Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Enzim dan Fungsinya

Enzim dan Fungsinya

Enzim adalah beberapa jenis protein yang paling penting untuk mengkatalis berbagai reaksi yang terjadi di dalam tubuh. Pada akhir reaksi, enzim tetap tidak berubah, meskipun mungkin mengalami banyak perubahan selama reaksi. Fungsi mereka meliputi tidak hanya mengkatalisis reaksi, tetapi juga mengendalikan reaksi yang dapat terjadi pada waktu apa dalam tubuh. Fungsi dan struktur bergantung pada satu sama lain untuk melaksanakan reaksi. Ketika struktur adalah teliti berubah, itu dapat menyebabkan reaksi untuk mengaktifkan atau mematikan.

Fungsinya dapat dipengaruhi oleh molekul lain seperti - inhibitor yang mengurangi aktivitas dan aktivator yang meningkatkan aktivitas enzim. Fungsi juga dapat dipengaruhi oleh suhu, lingkungan kimia seperti pH dan konsentrasi substrat.


Fungsi dan Struktur Enzim


Enzim adalah protein globular yang terdiri dari 62 residu asam amino ke lebih dari 2.500 residu dari sintesis asam lemak hewan. Ribozymes atau RNA enzim RNA katalis biologis berbasis seperti ribosom. Mereka lebih besar dari substrat mereka bertindak atas. Selama reaksi, hanya 3 atau 4 asam amino dari seluruh struktur yang terlibat dalam katalisis. Daerah ini di mana residu katalitik mengikat substrat dan melaksanakan reaksi disebut situs aktif. Co-faktor ini juga dapat mengikat enzim untuk melakukan reaksi.

Ini terdiri dari panjang, rantai linear asam amino yang dilipat menjadi struktur tiga dimensi. Sebuah urutan asam amino tertentu menghasilkan struktur khusus dengan sifat yang berbeda. Pemanasan atau kimia denaturan dapat menyebabkan struktur untuk mengubah sifat dan menonaktifkan mereka. Denaturasi dapat reversibel atau ireversibel tergantung pada enzim.

Apa Fungsi Enzim?


Ada banyak fungsi yang dilakukan dalam organisme hidup. Ini diperlukan untuk transduksi sinyal dan regulasi sel. Mereka membantu dalam gerakan dengan myosin menghidrolisis ATP untuk generasi kontraksi otot dan bergerak di sekitar sel molekul. Enzim seperti amilase dan protease sangat penting untuk memecah molekul besar seperti pati dan protein menjadi molekul yang lebih kecil.

Banyak enzim bekerja sama untuk menciptakan jalur metabolisme. Satu menggunakan produk lain sebagai substrat. Kemudian pada akhir reaksi, produk yang dihasilkan digunakan oleh enzim lain untuk menimbulkan produk lain. Banyak jalur memiliki lebih dari satu enzim mengkatalisis reaksi yang sama yang mengarah ke regulasi yang sangat kompleks. Di sini, satu menghasilkan kurang produk dan lain-lain menyebabkan produksi produk yang tinggi.

Fungsi khusus membantu dalam mengkategorikan setiap enzim dalam kelompok yang berbeda. Mereka diklasifikasikan menjadi 6 kelompok yang meliputi:

Oxidoreductases
Transferases
Hidrolase
Lyases
Isomearases
Ligases

Sebuah enzim dapat pasangan dua reaksi yang berbeda. Beberapa reaksi eksotermis Pasangan dengan reaksi endotermik untuk membantu enzim menggunakan energi yang dilepaskan oleh reaksi eksotermis untuk mengaktifkan reaksi endoterm. Beberapa digunakan secara komersial untuk sintesis antibiotik. Juga, mereka ditambahkan ke mencuci bubuk, pembersih dan deterjen untuk pemecahan lemak noda pada pakaian. Beberapa ditambahkan ke pelunak daging untuk memecah protein dan membuat daging lebih lembut.

Bagaimana Enzim berungsi?


Enzim menurunkan energi aktivasi oleh sementara menggabungkan dengan bahan kimia yang terlibat dalam reaksi untuk melaksanakan fungsi mereka. Zat kimia ini merupakan substrat dan setiap substrat spesifik enzim. Situs aktivasi enzim akan cocok dengan hanya satu jenis substrat. Ini disebut kompleks substrat enzim. Setelah kompleks substrat enzim terbentuk, substrat diubah menjadi produk. Struktur tersebut tidak dikonsumsi atau diubah setelah reaksi selesai.

Enzim sangat penting bagi organisme hidup, karena mereka melaksanakan reaksi pada tingkat sel. Hal ini membantu dalam generasi energi yang molekul ATP dan banyak molekul lain yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup organisme.
Tag : enzim
0 Komentar untuk "Enzim dan Fungsinya"
Back To Top