Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Distribusi Alga

alga di air
Alga atau Ganggang dapat hidup di air atau daerah yang lembab. Ganggang air ditemukan hampir di seluruh tempat dari sumber air sampai danau, dengan toleransi untuk berbagai pH, suhu, kekeruhan, dan O2 dan konsentrasi CO2.

Alga bisa planktonik, seperti spesies yang paling uniseluler, hidup yang ditangguhkan seluruh menyala daerah semua badan air termasuk di bawah es di daerah kutub. Mereka bisa juga bentik, terlampir ke bawah atau tinggal dalam sedimen, terbatas pada daerah dangkal karena redaman yang cepat cahaya dengan mendalam. Benthic algae dapat tumbuh menempel di batu (epilithic), di atas lumpur atau pasir (epipelic), pada ganggang atau tanaman (epifit) lainnya, atau pada hewan (epizoic). Dalam kasus ganggang laut,  berbagai istilah dapat digunakan untuk menggambarkan kebiasaan pertumbuhan mereka, seperti supralitoral, ketika ereka tumbuh di atas tingkat tinggi pasang surut, dalam jangkauan gelombang dan semprot, intertidal, ketika mereka tumbuh di pantai terkena siklus pasang surut: atau sublittoral, ketika mereka tumbuh dalam lingkungan bentik dari ekstrim tingkat air rendah menjadi sekitar 200 m dalam, dalam kasus air yang sangat jernih.

Samudra meliputi sekitar 71% permukaan bumi mengandung lebih dari 5000 spesies planktonik ganggang mikroskopis, fitoplankton, yang membentuk dasar dari rantai makanan laut dan menghasilkan sekitar 50% oksigen yang kita hirup. Namun, fitoplankton tidak hanya menyebabkan kehidupan tetapi juga penyebab kematian kadang-kadang. Ketika populasi menjadi terlalu besar dalam menanggapi pencemaran dengan nutrisi seperti nitrogen dan fosfat, mekar ini dapat mengurangi transparansi air, menyebabkan kematian organisme fotosintesis lainnya. Mereka sering bertanggung jawab untuk ikan besar dan burung kills, memproduksi racun dan racun. Beriklim lingkungan laut pelagis juga ranah ganggang raksasa, kelp. Ganggang ini memiliki thalli hingga 60 m panjang, dan masyarakat bisa begitu ramai yang membentuk hutan terendam nyata; mereka tidak terbatas pada beriklim perairan, karena mereka juga membentuk belukar lebat di bawah lapisan es kutub dan dapat bertahan dengan harga yang sangat rendah mendalam. Kedalaman rekor ganggang dipegang oleh ganggang merah ungu tua dikumpulkan pada kedalaman 268 m, di mana cahaya redup berwarna biru-hijau dan intensitasnya hanya 0,0005% cahaya permukaan. pada kedalaman bagian merah dari spektrum sinar matahari disaring dari air dan tenaga yang cukup tidak tersedia untuk fotosintesis. Ganggang ini bisa bertahan di laut biru tua karena mereka memiliki aksesori pigmen yang menyerap cahaya dalam daerah spektral yang berbeda dari orang-orang dari hijau klorofil a dan b dan saluran diserap ini energi cahaya untuk klorofil a, yang merupakan satu-satunya molekul yang mengubah energi sinar matahari menjadi energi kimia. Untuk alasan ini hijau klorofil mereka bertopeng dan mereka terlihat ungu gelap. Sebaliknya, ganggang yang hidup dalam habitat radiasi tinggi biasanya memiliki pigmen yang melindungi mereka terhadap photodamages disebabkan oleh oksigen singlet.

Sejumlah besar ganggang subaerial telah beradaptasi dengan kehidupan di darat. Mereka dapat terjadi di mengejutkan tempat-tempat seperti batang pohon, bulu binatang, bank salju, air panas, atau bahkan tertanam dalam gurun batu. Kegiatan ganggang tanah diperkirakan untuk mengubah batu menjadi tanah untuk meminimalkan tanah erosi dan meningkatkan retensi air dan ketersediaan unsur hara bagi tanaman yang tumbuh di dekatnya.

Alga juga membentuk kemitraan yang saling menguntungkan dengan organisme lain. Mereka hidup dengan jamur untuk bentuk lumut atau di dalam sel karang pembentuk terumbu, dalam kedua kasus menyediakan oksigen dan kompleks nutrisi untuk pasangan mereka dan sebagai imbalannya menerima perlindungan dan nutrisi sederhana. pengaturan ini memungkinkan kedua pasangan untuk bertahan hidup dalam kondisi yang mereka tidak bisa bertahan sendirian.
Tag : alga
0 Komentar untuk "Distribusi Alga"
Back To Top -->