Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Cara membuat herbarium

Herbarium
Herbarium
Herbarium adalah sampel atau contoh tumbuhan yang dikeringkan. Herbarium ini biasanya digunakan untuk mengenal dan mengidentifikasi jenis-jenis tumbuhan. Untuk tumbuhan besar, biasanya hanya bagian tertentu saja yang dijadikan herbarium, seperti bagian daun, bunga atau akar. Tapi untuk tumbuhan kecil kita bisa membuat seluruh bagian tumbuhan menjadi herbarium, contohnya pada gambar diatas.




Biasanya di pelajaran Biologi kita akan diajari untuk membuat herbarium, bahkan bagi mahasiswa Biologi tentu membuat herbarium bukan lagi hal yang asing. Lalu bagaimana cara membuat herbarium? Artikel dibawah ini akan menjelaskan kepada anda cara membuat herbarium yang sederhana. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Cara membuat herbarium adalah sebagai berikut:


1.    Kumpulkanlah bagian-bagian tumbuhan secara lengkap seperti bagian akar, batang, daun dan bunga. Untuk tumbuhan keciil bisa diambil seluruh bagiannya. Namun, untuk tmbuhan besar cukup ambil sebagian, bisa ranting, daun dan jika ada bunganya.

2.    Semprotkan alkohol 70% untuk mencegah pembusukan oleh bakteri dan jamur

3.    Sediakan beberapa kertas (kertas koran atau kertas bekas) dengan ukurannya yang disesuaikan dengan ukuran tumbuhan.

4.    Atur dan letakkan bagian tumbuhan di atas koran. Daun menghadap ke atas dan sebagian menghadap ke bawah terhadap kertas. Supaya posisinya tidak berubah dapat dibantu dengan mengikat tangkai atau ranting dengan benang yang dijahitkan ke kertas membentuk ikatan.

5.    Tutup spesimen dengan kertas agar lebih cepat kering dan terhindar dari kotoran debu.

6.    Kemudian jepit kuat-kuat dengan kayu atau bambu, ikat dengan tali.

7.    Simpan selama 1-2 minggu di tempat kering dan tidak lembap.

Catatan:
  • Jika kondisi lingkungan udaranya lembap, spesimen dijemur dibawah terik matahari atau di dekat api.
  • Secara berkala, gantilah kertas yang lembap atau basah dengan yang kering beberapa kali. Kertas yang lembap dapat dijemur dengan digunakan berulang kali
  • Jangan menjemur spesimen dengan membuka kertas yang menutupinya. Menjemur spesimen tidak boleh terlalu lama sebab proses pengeringan yang terlalu cepat hasilnya kurang baik

9.    Jika telah kering, ambil spesimen tumbuhan dan tempelkan diatas kertas karton. Caranya harus pelan dan hati—hati. Bagian-bagian tertentu dapat diisolasi agar melekat pada kertas herbarium.

10.    Buatlah tabel yang memuat: nama kolektor; nomor koleksi (jika banyak), suku (famili) spesimen dan cataatan khusus tentang bunga, buah atau ciri lainnya.
Tag : tumbuhan
0 Komentar untuk "Cara membuat herbarium"
Back To Top -->