Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Fakta unik Mengenai Kloroplas

Ada dua jenis sel dalam dunia kehidupan, sel-sel tumbuhan dan sel hewan. Sementara fungsi dasar dari kedua sel tumbuhan dan sel hewan yang mirip satu sama lain, fungsi satu yang eksklusif untuk sel tanaman fotosintesis: sintesis makanan menggunakan air dan karbon dioksida, dengan adanya sinar matahari. Kehadiran klorofil, pigmen fotosintesis, dalam sel tanaman memungkinkan fotosintesis berlangsung. Selama proses fotosintesis, klorofil menyerap sinar matahari untuk menghasilkan molekul energi. Molekul-molekul ini energi bertindak atas air diserap dari tanah dan karbon dioksida, untuk membentuk gula sederhana atau karbohidrat. Tapi bagaimana kloroplas terlihat seperti? Bagaimana itu dirancang untuk menjalankan fungsinya? Coba lihat fakta-fakta kloroplas terdaftar di bawah ini untuk mencari tahu.

Fakta Tentang Kloroplas


Berikut ini beberapa fakta-fakta dasar tentang struktur dan fungsi kloroplas:


Asal

Asal usul kloroplas paling dijelaskan dengan teori endosymbiotic. Menurut teori ini, kloroplas awalnya sel dan organel sel tidak hanya seperti sekarang. Mereka mirip sel bakteri seperti yang cyanobacteria, lengkap dengan materi genetik (DNA) dan membentuk hubungan simbiosis dengan sel tumbuhan. Namun, dengan waktu, sel-sel bakteri fotosintetik mendapat ditelan oleh sel-sel tanaman inang dan membentuk kloroplas hari ini.

Struktur

Kloroplas terdiri dari grana (granum tunggal) dan stroma. Stroma mengacu pada cairan seluler yang hadir dalam kloroplas. Grana ini terdiri dari tumpukan membran interkoneksi dikenal sebagai tilakoid. Kloroplas memiliki struktur membran ganda di mana membran luar adalah permeabel bebas dan membran batin diferensial permeabel.

Fungsi

Sementara tilakoid dalam grana adalah situs untuk reaksi terang fotosintesis, stroma adalah di mana reaksi gelap terjadi. Reaksi cahaya adalah serangkaian reaksi yang memerlukan cahaya dan menghasilkan pembentukan molekul energi nikotinamida adenin dinukleotida fosfat (NADPH) dan adenosin trifosfat (ATP). Reaksi Siklus Calvin atau reaksi gelap disebut demikian karena mereka tidak perlu cahaya dan reaksi ini mengarah pada pembentukan gula sederhana dari karbon dioksida (CO2) dan air (H2O).

Fakta Lain Tentang Kloroplas:

  • Penasaran ingin tahu lebih banyak? Silahkan lihat pada beberapa fakta lain tentang kloroplas.
  • Kloroplas adalah organel sel di mana fotosintesis berlangsung. Ini hadir dalam daun tanaman dan juga ditemukan pada bagian hijau lain dari tanaman, seperti batang dan buah-buahan. Kloroplas adalah pusat sintesis makanan pada tanaman.
  • Kloroplas ditemukan di semua tanaman hijau dan ganggang tetapi tidak ditemukan pada sel hewan.
  • Kloroplas, bersama dengan oval lain dan berbentuk cakram organel sel tumbuhan, yang disebut sebagai plastida.
  • Kloroplas mengandung klorofil yang penting untuk fotosintesis. Karena keberadaan klorofil, kloroplas berwarna hijau.
  • Kloroplas sel-sel berbentuk cakram dengan diameter sekitar 10 mikrometer dan ketebalan 1 mikrometer. Bentuk ini membuat mereka lebih efisien dalam menyerap cahaya dari berbagai panjang gelombang.
  • Tumpukan tilakoid saling berhubungan dengan struktur tubular halus yang disebut lamellae.
  • Sedangkan pigmen yang terkait dengan proses fotosintesis, seperti klorofil, yang hadir pada tilakoid, stroma kaya protein dan enzim.
  • Stroma adalah di mana energi yang dilepaskan selama reaksi cahaya akan disimpan dalam bentuk karbohidrat.
  • DNA kloroplas terletak di stroma.
  • P680 dan P700 adalah dua protein yang mengikat klorofil hadir dalam tilakoid dari kloroplas.
  • Seiring dengan klorofil, pigmen beberapa lain seperti xanthophylls dan karotenoid juga hadir dalam kloroplas.
  • Selain sintesis makanan, kloroplas juga tempat produksi lemak dan minyak tanaman.
  • Ada sekitar 50-60 kloroplas dalam sel fotosintesis tunggal.
  • Kloroplas sering diistilahkan sebagai 'pabrik energi' tanaman.


Dengan demikian, kita melihat bahwa kloroplas adalah salah satu organel yang paling utama dari sel tanaman. Tanpa kloroplas, sel tanaman akan tidak lagi mampu melaksanakan proses fotosintesis.
0 Komentar untuk "Fakta unik Mengenai Kloroplas"
Back To Top -->