Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Tipe-tipe spons

Spons tidak memiliki bentuk nyata. Tubuh mereka halus dan penuh dengan mesohyl, zat seperti jelly. Menjadi makhluk air, spons dapat menyerap air, oksigen, cairan dan makanan lain dengan relatif mudah dibandingkan hewan lain. Spons tampak lebih seperti tanaman Namun, dalam kenyataannya mereka adalah hewan yang termasuk dalam filum Porifera.
spons cnidaria

Hal yang menarik untuk dicatat tentang spons adalah bahwa mereka tidak memiliki sistem pencernaan yang berkembang dengan baik, sistem peredaran darah atau sistem saraf. Organisme ini mengambil makanan dari air yang masuk melalui pori-pori tubuh mereka. Karena spons perlu substrat (platform / base) seperti batu untuk tetap berakar ke permukaan dalam lautan, mereka juga disebut sebagai sessile - makhluk menetap. Ada lebih dari 7000 spesies spons di dunia dan kemungkinan bahwa lebih banyak akan ditemukan di masa mendatang. Spesies utama spons memiliki bentuk sebagai berikut: encrusting-lembar, gundukan, tabung dan tegak-lembar.


Spons dikenal untuk memberi makan pada bakteri. Namun, dalam beberapa kasus mikroba dapat hidup di dalam tubuh spons sebagai endosymbionts - organisme hidup bersimbiosis dengan inangnya dan di dalam tubuhnya. Beberapa spons karnivora berubah di mana makanan hampir tersedia.

Jenis Spons

Biru Vas Sponge
Barrel Sponge
Tabung Sponge
Row Pori Rope Sponge
Cerobong asap Sponge
Oranye Elephant Ear Sponge
Red Tabung Sponge
Strawberry Vase Sponge

Spons terutama diklasifikasikan berdasarkan struktur atau karakteristik eksternal. Misalnya, spikula terbukti menjadi fitur penting untuk membedakan antara spesies yang berbeda dari spons. Spikula dikenal untuk memperkuat mesohyl tersebut. Berbagai jenis spons atau kelas terbentuk karena proses penguatan dijelaskan di bawah ini.

Calcarea atau Spons Calcareous
Klasifikasi spons dilakukan atas dasar struktur memperkuat mereka. Jenis seperti struktur, dalam kasus spons berkapur, dikenal sebagai spikula. Spikula terbuat dari kalsium karbonat dan membentuk kerangka spons berkapur. Mereka hanya 10 cm panjangnya, namun mereka mencakup berbagai jenis struktur seperti:
Asconoid (bentuk tak tentu)
Syconoid (tubuh Tubular)
Leuconoid (ruang flagellated)
Demosponges
Para demosponges, seperti spons berkapur terdiri dari spikula, namun dalam demosponges, spikula dibentuk dari serat yang dihasilkan dari protein yang disebut 'spongin'. Mereka terbesar dari semua spons dan membentuk 90% dari total jumlah mereka. Demosponges tinggal di daerah hangat serta dingin lautan. Beberapa demosponges bereproduksi secara seksual, sementara yang lain secara aseksual. Organisme ini menunjukkan berbagai macam bentuk dan jauh lebih beragam dari kelas lain dari spons. Reproduksi aseksual terjadi dengan cara gemmules dan pemula. Gemmules adalah tunas internal yang hadir dalam spons yang mampu berkembang dalam kondisi yang menguntungkan, mereka tetap terbengkalai tanpa adanya kondisi yang menguntungkan. Menurut Mr Gordon Love, seorang ilmuwan dari Universitas California, demosponges muncul sedini 635 juta tahun yang lalu yaitu pada era Neoproterozoic.

Spons kaca
Berbagai jenis spons kaca membentuk Hexactinellida kelas. Spons adalah kejadian langka di alam. Umumnya, mereka ditemukan pada kedalaman (450-900m) di samudera. Tubuh mereka berbentuk cangkir, yang spikula hadir pada tubuh mereka terdiri dari senyawa mengandung silika. Spons kaca dapat hidup selama 15.000 tahun yang menempatkan mereka di antara makhluk hidup terpanjang di bumi (Posidonia oceanica, lamun adalah terpanjang organisme hidup dengan umur sekitar 200.000 tahun). Spons kaca sangat sensitif terhadap rangsangan eksternal. Mereka mampu bereaksi dengan cepat karena dorongan listrik yang mereka hasilkan.

Ada kriteria lain untuk mengklasifikasikan spons kaca, yang adalah kemampuan mereka untuk membangun terumbu. Berbagai jenis spons kaca dijelaskan di bawah ini.
Spons Reef-Building: Mereka dibentuk dari berbentuk corong Heterochone kelopak atau Finger Goblet Sponge yang tumbuh hingga 1,5 meter tingginya. Spons karang-bangunan memiliki nuansa kuning dan putih. Dua spesies karang pembangun adalah Aphrocallistes vastus, juga dikenal sebagai Cloud Sponge dan Farrea OCCA. Karakteristik unik Cloud spons adalah hasil mitten seperti mereka. Mereka adalah berbentuk corong dan memiliki ketinggian 2m. Farrea OCCA adalah yang terbesar dari semua spons karang-bangunan dan mencapai ketinggian hingga 15m.
Non-karang Bangunan Spons: Ada empat spesies pembangun non-karang yang berwarna putih dan yang mencapai ketinggian hingga 50cm. Staurocalyptus dowlingi, Acanthascus platei, Acanthascus kaktus dan Rabdocalyptus dawsoni adalah spesies yang berbeda dari pembangun non-karang.

Spons Kejadian Umum
Berbagai bentuk spons yang umum ditemukan di alam dijelaskan di bawah ini.

Vas Sponge: Spons dari kelompok ini terutama ditemukan di wilayah sekitar pulau-pulau Karibia dan pantai Florida, Amerika Serikat. Spons vas dapat tumbuh hingga 40-60cm dengan diameter. Ini semacam spons ditemukan dalam berbagai nuansa cokelat, merah dan ungu. Nama ilmiah dari spons ini Ircinia campana.
Azure Vas Sponge: The Azure Vas Sponge ditandai dengan bentuk tubular dan vas-seperti. Permukaan luarnya ditandai dengan lubang-lubang dan jaringan alur. Spons dapat tumbuh hingga 30cm panjangnya. Lubang ditemukan pada permukaan Spons Vase Azure adalah 0,5 sampai diameter 1cm.
Strawberry Vase Sponge: Spons terutama ditemukan di daerah sekitar pulau-pulau Karibia. Spons vas stroberi ditemukan di lautan di kedalaman 15-40 meter.
Barrel Sponge: Laras spons dapat tumbuh hingga 1,5 meter panjangnya. Ini semacam spons dikenal dengan nama-nama seperti Volcano Sponge, Sponge silikous dan besar Barrel Sponge. Seorang manusia dewasa dapat dengan mudah masuk ke dalam struktur gentong spons ini. Salah satu fitur khusus dari spons ini adalah bahwa permukaannya ditandai dengan pegunungan yang mendalam.

Tabung Sponge: Tabung spons, seperti namanya, dibentuk struktur berdinding tebal dan seperti tabung yang terhubung di pangkalan. Jenis spons tumbuh hingga 1m panjang. The cerobong asap spons, jenis tabung spons memiliki tubuh tubular. Ini tumbuh sampai 150 cm panjang. Bentuk dan struktur semacam ini mirip dengan spons spons tabung. Semua tabung spons ini, yang merupakan struktur cerobong asap, yang terhubung di satu, basis sempit. Spons dikenal untuk melepaskan bahan kimia beracun untuk mencegah predator mereka.

Oranye Telinga Gajah Sponge: demosponge ini ditemukan di daerah sekitar pulau Karibia, Florida (AS) dan Bahama. Permukaan demosponge ini oranye kemerahan dalam warna. Namun, di bawah permukaan, warna oranye adalah pucat dibandingkan dengan yang ada pada kulit luar. Warna oranye telinga gajah spons sangat bervariasi. Satu juga dapat menemukan warna cokelat dan merah di spons gajah oranye. Ini spons lobate untuk dibulatkan dalam bentuk dan rentang lebar mereka dari 5-30cm.

Row Pori Rope Sponge: Nama Ilmiah spons ini Aplysina cauliformis. Ini memiliki nuansa yang berbeda seperti coklat, ungu-ungu, krem, hijau, kayu manis-tan, dll baris pori tali spons terutama ditemukan di Bahamas dekat pulau-pulau seperti Cat Island, kecil Inagua, Great Island dan San Salvador.

Spons dikenal untuk membuat berbagai bentuk terumbu dan dengan demikian meningkatkan keanekaragaman hayati lautan. Karang yang bermanfaat dari sudut mempertahankan populasi ikan dan makhluk laut lainnya. Organisme ini tumbuh lambat dan karena itu, menjalani hidup yang panjang. Upaya yang diambil di seluruh dunia untuk melindungi dan melestarikan terumbu karang yang dibentuk oleh spons. Daerah yang dihuni oleh spons perlu dinyatakan sebagai daerah perlindungan laut (MPA). Akhirnya, adalah tanggung jawab kita bersama untuk melestarikan diabaikan namun makhluk air yang berharga.
Tag : zoologi
0 Komentar untuk "Tipe-tipe spons"
Back To Top -->