Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Fakta-fakta menarik pada sistem pernapasan

Berikut adalah beberapa fakta menarik, tentang sistem pernapasan, yang akan membantu anak-anak mendapatkan wawasan, menjadi apa semua yang diperlukan untuk mengaktifkan proses sederhana menghirup oksigen dan membuang karbon dioksida. Seperti yang akan Anda lihat, itu tidak sesederhana itu. Sistem pernapasan kami adalah salah satu sistem biologis yang paling canggih di alam, dirancang untuk memungkinkan proses kehidupan yang paling penting dari respirasi selular aerobik. Respirasi aerobik adalah proses dimana tubuh kita memproduksi energi dari makanan. Pasokan oksigen, yang diperlukan untuk mekanisme seluler ini tingkat produksi energi, disediakan oleh sistem pernapasan yang efisien. Ini adalah salah satu sistem tubuh yang paling penting manusia.

Ketika Anda mengambil napas dalam-dalam, udara masuk paru-paru dan dada Anda mengembang. Paru-paru Anda menyaring oksigen di udara dan menyebar ke dalam darah Anda, dari mana ia dipasok ke berbagai sel-sel tubuh Anda. Ketika Anda mengeluarkan napas, karbon dioksida dari darah dikeluarkan oleh paru-paru. Jadi, dengan setiap napas yang diambil dalam, darah dimurnikan dengan oksigen dan dengan setiap menghembuskan nafas, produk limbah seperti karbon dioksida dihembuskan keluar dengan uap air. Ini singkatnya, adalah apa yang terjadi selama setiap 'bernapas dalam-nafas' siklus pernapasan.


Fakta Sistem Pernapasan pada anak kecil

Sistem pernapasan kita terdiri dari banyak organ yang bekerja sama, seperti musisi di simfoni, untuk membuat kita bernapas. Mari kita mulai dengan fakta-fakta menyenangkan sistem kami pernapasan

Setiap menit yang kita hirup, kita ambil di 13 liter udara! Itulah yang kita hirup sekitar 6.15 liter udara setiap menit.

Kita menghirup sekitar 9 sampai 20 kali setiap menit. Melalui setiap napas, kita menghirup sekitar setengah liter udara.

Kami menghirup dan menghembuskan napas udara sekitar 22.000 kali per hari dan dalam proses, transportasi sekitar 300 meter kubik udara (yang berjarak sekitar 8,5 meter kubik udara)!

Mekanisme pernapasan manusia disebut pernapasan pasang surut, seperti udara keluar dengan cara yang sama itu berjalan masuk. Kami menghembuskan napas sekitar setengah liter uap air di sepanjang hari.

Pernapasan yang diprakarsai oleh diafragma, yang merupakan otot merenggang bawah paru-paru. Ketika kontrak, volume naik rongga dada dan tekanan udara turun. Itulah yang memungkinkan udara bertekanan tinggi di luar, masuk ke paru-paru dan membuat mereka berkembang seperti balon.

Ketika diafragma mengembang, paru-paru dikosongkan dari udara dan menghembuskan napas kita di luar.

Ketika udara melewati hidung dan masuk ke rongga hidung yang disebut tenggorokan, itu akan disaring, dibasahi dan dipanaskan.

Fakta Tentang Paru-paru

Paru-paru adalah bagian utama dari sistem pernapasan, yang memungkinkan pertukaran oksigen dan karbon dioksida dalam darah. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang mereka.

Paru-paru adalah jaringan padat tubulus terhubung, yang mengangkut oksigen dari udara untuk menyehatkan triliunan sel dalam tubuh kita.

Udara dihirup, diambil melalui semakin menit tabung menjadi sekitar 700 juta kantong udara sangat kecil yang disebut alveoli. Mereka adalah tempat di mana oksigen dan karbon dioksida dipertukarkan dengan menit kapiler darah melalui difusi.

Orang dengan asma memiliki kesulitan bernafas karena tabung udara di paru-paru mereka menjadi sempit dan terbatas, karena yang, cukup oksigen tidak diberikan melalui paru-paru!

Semoga fakta-fakta telah membangkitkan rasa ingin tahu Anda tentang cara kerja yang rumit dari tubuh manusia. Ini sangat bagus untuk mengetahui apa yang dibutuhkan untuk membuat setiap napas mungkin.
0 Komentar untuk "Fakta-fakta menarik pada sistem pernapasan"
Back To Top -->