Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Inilah Hasil dari Fotosintesis

Fotosintesis adalah suatu proses di mana tanaman, alga, dan beberapa jenis bakteri, menghasilkan makanan mereka sendiri. Itu Namun, tidak berarti itu hanya berguna untuk tanaman, alga dan spesies bakteri yang secara langsung terlibat di dalamnya. Lebih dari yang membantu, itu merupakan kebutuhan bagi manusia dan spesies hewan lainnya yang tidak dapat membuat makanannya sendiri, melainkan bergantung pada produk-produk dari proses ini untuk memenuhi kebutuhan energi mereka dan untuk proses respirasi.

Proses Fotosintesis


Sedangkan definisi fotosintesis - yang menyatakan bahwa itu adalah proses di mana tanaman menyiapkan makanan mereka sendiri dengan menggunakan sinar matahari, karbon dioksida dan air, yang paling sering terbatas pada buku SD, definisi teknis suara dari negara-negara yang sama bahwa itu adalah 'proses dimana phototrophs menggunakan energi yang berasal dari matahari untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi bahan organik, yang akhirnya digunakan untuk fungsi-fungsi seluler seperti biosintesis dan respirasi '. Phototrophs sini adalah organisme - tumbuhan, alga dan bakteri, dengan kemampuan untuk melakukan fotosintesis untuk memperoleh energi.


Seperti yang Anda bisa melihat dalam definisi tersebut, karbon dioksida, air dan sinar matahari adalah tiga persyaratan utama dari proses ini. Karbon dioksida yang tersedia di atmosfer diserap oleh tanaman melalui daun yaitu spora epidermal kecil di daun mereka - yang dikenal sebagai stomata, tepatnya. Demikian pula, air yang diserap oleh akar mereka dari tanah, dan diangkut ke lokasi proses fotosintesis di daun, melalui batang. Sinar matahari - di sisi lain, terperangkap di daun oleh pigmen hijau hadir di dalamnya. Disebut sebagai klorofil, ini adalah pigmen yang sama yang memberikan daun warna hijau mereka karakteristik. Reaksi yang digambarkan sebagai berikut:

6 CO2 + 6 H2O + Energi cahaya → C6H12O6 + 6 O2 (yaitu Karbon dioksida + Air + Energi cahaya → Glukosa + Oksigen)

Dalam persamaan ini, karbon dioksida, air dan sinar matahari adalah reaktan yang hadir pada awal reaksi, sedangkan glukosa dan oksigen adalah produk dari proses ini.

Produk Proses Fotosintesis


Seperti yang Anda lihat dalam persamaan fotosintesis yang diberikan di atas, dua produk utama dari proses ini adalah glukosa dan oksigen. Air yang diserap oleh tanaman diubah menjadi hidrogen dan oksigen dengan menggunakan energi yang berasal dari matahari. Sementara oksigen dilepaskan di atmosfer melalui stomata sebagai bi-produk, hidrogen digunakan oleh tanaman untuk menyiapkan makanan mereka sendiri. Di sisi lain, glukosa diproduksi dan disimpan dalam struktur molekul kompleks dari sel tanaman. Tindakan yang sama sebagai sumber energi bagi organisme hidup, dan dipindahkan dari satu organisme ke organisme lain sebagai bagian dari rantai transfer energi makanan. Ketika hewan herbivora memakan tumbuhan, energi ditransfer dari tanaman untuk herbivora ini, dan ketika hewan karnivora memakan herbivora ini, sama ditransfer pada itu. Di sisi lain, omnivora memakan tumbuhan dan hewan, dan karenanya memperoleh energi dari kedua sumber tersebut.

Dari semua produk ini, hidrogen adalah yang paling bermanfaat bagi tanaman seperti yang digunakan oleh mereka untuk mempersiapkan makanan mereka sendiri. Demikian pula, oksigen - yang dirilis sebagai bi-produk dari proses ini, adalah yang paling bermanfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Sementara oksigen diperlukan untuk proses respirasi, glukosa memainkan peran penting dalam diet, dan yang menjelaskan mengapa fotosintesis penting bagi semua jenis makhluk hidup di planet ini - termasuk manusia.

PS: Meskipun tanaman memerlukan karbon dioksida untuk memfasilitasi fotosintesis, terlalu banyak polutan yang sama dan lainnya di atmosfer dapat memblokir stomata, dan mempengaruhi seluruh proses.
0 Komentar untuk "Inilah Hasil dari Fotosintesis"
Back To Top