Biologi SMA (Pendahuluan)


Pendahuluan materi biologi untuk SMA

Pelajaran biologi untuk SMA jauh lebih banyak, detil dan rumit jika dibandingkan dengan biologi pada SMP (masuk ke pelajaran IPA).

Tapi tidak usah khawatir, kami punya solusinya..

Pada artikel ini Anda akan memahami pengertian biologi, ruang lingkup biologi, cabang ilmu biologi, materi biologi SMA kelas X, XI dan XII serta manfaat mempelajari biologi.

Intinya.. Setelah membaca artikel ini Anda akan mendapatkan gambaran umum tentang biologi SMA dan Anda akan siap untuk belajar Biologi dengan lebih mudah.

Pengertian Biologi

Biologi adalah kajian tentang kehidupan, makhluk hidup (organisme), termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan pengelompokan atau taksonominya.. Dalam pelajaran biologi atau ilmu biologi Anda akan mempelajari berbagai jenis makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan, jamur, bakteri dan virus.

Tidak hanya itu..

Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang lingkungan (ekologi) yang berpengaruh terhadap kehidupan suatu makhluk hidup.

Asal Kata Biologi

Biologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu kata bio yang berarti hidup dan kata logos yang berarti ilmu pengetahuan.

Jika dua kata ini digabungkan, maka biologi berarti ilmu pengetahuan tentang makhluk hidup.

Di Indonesia materi biologi sebenarnya sudah di masukkan sejak Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP), namun materinya dicampur dengan Fisika dan Kimia dalam pelajaran IPA.

Seperti yang Anda tahu, pelajaran biologi baru ada di Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pelajaran ini juga termasuk pelajaran pilihan, jadi siswa kelas XI yang memilih jurusan IPS tidak wajib belajar Biologi.

Buku Biologi untuk SMA kelas XII

Ruang Lingkup Biologi

Secara umum mata pelajaran biologi ditinjau dari 3 sudut pandang yaitu: Objek Biologi, Tema Persoalan Biologi, dan Tingkatan organisasi Kehidupan.

Objek atau kajian dalam biologi adalah berupa makhluk hidup. Makhluk hidup yang ada di bumi ini sangatlah luas dan beraneka ragam, sehingga untuk mempermudah dalam mempelajarinya, para ahli mengelompokkan/mengklasifikasikan menjadi beberapa kelompok (kingdom/ kerajaan).

Kajian biologi menurut BSCS meliputi 9 tema dasar yaitu :
  1. Biologi (sains) sebagai proses inkuiri.
  2. Sejarah konsep biologi
  3. Evolusi
  4. Keanekaragaman dan keseragaman
  5. Genetika dan kelangsungan hidup
  6. Organisme dan lingkungan
  7. Perilaku (etologi)
  8. Struktur dan fungsi
  9. Regulasi (sistem pengaturan)
Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, objek dan persoalan biologi terus berkembang melalui penelitian ilmiah.

Makhluk hidup yang terdiri atas satu sel disebut uniseluler dan yang terdiri atas banyak sel disebut multiseluler.

Pada organisme uniseluler segala fungsi hidup di jalankan oleh sel itu sendiri. Karena fungsi hidup tidak hanya satu, maka terjadilah suatu sistem yang terdiri atas subsistem-subsistem.makin banyak subsistem yang menyusun organisme maka semakin kompleks organisme tersebut.

Cabang Ilmu Biologi

Biologi merupakan suatu ilmu tentang makhluk hidup yang meliputi tingkat molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem dan bahkan hingga tingkat bioma.
Oleh karena itu Biologi memiliki cabang ilmu lainnya sebagai penunjang.

Berikut adalah beberapa cabang ilmu Biologi:
  • Anatomi: Ilmu tentang bagian-bagian struktur tubuh dalam makhluk hidup
  • Botani: ilmu tentang tumbuhan
  • Biologi molekuler: Ilmu tentang kajian biologi pada tingkat molekul    
  • Bioteknologi: Ilmu tentang penggunaan penerapan proses biologi secara terpadu yang meliputi proses biokimia, mikrobiologi, rekayasa kimia untuk bahan pangan dan peningkatan kesejahteraan manusia.
  • Ekologi:    Ilmu tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan
  • Embriologi: Ilmu tentang perkembangan embrio
  • Entomologi: Ilmu tentang serangga
  • Fisiologi: Ilmu tentang faal/fungsi kerja tubuh
  • Genetika: ilmu tentang pewarisan sifat
  • Histologi: Ilmu tentang jaringan
  • Hematologi: Ilmu tentang darah
  • Higiene: Ilmu tentang pemeliharaan kesehatan makhluk hidup
  • Harpetologi: ilmu tentang reptilia/ular
  • Imunologi: Ilmu tentang sistem kekebalan tubuh
  • Mikologi: ilmu tentang jamur
  • Morfologi: Ilmu tentang bentuk atau ciri luarorganisme
  • Neurologi: Ilmu yang menangani penyimpangan pada sistem saraf
  • Sitologi: Ilmu tentang tentang sel
  • Taksonomi: Ilmu tentang penggolongan makhluk hidup
  • Virologi: Ilmu tentang virus
  • Zoologi:  Ilmu tentang hewan
Cabang biologi yang lebih lengkap bisa Anda klik link dibawah:
73 Cabang Biologi (Lengkap!)

Manfaat Biologi

Biologi telah banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dalam berbagai bidang. Mulai dari kesehatan, industri, peternakan, pertanian dan lain-lain.

Contoh manfaat Biologi di bidang kesehatan adalah dengan ditemukannya obat antibiotik. Adapun pada bidang pertanian Biologi juga memberikan solusi pembibitan yang unggul dan bisa dilakukan dalam jumlah besar dengan teknologi kultur jaringan.

Materi Biologi SMA

Kelas X

  1. Ruang lingkup biologi (Permasalahan biologi, cabang-cabang ilmu biologi, manfaat mempelajari biologi, metode ilmiah dan keselamatan kerja).
  2. Keanekaragaman hayati (Konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, Keanekaragaman hayati Indonesia, flora, fauna, mikroorganisme, Garis Wallace, Garis Weber, hutan hujan tropis, pelestarian kehati Indonesia dan pemanfaatannya, Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, klasifikasi binomial).
  3. Virus (Ciri-ciri virus, struktur virus, penyakit yang disebabkan virus, Peran virus dalam kehidupan, dan menanggulangi virus HIV dan lainnya).
  4. Kingdom Monera (Archaebacteria, Eubacteria, Koloni bakteri, menanam bakteri/pour plate/streak plate, Pengamatan sel,  pengecatan gram,  peranan bakteri dalam penyakit, industri dan kedokteran).
  5. Kingdom Protista (Ciri-ciri protista, Protista mirip jamur (jamur lendir/ Slime Mold, Protista mirip tumbuhan (Alga), Protista mirip hewan (Protozoa) dan peranan protista dalam kehidupan).
  6. Kingdom Fungi/Jamur (Ciri-ciri jamur, cara memperoleh nutrisi, reproduksi, Pengelompokan jamur, manfaat jamur secara ekologis, ekonomis, medis dan pengembangan iptek).
  7. Kingdom Plantae (Ciri-ciri plantae, tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan biji (Spermatophyta), manfaat dan peran tumbuhan dalam ekosistem, manfaat ekonomi dan dampak turunnya keanekaragaman tumbuhan).
  8. Kingdom Animalia (Ciri-ciri Animalia, Invertebrata, Peranan invertebrata bagi kehidupan, Vertebrata, peranan Vertebrata dalam kehidupan).
  9. Ekologi (Komponen ekosistem, aliran energi, daur biogeokimia dan nteraksi dalam ekosistem)
  10. Keseimbangan Lingkungan (Kerusakan lingkungan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan)

Kelas XI

  1. Sel (Komponen kimiawi penyusun sel, struktur dan fungsi bagian-bagian sel, sel sebagai unit struktural dan fungsional makhluk hidup, transport  melalui membran, sintesis protein, fisiologis sel dan reproduksi sel).
  2. Struktur & Fungsi Jaringan pada Tumbuhan (Jenis-jenis Jaringan pada tumbuhan, sifat totipotensi dan kultur jaringan, struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan, struktur dan fungsi jaringan pada hewan, struktur jaringan pada hewan, letak dan fungsi jaringan pada hewan).
  3. Struktur dan fungsi tulang, otot dan sendi pada manusia (Mekanisme  gerak, macam-macam gerak, kelainan pada sistem gerak, teknologi untuk membantu kelainan pada sistem gerak).
  4. Struktur dan Fungsi  sistem Peredaran darah (Bagian-bagian darah, sel-sel darah, plasma darah, golongan darah, pembekuan darah, alat-alat Peredaran darah, proses peredaran darah, kelainan-kelainan pada sistem peredaran darah).
  5. Struktur dan fungsi sel pada sistem pencernaan (Zat makanan, BMI & BMR, menu sehat, struktur dan fungsi sel penyusun jaringan sistem  pencernaan makanan manusia, struktur jaringan sistem Pencernaan ruminansia, penyakit/gangguan pada sistem pencernaan).
  6. Struktur dan fungsi sel pada sistem pernapasan (Mekanisme Pernapasan pada manusia, hewan (serangga dan burung), kelainan dan penyakit yang terjadi).
  7. Struktur dan fungsi sel pada sistem  ekskresi manusia (Proses ekskresi pada manusia, ekskresi pada  hewan, kelainan dan penyakit yang terjadi).
  8. Struktur dan fungsi sel pada sistem regulasi (Sistem saraf, sistem  endokrin, sistem  indera, proses kerja sistem regulasi, pengaruh psikotropika pada sistem regulasi dan kelainan pada sistem regulasi).
  9. Struktur dan fungsi sel pada sistem reproduksi (struktur dan fungsi alat-alat reproduksi pada laki-laki dan wanita, proses pembentukan sel kelamin, ovulasi dan Menstruasi, fertilisasi, gestasi dan persalinan, ASI, KB dan kelainan/penyakit yang terjadi).
  10. Struktur dan fungsi sel pada sistem pertahanan tubuh (Antigen dan antibodi, mekanisme pertahanan tubuh, peradangan, alergi, pencegahan dan penyembuhan penyakit dan imunisasi).

Kelas XII

  1. Pertumbuhan dan perkembangan (Faktor luar dan faktor dalam pada pertumbuhan)
  2. Merencanakan dan melaksanakan percobaan (Mengkaji hasil kerja ilmiah dan Bagaimana melakukan percobaan menurut kerja ilmiah)
  3. Enzim (Komponen dan cara kerja enzim).
  4. Metabolisme (Katablisme dan Anabolisme).
  5. Materi Genetik (Gen, DNA, Kromosom, Sintesis protein dan pembentukan sifat makhluk hidup, Pembelahan sel, Mitosis, Meiosis).
  6. Hukum Mendel dan penyimpangan semu Hukum Mendel (permasalahan Interaksi, kripstomeri, epistasis/hipostatis, komplementer dan polimer).
  7. Pola-pola hereditas (Pautan &  pindah silang, gagal berpisah dan gen letal).
  8. Mutasi (Mutasi gen, DNA dan Kromosom).
  9. Evolusi (Teori evolusi Darwin, Mekanisme Evolusi, Isolasi geografi, Radiasi adaptif dan Hukum Hardy-Weinberg).
  10. Bioteknologi (Konsep dasar Bioteknologi, jenis Bioteknologi, bioteknologi Konventional (Fermentasi), bioteknologi Modern (Rekayasa Genetika), produk Bioteknologi Konvensional, produk Bioteknologi modern dan dampak produk Bioteknologi)
  11. Demikian artikel tentang pengertian Biologi yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa follow kali di sosial media.

Demikian pembahasan tentang pendahuluan biologi, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk ikuti kami di sosial media.

Terima kasih.




Posting Komentar