Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Sidik Jari Genetik


Sidik jari genetik adalah bidang yang luas yang digunakan majorly dalam forensik dan sejenisnya. Pelajari tentang apa ini proses lanjutan adalah semua tentang dan bagaimana hal itu diterapkan.

Dikembangkan oleh ahli genetika Dr Inggris Alec Jeffreys pada tahun 1984, sidik jari genetik atau sidik jari DNA didefinisikan sebagai metode mengisolasi dan membedakan urutan DNA dari sampel DNA.

Metode Sidik Jari Genetik


Sidik Jari

Sidik jari genetik dilakukan dengan menggunakan berbagai metode, yaitu sebagai berikut:

Restriction Fragmen Panjang Polimorfisme: Proses ini juga disebut tes blot Selatan. Metode ini memanfaatkan protein yang disebut enzim restriksi untuk memotong untai DNA. Potongan-potongan DNA yang kemudian dipisahkan menggunakan elektroforesis gel, sebuah proses yang untai DNA dipisahkan berdasarkan ukuran dan muatan negatif yang sesuai yang bervariasi dengan ukuran. DNA sehingga terpisah ditransfer ke kertas nitroselulosa, yang kemudian ditempatkan di inkubator sehingga DNA yang permanen melekat pada kertas. DNA ini selanjutnya dianalisis menggunakan probe radioaktif. Mengulangi tandem variabel jumlah yang tak lain adalah urutan nukleotida pendek pada DNA, yang unik untuk setiap orang dan karenanya tes ini membantu untuk menghasilkan sidik jari DNA dari orang tertentu. Kelemahan utama dari metode ini adalah bahwa hal itu sangat lambat dan membutuhkan sampel DNA yang lebih besar.

Polymerase Chain Reaction: Reaksi Polymerase Chain adalah DNA yang sangat populer metode Sidik Jari yang meliputi amplifikasi bagian tertentu dari DNA menggunakan suhu tinggi dan enzim polimerase termostabil dengan primer DNA berlabel. Komersial PCR kit telah membuat proses metode yang sangat sederhana dan mudah dari sidik jari DNA.

Amplified Fragment Polimorfisme Panjang: Itu membuat penggunaan polymerase chain reaction untuk memperkuat DNA dan berfokus pada ulangi tandem jumlah variabel untuk membedakan sampel DNA berbagai. Biaya yang lebih rendah dan operasi yang mudah digunakan dan set up metode ini membuatnya menjadi metode populer sidik jari genetik
Teknik populer lainnya dari sidik jari DNA juga mencakup metode berikut:

Analisa kromosom Y

Mitokondria Analisis

Penerapan Sidik Jari Genetik


Sidik jari genetik digunakan dalam beberapa bidang. Bidang berikut ilmu menggunakan ini sebagai cara untuk menentukan struktur DNA seseorang untuk tujuan bervariasi.

Ilmu Forensik: Hal ini diterapkan secara luas di bidang ilmu forensik. Hal ini digunakan untuk mengidentifikasi tersangka dengan cara mencocokkan sampel darah, air liur rambut, atau air mani di TKP dan orang-orang dari tersangka.

Pengujian Tua: Hal ini digunakan dalam kasus-kasus di mana ayah yang harus diperiksa dalam kasus di mana ayah menolak untuk memiliki anak.

Donor Organ: Hal ini digunakan untuk mencocokkan sampel DNA dalam kasus donasi organ juga. Sidik Jari memastikan apakah sumbangan organ tertentu akan aman dengan mencocokkan sampel DNA dari donor dan penerima.

Studi Hewan: Hal ini digunakan saat belajar hewan, terutama populasi besar hewan liar. Sidik jari genetik dari sampel DNA hewan juga membantu untuk mengidentifikasi spesies yang terkait erat hewan.

Studi Prasejarah: Telah diterapkan dalam studi zaman prasejarah. Telah digunakan untuk menentukan pola genetik dari populasi pra-sejarah kali.

Sidik jari genetik adalah bidang yang luas dengan berbagai aplikasi di beberapa daerah. Studi tentang DNA adalah subjek yang menarik, dan penelitian progresif sedang terus dilakukan di bidang ini.
Tag : DNA
0 Komentar untuk "Sidik Jari Genetik"
Back To Top -->