Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

SISTEM EKSRESI

sistem eksresi ginjal

Sistem eksresi merupakan sistem biologis yang berfungsi untuk membuang materi yang berbahaya bagi tubuh dan zat-zat sisa. Sistem eksresi juga berperan penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh (homeostatis) agar suatu organisme terhindar dari keadaan atau kondisi yang dapat merusak tubuh.

Pada prosesnya, sistem eksresi memiliki tugas untuk mengeliminasi sisa-sisa dari hasil metobilisme tubuh  seperti pembuangan gas, pembentukan urin, keringat dan lan-lain. Untuk dapat melakukan tugas-tugas tersebut sistem eksresi membutuhkan beberapa organ, kumpulan dari organ-organ ini disibut sistem eksresi.

Organ-organ pada sistem eksresi:

1. Ginjal
2. Hati
4. Kulit

Organ-organ diatas memiliki fungsi spesifik yang berbeda antara satu sama lain. Misalnya ginjal yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan air, konsentrasi garam dalam darah, keseimbangan asam-basa darah, serta ekskresi bahan buangan dan kelebihan garam. Begitu juga organ-organ lain juga memiliki fungsi spesifik yang akan dibahas pada makalah ini.

Iklan: Anda tahu Yakult? Yap, yakult adalah salah satu contoh dari proses fermentasi yang menghasilkan minuman yang disebut yoghurt. Anda bisa membuat sendiri yoghurt dengan cara yang mudah tentunya.
0 Komentar untuk "SISTEM EKSRESI"
Back To Top -->