Hasil Glikolisis

Glikolisis adalah pemecahan glukosa yang terjadi pada tingkat selGlikolisis juga merupakan suatu jalur metabolik utama, bertanggung jawab untuk penciptaan mata uang energi tubuh, yaitu ATP (Adenosine Triphosphate), Piruvat dan NADH (Reduced nikotinamida adenin dinukleotida).

Ringkasan Glikolisis

Proses glikolisis keseluruhan terjadi dalam sitoplasma sel eukariotik. Ini adalah urutan sepuluh reaksi, dengan senyawa antara banyak yang dibuat. Setiap salah satu langkah yang melibatkan penciptaan senyawa antara. Ada dua jenis penting dari jalur Glikolisis. Salah satunya adalah jalur embden-Meyerhof, sedangkan satu lagi adalah jalur Entner-Doudoroff. Reaksi yang saya bicarakan di sini adalah jalur embden-Meyerhof. Produk dan reaktan dari proses ini adalah bagian dari proses metabolisme banyak.

Seluruh proses dapat diringkas sebagai berikut:


Glukosa (C6H12O6) + 2 [NAD] + + 2 [ADP (Adenosin difosfat)] + 2 [P] i ---> 2 [C3H3O3] - (Piruvat) + 2 [NADH] (Reduced nicotinamide adenine dinucleotide) + 2H + + 2 [ATP] (Adenosine Triphosphate) + 2 H2O

Meskipun reaksi ini terlihat cukup sederhana, hal ini sebenarnya sangat kompleks dan ini hanya yang diringkas versi. Dalam organisme anaerobik juga, glikolisis adalah proses yang membentuk bagian penting dari fermentasi gula. Organisme seperti ragi memanfaatkan proses ini untuk menghasilkan alkohol yang ditemukan dalam bir. Dalam respirasi aerobik, memainkan bagian penting dari produksi piruvat yang memainkan peran utama dalam siklus metabolisme dan digunakan dalam produksi molekul ATP.

Produk Penting

Setiap reaksi seperti glikolisis memainkan bagian kecil dalam mesin biokimia keseluruhan tubuh. Produk yang dibuat oleh salah satu reaksi adalah bahan baku untuk satu sama lain. Semua reaksi ini dikendalikan oleh cetak biru yang ada dalam DNA dari setiap sel. Berikut ini adalah produk utama:

Piruvat ([C3H3O3] -)

Piruvat adalah bagian ion karboksilat dari asam piruvat. Rumus kimia untuk piruvat adalah CH3COCOO-. Ini adalah ion utama yang digunakan dalam jalur metabolik. Piruvat digunakan untuk memasok energi ke sel selama siklus asam sitrat. Piruvat juga dapat diubah kembali menjadi karbohidrat melalui proses yang dikenal sebagai 'Glukoneogenesis'. Hal ini juga dikonversi ke baik asam lemak atau energi melalui molekul Asetil-KoA. Hal ini juga digunakan dalam pembuatan asam amino yang disebut alanin. Ethanol juga dapat dibuat dari piruvat.

Mengurangi nikotinamida adenin dinukleotida (NADH)

NAD+, yang merupakan nikotinamida adenin dinukleotida adalah jenis co-enzim yang melakukan reaksi redoks dalam reaksi biokimia berbagai sebagai agen pengoksidasi. Adenin dinukleotida Mengurangi Nicotinamide atau NADH adalah bentuk tereduksi dari NAD dan bertindak sebagai agen pereduksi dalam berbagai reaksi. Seorang agen pengoksidasi menerima elektron dan menjadi berkurang, sementara agen mengurangi memberi elektron untuk menjadi teroksidasi. The NADH yang dihasilkan dalam sitoplasma melalui glikolisis ditransfer ke mitokondria oleh angkutan mitokondria. Hal ini digunakan untuk mengurangi NAD+ mitokondria menjadi NADH. NADH ini lebih berperan dalam fotofosforilasi oksidatif.

Adenosine Triphosphate (ATP)

Triphosphate Adenosin (ATP) adalah nukleotida, yang digunakan dalam berbagai reaksi biokimia sebagai koenzim. Ini adalah mata uang energi sel, seperti yang digunakan untuk transfer energi intraseluler. Hal ini juga bertindak sebagai molekul sinyal dalam reaksi biokimia berbagai.

Dengan demikian siklus pernapasan menghasilkan 30 molekul ATP energi melalui sintesis dari satu molekul glukosa. Produk yang dihasilkan dalam sitoplasma, memainkan peran utama dalam seluruh proses ini. Salam Biologi.

0 comments: