Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Filum Moluska dan Keanehannya

Filum laut terbesar, memiliki sekitar 93.000 spesies, moluska memiliki berbagai besar dalam hal anatomi mereka, habitat dan perilaku. Sebagian besar moluska dikelompokkan dalam kelas 'gastropoda'. The gastropoda utama adalah siput dan siput. Kata moluska berasal dari bahasa Prancis, 'mollusque'. Kata Perancis juga berasal dari molluscus kata Latin yang berarti 'lembut'. Yang penting filum moluska habitat adalah lautan dan air tawar. Ini adalah makhluk penting dari bioma laut. Beberapa makhluk ini namun terestrial di alam. Mari kita lihat di berbagai karakteristik moluska filum dalam artikel berikut.

Perbedaan Sifat Filum Mollusca


Siput, kerang dan cumi-cumi adalah contoh penting moluska filum. Fakta moluska filum yang berkaitan dengan anatomi, fisiologi dan fitur lain yang terdaftar dalam paragraf di bawah ini.

Karakteristik anatomi Moluska

Anatomi / struktur moluska yang kompleks di alam. Salah satu fitur khusus struktur tubuh mereka adalah adanya sebuah coelom. Coelom adalah hadiah rongga dalam tubuh moluska dan yang berisi organ diskors dari polip. Mari kita cari tahu informasi lebih lanjut tentang karakteristik anatomi moluska.
Permukaan atas moluska ditutupi oleh cangkang terbentuk dari sekresi mantel. Sebuah kaki berotot hadir di bawah tubuh.
Mantel rongga adalah bagian tubuh dari moluska dibentuk oleh lipatan diproduksi di mantel. Posisi mantel bervariasi dari satu spesies ke spesies lainnya.
Organ hadir dalam rongga mantel meliputi organ reproduksi (gonad), insang, ginjal (nephridia) dan anus. Anus terbentuk dari sensor kimia yang disebut osphradia.
Cangkang moluska terbentuk dari kalsium karbonat (95%) dan komponen organik (1%). Biomineralisasi adalah fitur khusus kerang moluska yang memberi mereka kekuatan yang diperlukan.
Kaki para moluska melaksanakan fungsi yang berbeda di kelas yang berbeda. Sebuah organ keseimbangan disebut statocyst yang tergabung dalam struktur kaki moluska.
Dalam keong, kaki dimodifikasi menjadi pengisap yang membantu dalam hewan anchoring untuk permukaan keras.
Kaki di gastropoda mengeluarkan lendir untuk memudahkan gerakan.
Karakteristik Fisiologis Moluska
Fakta-fakta yang disajikan di bawah mengungkapkan informasi menarik tentang karakteristik filum moluska yang fisiologis di alam.

Daya penggerak

Ada perbedaan besar di antara moluska dalam hal organ locomotory. Sebagian besar moluska berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cara kontraksi otot. Spesies herbivora meluncur di atas gelombang air. Sirip lateral yang bergelombang cumi-cumi memungkinkan untuk bergerak dengan melakukan manuver. Sebuah teknik jet digunakan oleh cumi untuk berenang cepat di air.

Pencernaan dan ekskresi

Perut moluska yang rumit dalam struktur. Mulut dan anus membentuk bagian pencernaan dan ekskretoris sistem, bagian ini saling terhubung satu sama lain oleh lambung kompleks. Seluruh saluran pencernaan dilapisi oleh silia. Penyerapan makanan dari saluran pencernaan dilakukan oleh sel selaras dengan kelenjar pencernaan dalam perut, nutrisi diserap dari makanan ini, kemudian masukkan darah. Limbah atau bahan yang utuh dibuang melalui anus. Bahan limbah sebelum ekskresi dikompresi dan dikemas dalam bentuk padat; sebelum mencapai anus bahan-bahan tercerna disimpan dalam rongga mantel.

Reproduksi pada Filum Mollusca 

Reproduksi moluska terjadi melalui fertilisasi eksternal, di mana telur yang dihasilkan. Ada banyak variasi dalam jenis larva yang muncul dari telur. Larva bisa trochopore tersebut, veliger atau dalam beberapa kasus bahkan miniatur orang dewasa yang diproduksi secara langsung.

Sistem Saraf dan Sensory Moluska

Moluska memiliki sistem saraf yang sangat maju yang bervariasi dari spesies ke spesies. Gurita memiliki seperti otak yang kompleks dan cerdas bahwa kemampuan mental cocok dengan kucing domestik. Dengan demikian, dipandang sebagai invertebrata yang paling cerdas. Cumi adalah mampu menemukan makhluk transparan melalui visi terpolarisasi. The cumi-cumi raksasa dikenal memiliki mata terbesar di seluruh kerajaan hewan.

Ada banyak yang bisa dikatakan tentang makhluk laut, moluska. Variasi dalam bentuk, fitur tubuh, dll telah dipelajari untuk mengungkapkan informasi menarik tentang moluska. Filum karakteristik moluska yang disajikan di atas dengan demikian, memberikan informasi singkat tentang makhluk ini.
Tag : zoologi
0 Komentar untuk "Filum Moluska dan Keanehannya"
Back To Top -->