Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Klasifikasi chordata

belajar chordata

Filum chordata dibagi menjadi tiga subfilum yaitu urochordata, cephalochordata dan vertebrata. Urochordata dan cephalochordata digolongkan menjadi kelompok chordata tidak bertengkorak yang disebut acrania (prochordata). Subfilum vertabrata mempunyai ciri-ciri bertengkorak, berotak, dan bertulang belakang sehingga disebut craniata.

Hewan-hewan acrania (prochordata)

Subfilum urochordata (tunicata)

Tubuhnya pendek tebal, melekat pada benda lain. Hidup dilaut, mandiri atau parasit. Reproduksi seksual dengan kelamin hemafrodit, larva mengalami metamorfosis seperti berudu. Reproduksi aseksual dengan budding (tunas).

Subfilum cephalochordata

Bentuk tubuh seperti ikan tanpa sirip, pipih memanjang, transparan. Reproduksi secara seksual, memiliki kelamin terpisah dan mengalami fertilisasi eksternal. Biasanya hidup terkubur di bawah pasir perairan dangkal.
Contohnya adalah Branchiostoma sp.(ampioxus).

Subfilum vertebrata

Sesuai dengan namanya, kelompok hewan vertebrata memiliki kolumna vertebralis (ruas-ruas tulang belakang). Vertebrata disebut juga craniata karen asemua hewan vertebrata sudah memiliki otak, yang terlindung dalam kranium (tulang-tulang tengkorak).

Ciri-ciri umum vertebrata

Tubuh simetris bilateral, dengan pembagian tubuh terdri atas kepala, leher, badann dan ekor.meskipu ada yang tidak berleher dan tidak berekor. Memiliki susunan ruas tulang belakang (kolumna vertebralis) dan memiliki otak didalam kranium (tulang tengkorak).

Demikian postng biologi hari ini mengenai klasifikasi chordata, sekia terimakasih.

Tag : SMA kelas X
0 Komentar untuk "Klasifikasi chordata"
Back To Top -->