Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Simbiosis di Gurun Pasir

Dalam bioma hutan hujan, semut tentara dan antbirds berbagi hubungan yang aneh. Semut tentara ini, yang menghuni lantai hutan, terkenal karena kemampuan mereka untuk mengambil apa pun yang datang dengan cara mereka. Para antbirds, di sisi lain, diketahui mengikuti koloni semut tentara. Setelah semut ini dilakukan dengan menjarah mereka, antbirds datang ke gambar dan memakan apa pun yang tersisa. Dengan cara ini, antbirds mendapatkan befitted dari koloni semut tentara, sementara semut tentara tetap tidak terpengaruh (hubungan antara dua organisme commensalism.) Sementara yang merupakan contoh dari hubungan simbiosis di bioma hutan hujan, tidak ada kelangkaan contoh seperti itu dalam bioma lain - termasuk padang pasir.

Dalam biologi, simbiosis atau hubungan simbiosis adalah proses interaksi antara dua organisme yang berbeda, dimana baik kedua organisme atau salah satu dari dua ujung sampai menguntungkan. Definisi 'simbiosis' menunjukkan bahwa itu adalah interaksi jangka panjang antara dua organisme yang hidup berdampingan satu sama lain. Interaksi biologis tersebut memiliki peran penting untuk bermain ketika datang untuk kelancaran fungsi dari setiap ekosistem tertentu.


Hubungan Simbiotik di Bioma Gurun Pasir


Sebelum kita mulai dengan contoh-contoh, Anda perlu memahami bahwa istilah 'padang gurun' mengacu pada lahan kering dengan sangat sedikit atau sama sekali tidak ada vegetasi dan curah hujan. Pergi dengan definisi ini, sekitar 20 persen dari total luas permukaan planet memenuhi syarat untuk bioma gurun. Meskipun bioma ini mungkin tidak kaya dalam hal keanekaragaman hayati sebagai bioma lain di dunia adalah, tetapi tidak membanggakan beberapa yang paling menakjubkan adaptasi hewan di planet ini. Adaptasi ini pada hewan gurun mencerminkan hubungan simbiosis contoh bioma ini juga. Diberikan di bawah ini adalah beberapa contoh yang akan memberi Anda gambaran kasar tentang bagaimana berbagai organisme di bioma gurun bergantung satu sama lain untuk bertahan hidup.

Mutualisme (Hidup berdampingan)

Ketika kedua organisme yang terlibat dalam interaksi mengatakan mendapatkan manfaat dari interaksi itu, disebut sebagai hubungan mutualisme. Ini dibagi lagi menjadi tiga jenis - trofik mutualisme (dimana kedua organisme mendapatkan manfaat berupa sumber daya), tebar mutualisme (dimana satu organisme mendapatkan keuntungan dari segi sumber daya, sementara lainnya mendapatkannya dalam bentuk pelayanan) dan mutualisme defensif (dimana keduanya organisme mendapatkan manfaat dalam bentuk pelayanan.)

Contoh: Pabrik mistletoe dan burung Phainopepla

Phainopepla memakan buah mistletoe dan menyebarkan benih tercerna buah ini di sekitarnya melalui kotorannya. Dengan cara ini tanaman mistletoe menyediakan makanan untuk Phainopepla, sementara Phainopepla membantu tanaman mistletoe tumbuh di sekitarnya. Contoh mutualisme lainnya di gurun termasuk lebah penyerbukan kaktus dan tergantung pada itu untuk makanan dan coyote makan buah dan menyebar benih melalui kotoran nya.

Komensialisme

Bila hanya salah satu dari dua organisme yang terlibat manfaat dari interaksi, sedangkan organisme lainnya tetap tidak terpengaruh itu disebut sebagai commensalism. Dalam contoh hubungan tersebut simbiosis organisme host tidak dirugikan juga tidak mendapat manfaat dari interaksi. Seperti dalam kasus mutualisme, bahkan commensalism dikelompokkan menjadi tiga jenis - phoresy (dimana satu organisme kegunaan lain untuk transportasi), inquilinism (dimana satu organisme menggunakan lain untuk perumahan) dan metabiosis (dimana satu organisme menciptakan lingkungan yang sesuai untuk lainnya.)

Contoh: kaktus wren dan cholla kaktus

Dalam hal ini, wren jenis kaktus membangun sarangnya di cholla kaktus. Sementara ini bermanfaat bagi burung karena membantu itu menjaga orang muda yang aman dari predator, spesies kaktus tetap tidak terpengaruh. Contoh commensalism lainnya di gurun termasuk pinggiran kadal berujung atau gopher ular menempati lubang yang dibuat oleh tikus gurun dan semak creosote tumbuh di bawah naungan daun holly semak.

Parasitisme

Ketika salah satu dari dua organisme yang terlibat dalam manfaat interaksi pada biaya lainnya, yaitu satu manfaat organisme sementara yang lain dirugikan, ini disebut sebagai parasit. Dalam hal ini organisme yang menguntungkan dari interaksi dikenal sebagai 'parasit', sedangkan satu yang harus menanggung beban interaksi ini dikenal sebagai 'tuan rumah'. Parasitisme dibagi lagi menjadi dua jenis - (. Dimana organisme inang yang dirugikan sampai batas di mana ia meninggal) parasitisme biotrophic (dimana organisme inang yang dirugikan tetapi tidak mati) dan parasitisme necrotrophic

Contoh: The berdoa mantis dan tawon

Dalam interaksi ini antara belalang sembah dan tawon di Mojave gurun Amerika Serikat, tawon bertelur dalam kasus telur telur diletakkan oleh belalang sembah '. Ketika tawon 'telur menetas, larvanya mulai makan berdoa mantis' telur dan membuat jalan keluar. Contoh parasitisme lainnya di padang pasir termasuk spesies mistletoe yang hidup pada tanaman inang seperti gurun kayu ulin dan kutu yang hidup pada tubuh coyote (dan hewan gurun lainnya.)

Meskipun bioma gurun tidak menonjol dalam hal keanekaragaman hayati, masih memiliki cukup atribut menarik beberapa yang tidak bisa diabaikan. Pada akhir hari, ini dan fakta-fakta lain seperti tentang bioma ini membuat salah satu bioma yang paling menarik dari planet ini.
Tag : simbiosis
0 Komentar untuk "Simbiosis di Gurun Pasir"
Back To Top -->