Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Mikroskop Elektron


Mikroskop elektron adalah instrumen, yang menggunakan elektron untuk menghasilkan gambar dari spesimen yang diperiksa. Baca lebih lanjut di sini.


mikroskop elektron

Prototipe dari mikroskop elektron pertama ditemukan oleh Max Knoll dan Ernst Ruska, yang insinyur Jerman, pada tahun 1931. Itu adalah penemuan dan ide-ide dari Louis de Broglie, seorang ahli fisika Perancis, bahwa itu didasarkan pada.

Mikroskop elektron adalah jenis perangkat dimana elektron yang digunakan untuk menghasilkan gambar spesimen. Kekuatan menyelesaikan atau perbesaran jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mikroskop cahaya biasa. Meskipun mikroskop elektronik yang sedang digunakan saat ini memiliki kemampuan pembesar obyek sampai dua juta kali, namun mereka masih didasarkan pada prototipe yang pertama kali dibuat oleh Ruska dan korelasi yang dibuat antara resolusi dan panjang gelombang.


Mikroskop elektron adalah salah satu komponen yang paling penting dari laboratorium modern. Hal ini digunakan oleh para peneliti untuk meneliti sel dan mikroorganisme, sampel biopsi medis, berbagai molekul besar, struktur kristal dan logam, dan fitur yang melekat pada berbagai permukaan.

Hal ini banyak digunakan untuk berbagai aplikasi dalam industri seperti analisis kegagalan, jaminan kualitas, dan inspeksi, terutama dalam pembuatan perangkat semikonduktor.

Jenis Mikroskop Elektron

Transmisi Elektron Mikroskop

Transmisi Elektron Mikroskop, atau TEM: Dalam instrumen ini seberkas elektron yang digunakan untuk membentuk citra spesimen, dengan tidak ada cahaya yang terlibat. Gambar spesimen dapat dipelajari pada layar yang dilapisi fosfor, dan mikrograf elektron, atau gambar, yang dibuat pada film atau pelat fotografi. Sebuah ujung logam yang sangat tajam, kristal tunggal lantanum Hexaboride, atau filamen tungsten panas adalah sumber dari berkas elektron. Sebuah tegangan tinggi digunakan untuk mempercepat berkas elektron ke kolom vertikal, yang dilakukan di bawah vakum, dan elektro-magnetik lensa yang digunakan untuk fokus itu.

Hal ini tidak mungkin untuk memfokuskan elektron menggunakan lensa kaca. Sebagai soal fakta, berkas elektron dapat dihentikan oleh bahkan bagian yang sangat tipis dari kaca. Tegangan yang digunakan untuk mempercepat berkas elektron dapat berkisar dari beberapa ribu bahkan sampai satu juta volt. Spesimen yang diperiksa oleh TEM harus sangat tipis, seperti 50 nanometer, atau bahkan kurang.

Scanning Electron Microscope

Scanning Electron Microscope, atau SEM: Ini mikroskop elektron sangat berbeda dari Mikroskop Transmisi Elektronik. Dalam hal ini, citra spesimen tidak diciptakan dengan menggunakan elektron secara langsung. Sebaliknya, elektron yang digunakan sedemikian rupa untuk merangsang itu, sehingga mengeluarkan elektron sekunder, yang mengumpulkan dan menggunakan detektor untuk membuat gambar. Sebagian besar gambar yang terlihat pada buku-buku dan artikel adalah gambar elektron sekunder. Namun, terlepas dari elektron sekunder menghasilkan, balok juga menghasilkan hamburan mereka juga. Sebuah gambar juga dapat terbentuk dari elektron backscattered. Sebagai soal fakta, ada interaksi balok beberapa spesimen yang menciptakan informasi yang berguna. Misalnya, berkas elektron juga dapat menyebabkan X-Rays yang akan dipancarkan oleh spesimen. Sebuah detektor yang terpisah dapat mengumpulkan, yang dapat digunakan untuk mempelajari komponen unsur bahwa spesimen terdiri dari, atau juga dapat digunakan untuk membuat peta unsur spesimen pada layar video.

Scanning Tunneling Microscope

Scanning Tunneling Microscope, atau STM: Ini adalah penemuan Heinrich Rohrer dan Gerd Binnig di laboratorium IBM di Zurich, Swiss. Ini mikroskop elektron untuk mendapatkan gambar dari permukaan yang konduktif pada skala atom dari 0,2 nanometer atau 2 x 10-10 m. Hal ini juga digunakan untuk mengubah materi yang diamati oleh manipulasi atom individu, yang membantu untuk memicu reaksi kimia. Dan, juga untuk menciptakan ion dengan elektron individu yang dihapus dari atom dan kemudian reverting mereka kembali ke atom oleh penggantian elektron.

Scanning Mikroskop Elektron Transmisi

Scanning Mikroskop Elektron Transmisi, atau STEM: Ini hanyalah sebuah mikroskop biasa dengan sistem scanning yang ditambahkan ke dalamnya. Daripada menggunakan berkas elektron tunggal, tempat kecil yang digunakan untuk pemindaian spesimen dengan gambar yang dikumpulkan pada detektor di bawah spesimen. Instrumen ini sangat berkhasiat untuk Mikroanalisis X-Ray bagian kecil dari irisan tipis spesimen.
Tag : Mikroskop
0 Komentar untuk "Mikroskop Elektron"
Back To Top