentuk pembungkus yang halus. Didalamnya terdapat struktur-struktur ginjal. Warnanya ungu tua yang terdiri atas bagian korteks disebelah luar, dan bagian medula di sebelah dalam. Bagian medulla ini tersusun atas 15 sampai 16 massa berbentuk pirmida, yang disebut piramis ginjal. Puncak-puncaknya langsung mengarah ke hilum dan berakhir ke kalises. Kalises ini menghubungkannya dengan pelvis ginjal.

Nefron

Struktur halus ginjal terdiri atas banyak nefron yang merupakan satuan-satuan fungsional ginjal, diperkirakan ada 1 juta nefron dalam setiap ginjal. Setiap nefron mulai sebagai berkas kapiler (badan Malpighi atau glomerulus) yang tertanam dalam ujung atas yang lebar pada uriniferus atau nefron. Dari sini tubulus berjalan sebagian berkelok-kelok dan sebagian lurus. Bagian pertama tubulus berkelok-kelok dan dikenal sebagai kelokan pertama atau tubula proksimal dan sesudah ituterdapat sebuah simpai, simpai Henle. Kemudian tubula ini berkelok-kelok lagi, penampung yang berjalan melintasi korteks dan medula, untuk berakhir di puncak salah satu pyramid. 

Pembuluh Darah

Selain tubulus uniferus, struktur ginjal juga berisi pembuluh darah. Arteri renalis membawa darah murni dari aorta abdominalis ke ginjal. Cabang-cabangnya beranting banyak didalam ginjal dan menjadi arteriol aferen, dan masing-masing membentuk simpul dari kapiler-kapiler didalam salah satu badan Malpighi inilah glomerulus. Pembuluh eferen kemudian tampil sebagai arteriol aferen yang bercabang-cabang membentuk jaringan kapiler sekeliling tubulus uriniferus. Kapiler-kapiler ini kemudian bergabung lagi membentuk vena renalis, yang membawa darah dari ginjal ke vena kava inferior. Maka darah yang beredar dalam ginjal mempunyai dua kelompok kapiler, yang bertujuan agar darah dapat lebih lama berada disekitar tubulus uriniferus, karena fungsi ginjal tergantung dari hal tersebut

Fungsi Ginjal

Fungsi ginjal adalah mengatur keseimbangan air, konsentrasi garam dalam darah, keseimbangan asam-basa darah, serta ekskresi bahan buangan dan kelebihan garam. Pada ginjal inilah terjadi proses pembentukan urin.

Glomerulus adalah saringan. Setiap menit kira-kira 1 liter darah yang mengandung 500 ccm plasma mengalir melalui semua glomeruli dan sekitar 50 ccm (10%) di saring keluar. Plasma yang berisi semua garam, glukosa, dan benda halus lainnya disaring. Sel dan protein plasma terlalu besar untuk dapat menembusi pori saringan dan tetap tinggal di aliran darah.

Cairan yang disaring adalah filtrat glomerulus, kemudian mengalir melalui tubula renalis dan sel-selnya menyerap semua bahan yang diperlukan tubuh dan meninggallkan yang tidak diperlukan. Dengan mengubah-ubah jumlah yang diserap atau ditinggalkan dalam tubula, sel dapat mengatur susunan urin di satu sisi dan susunan darah disisi sebaliknya. Dalam keadaan normal semua glukosa diabsorpsi kembali, air sebagian besar diabsorpsi kembali, kebanyakan produk buangan dikeluarkan. Dalam keadaan tertentu tubula menambah bahan pada urine. Demikian maka sekresi terdiri atas 3 faktor yaitu filtrasi glomerulus, reabsorpsi tubula, dan sekresi tubula.

Demikian posting biologi hari ini mengenai ginjal, fungsi ginjal, letak ginjal dan struktur ginjal. Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "GINJAL"
Back To Top -->