Sistem Sirkulasi

Apa itu Sistem Sirkulasi?

Sistem Sirkulasi adalah bagian dari sistem peredaran darah. Sistem sirkulasi terdiri dari aliran oksigen darah dari jantung ke tubuh dan kemudian aliran darah terdeoksigenasi dari semua bagian tubuh ke jantung. Mari kita bahas informasi yang lebih rinci tentang sistem ini. 

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Anda memiliki begitu banyak pembuluh darah dalam tubuh Anda, bagaimana oksigen mencapai setiap organ atau bagaimana hati Anda membantu dalam fungsi tubuh Anda? Mungkin tidak lebih awal tetapi pada saat saya berakhir dengan pertanyaan saya, Anda akan mulai berpikir tentang mereka pasti. Ya, jawaban untuk semua pertanyaan di atas dapat dijelaskan oleh sistem sirkulasi. Sirkulasi ini terkait dengan aliran darah dalam tubuh dan merupakan bagian dari sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular. Ini adalah proses yang sangat penting yang membantu tubuh kita untuk berfungsi dengan baik. Paragraf berikut akan membantu Anda untuk memahami fungsi dan pentingnya dalam mempertahankan hidup.

Sistem Sirkulasi darah merupakan bagian dari sistem kardiovaskular atau sistem peredaran darah. Sistem sirkulasi dibagi dalam dua bagian: sistem sirkulasi dan sirkulasi paru-paru. Dalam kasus yang pertama, darah dimurnikan dari hati dikumpulkan dengan bantuan arteri dan dipasok ke berbagai bagian tubuh. Kemudian darah kotor dari bagian tubuh yang berbeda dibawa ke jantung dengan bantuan pembuluh darah. Kemudian datang peran sirkulasi paru-paru yang terdiri dari pemurnian darah yang dilakukan di paru-paru. Jantung menyediakan darah ke paru-paru di mana karbon dioksida akan dihapus dari sel-sel darah dan diganti dengan oksigen. Kemudian darah teroksigen ini ditransfer ke jantung untuk proses lebih lanjut.


Sistem Sirkulasi sebagian

Sirkulasi ini meliputi jalur arteri, arteriol, kapiler, vena, venula, dll Semua organ-organ sistem peredaran berpartisipasi dalam proses ini dan ditugaskan dengan pekerjaan tertentu. Mari kita cari tahu bagaimana darah beroksigen mencapai bagian yang berbeda dari tubuh kita dan bagaimana terdeoksigenasi darah dibawa kembali ke jantung untuk pemurnian lebih lanjut.

Darah teroksigen

Proses ini dimulai ketika darah beroksigen dikirim ke hati manusia dari paru-paru. Darah datang ke atrium kiri dan kemudian jantung memompa keluar darah beroksigen ke ventrikel kiri. Dari ventrikel kiri darah dipompa ke arteri utama yang dikenal sebagai aorta. Aorta selanjutnya membagi menjadi dua arteri utama. Satu arteri naik ke bahu dan kepala dan yang lainnya turun ke kaki, perut dan bagian lain yang lebih rendah dari tubuh. Arteri naik terbagi menjadi arteri subklavia yang pergi ke bahu dan arteri karotid yang memasok darah ke kepala dan daerah leher.

Arteri akan ke bawah terbagi ke dalam arteri hepatika yang masuk ke hati, arteri ginjal yang pergi ke ginjal, arteri mesenterika yang memasok darah ke perut dan usus dan akhirnya arteri iliaka yang pergi ke alat kelamin dan kaki. Arteri dibagi lagi menjadi arteriol dan kemudian ke kapiler. Ini kapiler banyak jumlahnya dan mereka bergabung bersama-sama dan membentuk venula yang selanjutnya bergabung dan membentuk pembuluh darah.

Darah terdeoksigenasi

Sekarang segera setelah darah beroksigen mencapai semua bagian tubuh, bagian kedua dari jalur sistem sirkulasi darah dimulai. Ini adalah proses mengambil darah terdeoksigenasi dari berbagai bagian tubuh ke jantung untuk pemurnian lebih lanjut dan oksigenasi. The terdeoksigenasi darah dari kepala dan daerah leher dibawa oleh vena jugularis. Dari daerah bahu, subklavia vena membawa darah. Kedua vena ini lebih lanjut bergabung dan membentuk vena besar yang dikenal sebagai vena kava superior.

Dari bagian bawah tubuh, vena renalis membawa bentuk darah ginjal, vena hepatik dari hati dan vena iliaka dari alat kelamin dan kaki. Vena lanjut bergabung bersama untuk membentuk inferior vena cava. Vena kava mengambil darah terdeoksigenasi ke daun telinga kanan jantung yang selanjutnya dikirim ke paru-paru untuk pemurnian. Proses ini diulang dan sirkulasi darah normal dipertahankan dalam semua bagian tubuh.

Sepanjang jalur sirkulasi, darah mengambil makanan diserap dari dinding usus dan mendistribusikan oksigen dan nutrisi ke setiap sel dan ketika darah melewati ginjal semua limbah nitrogen yang dikeluarkan dari darah. Hal ini terus memurnikan darah selain oxygenating. Tubuh kita benar-benar tergantung pada sistem peredaran darah untuk nutrisi, energi dan oksigen dan sistem sirkulasi adalah salah satu bagian yang paling penting dari sistem ini.

0 comments: