Klasifikasi Volvox

Volvox adalah menarik mikroorganisme spesies yang hidup di koloni untuk saling menguntungkan mereka. Volvox adalah semacam ganggang hijau yang memiliki sejumlah karakteristik penting yang membuat sebuah subjek yang sangat baik untuk mempelajari proses perkembangan dasar dari organisme. Ini adalah jenis yang paling maju dari chlorophytes yang hidup di koloni bola. Volvox umumnya ditemukan di badan air seperti kolam, selokan dan genangan air dangkal. Studi rinci tentang klasifikasi Volvox telah menyebabkan berbagai fakta menarik tentang jenis megah ganggang.

Kingdom: Plantae
Filum: Chlorophyta
Kelas: Chlorophyta
Ordo: Volvocales
Famili: Volvocaceae
Genus: Volvox


Fakta mengenai Volvox


Antonie van Leeuwenhoek, yang dianggap sebagai bapak mikrobiologi adalah orang pertama untuk melakukan klasifikasi Volvox rinci dan amati karakteristiknya. Kolam yang lebih dalam, parit, laguna dan badan air lainnya yang menerima berlimpah air hujan, dianggap sebagai habitat alami dari ganggang Volvox. Mereka mungkin ditemukan di dalam badan air bersih dan gizi. Selain yang disebutkan di atas, berikut adalah beberapa fakta Volvox lebih menarik bagi Anda.

Karakteristik Volvox 

Volvox ditemukan dalam koloni dan setiap koloni Volvox mengandung sekitar 500 sampai 50.000 sel. Koloni ini tertanam di permukaan bola berongga, yang dikenal sebagai 'coenobium'. Coenobium ini berisi matriks ekstraselular yang terbuat dari glikoprotein. Setiap koloni terdiri dari sejumlah sel flagellate yang mirip dengan Chlamydomonas, yang merupakan jenis lain dari ganggang. Setiap Volvox kecil berisi dua flagela - cambuk seperti rambut. Volvox terhubung satu sama lain dengan untaian tipis yang terbuat dari sitoplasma. Untaian ini memudahkan seluruh koloni untuk bergerak secara terorganisir. Setiap ganggang mendeteksi dan bergerak menuju cahaya dengan bantuan tempat mata kecil dan merah. Koloni Volvox menanggung depan dan ujung belakang dan bintik mata yang paling menonjol terlihat di daerah frontal. Sementara Volvox mudah terdeteksi oleh mata telanjang, musim panas dikatakan menjadi waktu terbaik untuk menemukan mereka sebagai air lebih jelas selama musim ini. Jika Anda menekan sampah kolam dalam botol kaca transparan dan mengamatinya, maka Anda akan menemukan itu bergerak ke atas atau menuju ke arah cahaya. Itu juga merupakan alasan mengapa mereka sebagian besar ditemukan di dekat permukaan dan tepi badan air.

Reproduksi pada Volvox

Reproduksi Volvox adalah fenomena luar biasa yang terjadi dalam perilaku seksual dan aseksual baik. Karena alasan yang sama, Volvox dianggap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia mikro. Pada dasarnya, koloni Volvox menanggung baik seksual (generatif) serta aseksual (somatik) sel. Sel-sel generatif bisa dibagi oleh proses mitosis untuk menghasilkan sel anak. Sel-sel anak disebut gonad yang memainkan peran penting dalam reproduksi aseksual Volvox. Proses pembentukan sel anak berlanjut sampai koloni putri invaginated kecil terbentuk. Flagela terbentuk di dalam ke luar dengan cara, yang juga berarti bahwa sel-sel harus mendapatkan terbalik ke dalam bola, jauh sebelum mereka bisa dilepaskan dari keluarga dengan orangtua. Koloni Putri dilepaskan hanya setelah kematian koloni induknya.

Reproduksi seksual dari Volvox juga disebut oogamous. Beberapa sel Volvox generatif menjalani proses pembelahan sel berulang untuk menghasilkan paket sperma. Ini paket sperma berenang bersama sebagai unit dan mencari ovum (sel telur matang). Ova hanya mendapatkan dikembangkan oleh sel-sel generatif yang belum mengalami tahapan mitosis. Setelah pembuahan, zigot membentuk berduri dinding sel merah yang merupakan tahap istirahat untuk zigot. Meiosis terjadi di dalam struktur ini beristirahat. Meiospores yang terbentuk dalam tahap istirahat meiosis, menghasilkan koloni Volvox baru. Bentuk Volvox sel-sel germinal laki-laki dan perempuan yang terpisah, antara yang sel-sel germinal perempuan mendapatkan membesar dan tidak terbagi. Namun, ada beberapa spesies Volvox beberapa yang dapat mengembangkan baik sperma dan ovum, tetapi pada waktu yang berbeda, sehingga diri pembuahan dapat dicegah.

Karena karakteristik Volvox yang berbeda, ia terutama digunakan sebagai subjek untuk studi yang lebih rinci tentang diferensiasi selular.

0 comments: