Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Tekanan Darah Normal pada Pria


Tingkatan tekanan darah merupakan komponen  paling penting yang diperiksa untuk menentukan kondisi fisik seseorang. Ada dapat berbagai nilai tekanan darah normal untuk pria tergantung pada usia dan status kesehatan.
tekanan darah


Tekanan darah merupakan indikator jitu kesehatan fisik dan mental seseorang dan secara luas digunakan dalam diagnosis sejumlah masalah kesehatan. Hal ini digunakan untuk secara akurat menunjukkan kondisi jantung seseorang dan bagaimana tubuhnya menanggapi berbagai faktor termasuk stres, perubahan tubuh alami, nutrisi dan obat-obatan. The 'tekanan darah' yang diukur, tidak lain adalah tekanan pada dinding pembuluh darah dengan darah yang beredar di seluruh tubuh setelah dipompa oleh jantung. Nilai tekanan darah maksimal ketika darah dipompa keluar dari jantung ke seluruh tubuh, ini disebut tekanan darah sistolik. Tekanan darah kemudian menurun karena masuk ke kapiler dan kemudian ke jaringan tubuh. Ini nilai minimum adalah tekanan darah diastolik. Tekanan darah minimal ketika jantung beristirahat di antara ketukan. Dengan demikian, tekanan darah terdiri dari dua nilai utama, sistolik dan diastolik.


Tekanan darah sebelumnya diukur dengan menggunakan sphygmomanometers berbasis merkuri, tetapi sphygmomanometers modern tidak mengandung merkuri. Tensimeter digital juga banyak tersedia saat ini. Namun unit, milimeter merkuri, terus digunakan untuk menunjukkan nilai tekanan darah.

Tekanan Darah Rentang untuk Kelompok Umur Berbeda


Kisaran tekanan darah bisa bervariasi sesuai dengan usia seseorang dan kondisi fisiknya. Sebuah riwayat keluarga tekanan darah tinggi atau obesitas juga dapat meningkatkan risiko mengembangkan lebih tinggi dari tekanan darah normal untuk pria. Tekanan darah normal untuk manusia dewasa rata-rata adalah 115/75, sedangkan pada anak-anak itu lebih rendah sekitar 5-10 mm merkuri tergantung pada usia anak. Ia percaya bahwa tekanan darah sistolik normal Anda adalah 100 ditambah dengan usia Anda. Aturan ini tidak berlaku untuk orang-orang di atas 40 sekalipun. Pembacaan untuk pria dapat berkisar dari 120/80 dalam sehat dan bugar 20 tahun, menjadi sekitar 140/90 pada seorang pria 60 tahun.

Yang ideal nilai tekanan darah 120/80, tetapi bervariasi sepanjang hari dan dapat meningkat atau menurun tergantung pada makanan yang Anda makan dan jumlah aktivitas fisik. Tekanan darah meningkat pada saat stres atau setelah makan makanan, terutama makanan asin dan menurun setelah rutin latihan berat. Tanda-tanda tekanan darah tinggi dapat mencakup hipertensi, gangguan jantung, penyakit ginjal dan obesitas. Tekanan darah rendah bisa menyebabkan kelemahan, kelelahan, pusing.

Cara Mengukur Tekanan Darah


Ada sejumlah metode untuk mengukur tekanan darah yang meliputi metode non invasif serta invasif. Sederhana dan mudah digunakan di rumah monitor tekanan darah yang tersedia saat ini. Yang paling mudah dan paling umum metode yang digunakan oleh dokter di mana-mana adalah metode auskultasi, menggunakan stetoskop dan sphygmomanometer.

Cara yang benar untuk pergi tentang mengukur tekanan darah Anda akan, menempatkan manset karet di sekitar lengan atas sekitar ketinggian yang sama sebagai jantung. Hal ini kemudian akan meningkat sampai ketat pada lengan. Udara kemudian dilepaskan dan stetoskop digunakan untuk mendeteksi suara bergegas. Itu akan menjadi suara dari darah meninggalkan jantung terburu-buru. Tekanan membaca di sphygmomanometer selama gerakan ini tercurah menunjukkan tekanan sistolik. Setelah semua udara dikeluarkan, suara secara bertahap memudar. Pembacaan pada saat ini adalah tekanan diastolik. Untuk mendapatkan pembacaan yang akurat faktor-faktor berikut harus diingat:

Tangan yang membaca yang diambil harus disimpan pada tingkat yang sama sebagai jantung. Ini harus beristirahat pada permukaan padat sehingga bisa santai bila diperlukan.
Pembacaan harus dilakukan pada lengan telanjang, seperti kain di antara dapat memberikan pembacaan yang tidak akurat.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keakuratan membaca termasuk merokok, minum kopi atau sesi latihan melebihi 30 menit sebelum mengambil bacaan. Dorongan untuk buang air kecil juga bisa mempengaruhi pembacaan.

Waktu untuk Mengukur Tekanan Darah

Waktu terbaik untuk mengukur tekanan darah baik segera setelah Anda bangun, sebelum makan pagi, setelah Anda menyelesaikan pekerjaan Anda atau menjelang akhir hari.

Pria, seperti disebutkan di atas, memiliki risiko lebih besar terkena tekanan darah tinggi. Beberapa cara untuk menjaga tekanan darah normal untuk pria adalah olahraga teratur, diet yang sehat di mana garam dan lemak dihindari, berpantang dari merokok dan istirahat yang cukup. Pemeriksaan kesehatan rutin dan pemantauan tekanan darah dapat membantu menjamin kehidupan yang panjang dan sehat.

Tag : darah
0 Komentar untuk "Tekanan Darah Normal pada Pria"
Back To Top -->