10 Tips Belajar Biologi Supaya Lebih Mudah dan Efektif


Belajar Biologi Lebih Mudah dan Efektif

Mungkin saat ini kita sedang kesulitan dalam mempelajari Biologi. Bisa jadi karena materinya banyak sekali atau karena istilahnya banyak yang belum kita ketahui. Aku juga pernah mengalami hal yang sama.

Dulu ketika SMA, nilai Biologiku paling kecil dibanding pelajaran lainnya. Namun ketika kuliah aku malah lulus di jurusan Biologi. Kebayang kan?

Tapi.. Meski awal-awal kuliah sangat kesulitan menyesuaikan diri, aku bisa lulus dengan nilai IPK tiga koma (lumayan menurutku) dan bisa menjadi guru IPA (Biologi, Fisika & Kimia) selama 3 tahun lebih.

Nah sekarang aku mau sharing 10 tips yang bisa kita ikuti supaya saat belajar biologi lebih mudah dan lebih efektif.

Oke langsung aja berikut adalah 10 tips nya:
  1. Mengosongkan Gelas
  2. Menganali Biologi
  3. Sering Membaca
  4. Memahami
  5. Menghafalkan
  6. Membuat Target
  7. Membuat Jadwal
  8. Mencoba
  9. Mengajarkan
  10. Membuat Produk
Bingung? Baik kalau begitu aku jelasin satu satu yah..

1. Mengosongkan Gelas

Gelas yang udah terisi penuh oleh air itu gak akan bisa diisi lagi, yang ada malah tumpah. Gelas itu ibarat otak kita, dan air itu ibarat ilmu biologi. Jadi kalau kita mau ilmu biologi ini masuk ke otak kita maka kita harus merasa bahwa kita butuh ilmu itu, karena ilmu yang kita miliki itu sangat sedikit sekali.

Atau bahkan enggak punya ilmu sama sekali, ya kaya gelas kosong tadi.

Tips ini bisa juga digunakan saat mempelajari ilmu lainnya yah..

2. Menganali Biologi

Biologi itu apa sih? Ilmu tentang makhluk hidup dan lingkungannya.

Terus kenapa kita harus belajar biologi? Harus dong, kan kita makhluk hidup, kita juga tinggal di lingkungan makhluk hidup, di sekitar kita juga banyak banget makhluk hidup. Jadi dengan belajar biologi kita bisa lebih kenal diri kita sendiri, makhluk hidup lainnya dan lingkungannya.

Kalau udah kenal, nanti ketika ada masalah seharusnya kita langsung bisa mengatasinya. Misal kita tiba-tiba sakit magh, sebelum berobat seharusnya kita cari tahu dulu apa penyebabnya, kalau udah tahu hidari itu. Tobat! Supaya kedepannya gak sakit magh lagi.

Nah abis itu baru deh berobat ke dokter.

Apalagi buat kita yang punya cita-cita menjadi dokter atau profesi lainnya yang erat kaitannya sama makhluk hidup. Kita harus benar-benar cinta deh sama pelajaran ini, biar saat kuliah dan kerja nanti lebih mudah.

Kalau udah cinta kan susah lupanya, cie.. :p

3. Sering Membaca

Di kelas kita  ada gak yang kalau ngomong logat jawanya itu medok banget? Kalau ada, kira-kira kenapa dia bisa kaya gitu?

Yap betul, karena keluarganya di rumah ternyata medok semua atau karena dulu tinggal di lingkungan yang pake bahasa jawa semua. Jadi wajar kalau dia juga medok, faktor pembiasaan.

Nah, kita juga harus banget sering-sering baca buku biologi, artikel biologi atau postingan IG tentang biologi (kalau ada). Biar kita terbiasa.

Kalau udah terbiasa dan menjadi habit maka ketika kita harus belajar materi rumit misalkan tentang metabolisme (anabolisme dan katabolisme) maka itu akan menjadi lebih enteng.

Percaya deh..

4. Memahami

"Biologi itu dipahami! Bukan dihapal!" itulah nasihat dosen yang aku inget banget sampai sekarang. Gak pernah lupa sama nasihat ini, soalnya hampir semua dosen ngomongnya gini hehe..

Ini bener banget guys, kalau cuma hapal kita bakal kesulitan saat menemukan soal yang disuruh menjelaskan atau saat disuruh menjelaskan langsung oleh guru.

Lagian kalau kita cuma hapal, manfaatnya tuh kurang banget. Kita gak bakal bisa memanfaatkan ilmu yang kita punya, karena memang sebenarnya kita belum punya ilmu itu.

5. Menghafalkan

Loh kok tadi katanya jangan dihapal?

Jadi begini guys, tipe materi biologi beda-beda dan tipe orang juga beda-beda. Menurutku pribadi ada materi yang emang harus kita hapalin dulu tuh istilah-istilahnya, biar nanti pas baca penjelasannya di buku kita langsung mengerti.

Misal di materi pewarisan sifat (Genetika). Aku kalau ngajar nyuruh siswa-siswa buat hapalain istilah-istilahnya dulu, soalnya banyak banget. Supaya nanti pas jelasin materinya mereka lebih mudah ingat dan paham.

So, menghapal disini tujuannya buat supaya kita mengerti. Hapal dulu baru mengerti.

Ada juga loh orang yang susah mengeri, tapi setelah dia baca berulang-ulang terus dia hapalin akhirnya dia bisa mengerti juga. Dan kalau udah hapal duluan terus abis itu ngerti, ilmunya nempel banget di otak kita.

6. Membuat Target

Misal kita lagi duduk di kelas 10. Buatlah target nilai yang harus kita capai, baik untuk PTS, UKK atau bahkan ulangan harian.

Setelah itu kita rinciin tuh target ke to do list (daftar yang harus kita kerjakan). Misal target nilai ulangan harian 90. Berarti, kita harus ngapain biar dapat nilai 90? Baca buku, nonton video biologi, mengerjakan soal, diskusi yang lebih pinter dan lain-lain.

7. Membuat Jadwal

Setelah to do list udah jadi, buat jadwalnya. Misal pagi setelah shalat subuh baca buku, istirahat pertama nonton video, istirahat kedua ngerjain soal dll.

Tahap selanjutnya adalah tempel jadwal tersebut di tempat yang sering banget kita lihat. Misal depan meja belajar atau di cermin.

Kalau hasil ulangan kita ternyata dibawah target maka evaluasi diri. Jangan-jangan jadwalnya belum dibuat atau belum terlaksana dengan baik. Kalau angkanya jauh banget dari target saran aku turunin target kita. Realistislah!

8. Mencoba

Di pelajaran Biologi itu bukan cama ada materi, tapi ada juga praktikumnya. Nah usahain pas praktikum itu kita mengerti betul tentang apa yang kita kerjakan.

Jangan lupa pahami materi yang berkaitan dengan praktikum sebelum melakukannya.

Kalau memungkinkan, kita juga bisa melakukan praktikum ulang, atau praktiku baru sendiri di rumah atau barang teme-temen.

Dengan praktikum materi akan jauh lebih diingat dan dimengerti.

9. Mengajarkan

Rugi dong kalau aku ngajarin temen, nanti kalau dia dapat nilai lebih bagus kita yang sakit hati.
Nah pikirian kayak gini yang salah!

Aku nih yah, dulu pas awal-awal ngajar ada aja materi yang aku lupa. Tapi setelah bertahun-tahun ngajar alhamdulillah enggak. Jadi sebenernya pas kita ngajarin temen, adik atau siapapaun itu kita juga lagi belajar.

Proses mengajarkan ini ternyata adalah metode paling efektif untuk menguatkan ilmu kita.

Kalau temen yang kita ajarin nilainya lebih bagus gimana? Ya engak apa-apa, kita dapat pahala.

Lagian kita kan belajar bukan untuk nilai tapi untuk supaya nanti kita bisa menjadi bermanfaat bagi yang lainnya.

Inget, sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat. Bukan yang paling besar nilai biologinya, hehe..

10. Membuat Produk

Kalau ada lomba membuat project atau produk tertentu coba deh ikutan. Ajakin geng kita buat ikutan juga (biasanya per kelompok).

Selain mengasah skill kerjasama dan komunikasi (Ssst.. dua skil ini penting banget loh di dunia kerja dan di masyarakat. Pasti kepake!), membuat produk juga adalah tingkat berpikir yang paling tinggi.

Jadi jangan sombong kalau baru dapat nilai 100, kalau udah bisa bikin produk yang bermanfaat baru deh boleh sombong.

Eh tapi kalau bisa jangan sombong juga deh, tetep rendah hati yah guys hehe..

Oke aku rasa cukup buat share hari ini tentang tips belajar biologi supaya lebih mudah dan lebih efektif.

Semoga temen-temen bisa menguasai ilmu biologi dengan lebih mudah, efektif dan ilmunya juga bermanfaat. Amiin.

Kalau ada yang mau ditanyakan boleh ditulis di kolom komentar. Nanti aku usahain langsung jawab.
Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye!

Belum ada Komentar untuk "10 Tips Belajar Biologi Supaya Lebih Mudah dan Efektif"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel