Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Fakta menngenai organisme laut

Biologi kelautan adalah studi tentang berbagai organisme yang hidup di lautan. Mari kita menyelam jauh ke dalam dunia lautan ini, dan melihat beberapa fakta menarik tentang organisme yang ada didalam laut.

Meskipun lautan menutupi 71% dari permukaan planet kita, masih banyak yang harus dieksplorasi dan ditemukan di dunia laut. Bahkan, kurang dari 10% dari dunia laut telah dieksplorasi sampai saat ini.

Biologi kelautan mempelajari sejumlah besar spesies, dari zooplankton mikroskopis dan fitoplankton, bagi organisme besar seperti paus dan hiu. Studi Biologi laut mempelajari semua yang hidup, bertahan, dan ada, di bawah permukaan laut, termasuk ikan, hewan laut, tumbuhan, organisme mikroskopis, dll Untuk batas tertentu, itu juga mencakup studi antar-hubungan antara kehidupan laut, ekologi laut, dan lingkungan.


Lingkungan Laut

  • Lautan mengandung lebih dari 97% dari total air di bumi, dan account untuk hampir 99% dari ruang hidup bumi, karena daerah mereka serta mendalam.
  • Kehidupan berasal dari lautan sekitar 3100000000-3400000000 tahun yang lalu. Dibandingkan dengan bentuk-bentuk kehidupan air, organisme terestrial cukup baru, muncul hanya sekitar 400 juta tahun yang lalu.
  • Kedalaman rata-rata semua lautan sekitar 3.795 meter. Titik terendah di bumi adalah 'Challenger Jauh', dan terletak pada kedalaman 10.898 sampai 10.916 meter di Palung Mariana, di bagian barat Samudera Pasifik.
  • Tepi Laut Mati adalah titik terendah di bumi tanah, yang terletak di 420 meter di bawah permukaan laut. Samudra Pasifik adalah yang terbesar serta laut terdalam di planet ini.
  • Berlawanan dengan kepercayaan populer bahwa tanah di mana semua aktivitas vulkanik berlangsung, sebagian besar kegiatan vulkanik, sebesar lebih dari 80%, berlangsung di lautan.


Habitat laut termasuk pesisir, daerah dekat pantai yang disebut rak kontinental, lautan terbuka, dan laut dalam. Kehidupan di laut ada di sekitar daerah pesisir. Salinitas air laut berkisar dari hampir-segar untuk sepenuhnya garam.

Statistik terbaru mengungkapkan bahwa sekitar 230.000 spesies laut yang unik telah ditemukan dan diklasifikasikan oleh para ilmuwan. Namun, dengan para ilmuwan percaya bahwa ada banyak banyak spesies laut yang belum ditemukan atau ditemukan, jumlah tersebut cenderung meningkat oleh beberapa proporsi.

Kehidupan laut yang sangat bermanfaat bagi umat manusia, menyediakan makanan, obat-obatan, transportasi, pariwisata, serta manfaat rekreasi. Di Amerika Serikat, lebih dari 180 juta orang mengunjungi lautan secara tahunan. Tetapi dengan lebih dari 50% dari populasi manusia yang hidup dalam 50 mil dari pantai, maka lautan menghadapi ancaman besar dalam hal menghabiskan sumber daya dan bahaya terkait polusi.

Komposisi kimia karang telah ditemukan untuk menjadi sangat dekat dengan yang dari tulang manusia. Karena alasan ini, karang sering digunakan dalam transplantasi tulang pada manusia.

Lautan menyerap lebih dari 50% dari emisi karbon yang dihasilkan dari aktivitas manusia. Hal ini telah menghasilkan peningkatan 30% pada keasaman air laut, merupakan ancaman besar bagi kelangsungan hidup lifeforms laut.

Kehidupan di Dunia Laut

Seahorses, pada kenyataannya, jenis ikan, dan berutang nama mereka untuk penampilan seperti kuda mereka. Kuda laut adalah perenang yang sangat lambat, dan mereka perlu makan terus-menerus karena adanya perut. Mereka adalah satu-satunya spesies yang hidup dimana laki-laki melahirkan bayi kuda laut.

Kepiting, juga disebut decapods, dilindungi oleh cangkang tebal yang terbuat dari kalsium karbonat, dan memiliki sepasang cakar untuk menangkap mangsanya. Mereka berjalan miring dan berburu dengan bersembunyi di lubang gelap. Suatu jenis kepiting, kepiting Horseshoe, sangat berharga bagi manusia, memberikan obat untuk racun yang menyebabkan guncangan septik. Kepiting ini tidak mengalami perubahan evolusioner dalam 135 juta tahun terakhir. Mereka sering disebut 'hidup fosil', sebagai fosil nenek moyang mereka tanggal kembali ke 200 juta tahun, yang bahkan sebelum masa dinosaurus.

Paus Biru adalah hewan terbesar yang dikenal di bumi, mencapai ukuran lebih dari 100 meter panjangnya, dan berat lebih dari 150 ton. Jantung Paus Biru adalah sebagai besar sebagai mobil berukuran kecil, dan salah satu pembuluh darah yang cukup besar untuk memungkinkan seorang pria untuk merangkak melalui itu!

Spons laut sebenarnya hewan, daripada karang atau tanaman, seperti umumnya dianggap. Mereka adalah salah satu organisme tertua di Bumi, dan dapat mencapai umur lebih dari 200 tahun. Spons laut membiarkan lewat air melalui mereka, dan menyerap oksigen dan bahan makanan dari air yang lewat. Mereka yang populer disebut sebagai 'pembersih vakum' laut.

Karang terdiri dari sekelompok banyak organisme kecil yang disebut polip, yang memiliki kerangka keras yang terbuat dari batu kapur, yang memberikan struktur terumbu karang mereka yang beragam dan berwarna-warni. Terumbu karang adalah salah satu habitat laut tertua, dan bertindak sebagai ekosistem untuk lebih dari 25% dari organisme laut. Namun, mereka menghadapi bahaya besar karena meningkatnya pemanasan global dan polusi.

Starfish atau laut bintang yang disebut karena kemiripan yang jelas mereka untuk bintang, dan mereka tidak ikan, tapi echinodermata. Ada lebih dari 1.800 spesies yang berbeda dari laut. Mereka biasanya memiliki 5 lengan, tetapi beberapa spesies seperti bintang Sun, juga dapat memiliki sebanyak 40 lengan. Mereka memiliki kapasitas yang besar untuk regenerasi, dan dapat tumbuh seluruh tubuh mereka dari hanya satu tangan. Mereka tidak memiliki darah dalam tubuh mereka, dan mencerna makanan mereka di luar tubuh mereka.

Hiu tidak memiliki tulang di tubuh mereka. Kerangka mereka terdiri dari tulang rawan yang sulit. Hiu adalah predator yang sangat sukses dengan rasa penciuman. Hiu paus dapat tumbuh hingga 40 kaki, dan merupakan ikan yang masih terbesar di dunia. Ada lebih dari 350 spesies hiu yang diketahui, dari yang hanya 36 dianggap berpotensi berbahaya untuk manusia. Namun, kemungkinan serangan hiu terhadap manusia sangat jarang.

Gurita berutang nama menjadi empat pasang tangan. Mereka adalah makhluk berbisa yang menyuntikkan racun mereka menggunakan hard mirip burung paruh. Sebagian besar spesies gurita mengeluarkan jejak tinta gelap untuk membingungkan dan menakut-nakuti predator jauh. Mereka sangat pandai menyamar dan menyatu dengan lingkungan. Mereka bergerak dengan bantuan pengisap yang terletak di ujung lengan mereka yang membantu mereka untuk tetap objek apapun. Mereka tidak memiliki sistem rangka, dan mampu menekan diri ke tempat-tempat yang sangat sempit.

Lumba-lumba adalah mamalia yang sangat cerdas, dan merupakan bagian dari spesies ikan paus. Karena kelincahan dan kemampuan untuk belajar, mereka telah membentuk ikatan khusus dengan manusia. Lumba-lumba terkenal karena lompatan mereka keluar dari air saat berenang. The Dolphin botol adalah yang paling umum dan populer dari semua 36 spesies lumba-lumba dikenal. Mereka berkomunikasi satu sama lain menggunakan suara seperti klik dan peluit.

Ubur-ubur adalah spesies primitif terdiri dari agar-agar atau substansi seperti jelly, tanpa tulang atau tengkorak. Mereka tidak memiliki otak atau sistem saraf. Ubur-ubur makan serta melempar keluar bahan limbah melalui mulutnya. Hal ini menyengat sel-sel yang melekat pada ujung tentakel, yang dikenal sebagai nematocysts, yang digunakan untuk menyuntikkan racun dan melumpuhkan mangsanya.

Believe It or Not!

  • Dari miliaran telur ikan yang diletakkan di lautan, rata-rata satu dalam satu juta telur membuatnya hingga jatuh tempo!
  • Sailfish dianggap ikan tercepat di dunia, mencapai kecepatan hingga 68 mil per jam dalam jarak pendek. Ikan lain yang disebut Striped Marlin dianggap sebagai tercepat kedua, dengan kecepatan sekitar 50 mil per jam.
  • Yang terkenal dan umum Goldfish adalah satu-satunya makhluk hidup yang memiliki kemampuan untuk melihat kedua ultraviolet dan cahaya inframerah.
  • Lidah Paus Biru adalah cukup besar untuk menampung sekitar 50 orang berdiri di atasnya.
  • Belut listrik adalah satu-satunya spesies dengan kemampuan untuk menghasilkan muatan listrik. Mereka dapat menghasilkan kejutan listrik hingga 600 volt, untuk mempertahankan diri dari predator atau setrum mangsanya.



Hiu memiliki kemampuan untuk tumbuh kembali semua gigi mereka sepanjang rentang hidup mereka. Sebuah Shark Tiger bisa, pada rata-rata, memproduksi sekitar 24.000 gigi di masa pakai baterai.

Dolphins berkomunikasi satu sama lain dengan membuat suara dan meminta bantuan ketika dalam kesulitan. Lumba-lumba lainnya bergegas untuk membantu dan mendorong lumba-lumba menuju permukaan, sehingga bisa bernapas.

Kura-kura hijau dapat bermigrasi ke sejauh 1.400 mil untuk tujuan bersarang. Mereka dapat bertahan hidup tanpa bernapas selama lima jam, dan detak jantung mereka dapat sebagai lambat sebagai salah satu detak jantung per menit sembilan.

Sebuah spesies ubur-ubur dikenal sebagai Jellyfish Box, memiliki salah satu racun yang paling beracun di sekitar, yang menyerang sistem saraf dan jantung. Hal ini dikenal memiliki luka yang disebabkan dan bahkan kematian bagi manusia.

Banyak ikan seperti Wrasse Blue-bergaris dan Clownfish, dapat mengubah seks mereka selama hidup mereka.
Tag : zoologi
0 Komentar untuk "Fakta menngenai organisme laut"
Back To Top -->