Tipe Darah Langka


Tidak ditemukannya antigen pada sel darah merah menimbulkan jenis darah yang langka seperti AB-, Oh, U-dan En (a-), sedangkan kehadiran antigen tertentu hasil yang sangat langka di jenis darah seperti A3 dan A3b. Artikel berikut membahas tentangi jenis darah secara umum.

darah langka


Tahukah anda ndividu dengan jenis darah langka U-, En (a-) dan MkMk diketahui memiliki kekebalan alami terhadap malaria?

Transfusi Darah

Transfusi darah pertama pada manusia dilakukan pada tahun 1600-an, dengan darah binatang, dan hasilnya adalah bencana. Pada tahun 1800, James Blundell mengusulkan konsep menggunakan darah manusia untuk transfusi. Namun, itu hanya di awal 1900-an, bahwa antigen A dan B hadir pada permukaan sel darah merah (sel darah merah) yang diidentifikasi oleh Karl Landsteiner. Hal ini melahirkan sistem ABO untuk mengidentifikasi jenis darah, dan memulai serangkaian studi mengenai antigen lain yang hadir pada sel darah merah. Pada hari ini, lebih dari 30 sistem mengetik darah telah diidentifikasi termasuk ABO, Rhesus, MNS, Kell, Lewis, dll

Jenis Darah

Sebelum melihat beberapa jenis darah yang langka, mari kita memahami dasar-dasar tentang golongan darah. Permukaan RBC ditutupi dengan dpt dihitung jenis makromolekul (protein, karbohidrat, glikoprotein atau glikolipid). Ini disebut sebagai antigen, dan ada atau tidak adanya antigen ini menentukan golongan darah dari seorang individu.

Setiap sistem golongan darah didasarkan pada set spesifik antigen tersebut. Sebagai contoh, sistem ABO didasarkan pada kehadiran O, A dan / atau antigen B, Rhesus sistem didasarkan pada rhesus antigen, sistem MNS didasarkan pada 40 antigen yang berbeda yang yang utama adalah M, N, S, s dan U. set tepat antigen bagi seorang individu adalah hasil dari kombinasi gen yang diwariskan dari orang tua.

Jenis Darah Langka

Golongan darah menjadi sifat diwariskan, kelangkaan atau keawaman dari antigen tertentu bervariasi untuk berbagai ras dan latar belakang etnis. Golongan darah tertentu lebih umum pada populasi Afrika tetapi mungkin menjadi langka di antara orang Amerika. Namun, ada juga beberapa jenis darah sangat jarang timbul karena mutasi genetik, dengan kasus tunggal atau individu milik keluarga tertentu. Golongan darah yang langka di bawah sistem golongan darah umum telah tercantum di bawah ini.

Sistem ABO dan Rh

Sistem ini mengetik darah tergantung pada satu set antigen karbohidrat yang disebut A, B dan O antigen serta antigen faktor rhesus atau D. The antigen O terdiri dari satu set yang berbeda dari unit monosakarida, dan membentuk substruktur umum. A dan B antigen memiliki dua unit monosakarida yang berbeda melekat umum ini O oligosakarida. Hal ini menimbulkan O, A, B dan kelompok AB, yang selanjutnya diklasifikasikan menjadi dua jenis masing-masing, tergantung pada adanya faktor Rh. Dari jumlah tersebut AB-fenotip telah diamati untuk hadir dengan frekuensi terendah.

Frekuensi dari golongan darah seperti yang diamati dalam populasi Amerika telah diberikan di bawah ini.

Tipe darah dan Frekuensi (%):


O + 37.4
A + 35,7
B + 8.5
O - 6,6
A - 6.3
AB + 3.4
B - 1.5
AB - 0,6

Sumber: Stanford School of Medicine, Amerika Serikat.


Subkelompok A2 dan A3

Kelompok A antigen selanjutnya meliputi A1, A2 dan A3 jenis antigen, dimana A1 adalah yang paling dominan di antara individu dengan A dan AB golongan darah. A2 relatif langka, sedangkan A3 adalah subkelompok paling langka A antigen, dan diamati dalam waktu kurang dari 0,1% dari individu dengan antigen A.

Darah

Terjadinya subkelompok A2 jarang pada populasi Asia dan golongan darah maka A2 dan A2B adalah jenis darah langka di antara orang Asia. Populasi Afrika dan Kaukasia juga menunjukkan frekuensi yang lebih rendah dari A2B golongan darah.

A3 dan golongan darah A3b bahkan langka dan memiliki frekuensi kolektif 0,027% pada populasi Kaukasia, 0,096% di antara Afrika dan sekitar 0,0012% pada populasi India.

Kelompok Darah Bombay 

Pertama kali ditemukan di Bombay (sekarang Mumbai), golongan darah ini juga dikenal sebagai jam / jam atau kelompok darah Oh. Ini jenis darah langka adalah hasil dari mutasi genetik yang mengarah ke kekurangan H antigen, yang berfungsi sebagai prekursor untuk O antigen. Oleh karena itu, golongan darah ini ditandai dengan tidak adanya O, A dan B antigen, dan diamati dalam:

➞ 1 per 250.000 orang di seluruh dunia
➞ 1 di 7000-8000 East India
➞ 1 per juta di Eropa

Selain itu, orang dengan ekspresi yang lemah dari antigen H juga telah diamati. Golongan darah ini disebut 'para-Bombay golongan darah'

Sistem MNS

Sistem ini mengklasifikasikan darah atas dasar M, N, S, s, U dan Ena antigen yang hadir pada permukaan RBC, dan melekat pada molekul khusus yang disebut glycophorin A dan B. Kombinasi antigen tersebut menimbulkan beberapa jenis darah .

Molekul glycophorin berfungsi sebagai reseptor melalui mana parasit malaria menyerang dan memasuki sel darah merah. Dalam kasus yang jarang terjadi, kurangnya lengkap dari molekul glycophorin (salah satu atau keduanya) terjadi pada beberapa individu sehingga menimbulkan tiga jenis darah yang langka. Sel darah merah hadir pada individu tersebut secara alami tahan terhadap perusakan oleh parasit malaria. Jenis darah yang langka ini adalah:

➞ En (a-) golongan darah: Ditandai dengan adanya glycophorin A, dan karenanya M, N dan Ena antigen. Ini telah diamati pada beberapa individu di Inggris, Finlandia dan Kanada.

➞ tipe U-darah: Ditandai dengan adanya glycophorin B, dan karenanya S, s dan U antigen. Hal ini ditemukan di antara sekelompok orang berkulit gelap keturunan Afrika.

➞ MkMk golongan darah: Lacks baik glycophorin A dan B, dan merupakan jenis paling langka golongan darah dalam kategori ini. Telah dilaporkan dalam beberapa keluarga di Jepang.


Jenis Darah langka

Dalam kasus-kasus tertentu, beberapa antigen sangat langka telah diamati yang hadir hanya dalam individu atau keluarga tunggal. Antigen ini belum disebutkan sebelumnya, dan karenanya tidak hadir dalam sistem mengetik darah. Antigen tersebut disebut sebagai antigen pribadi, dan kebanyakan dinamakan sesuai dengan keluarga asal.

Golongan darah yang langka adalah kekhawatiran ketika transfusi darah harus dilakukan secara teratur, misalnya pada penderita talasemia, leukemia dan penyakit darah-terkait lainnya, serta keadaan darurat tertentu seperti kecelakaan, komplikasi bedah, dll Orang dengan langka seperti golongan darah didorong untuk memanjakan diri dalam kegiatan donor darah rutin sehingga untuk memastikan bantuan tepat waktu untuk individu yang membutuhkan. Setelah semua,

0 comments: