Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Manfaat Ilmu Biologi



Biologi adalah ilmu tentang makhluk dan lingkungannya. Maka manfaat ilmu biologi sangat berkaitan dengan makhluk hidup terutama kita sebagai manusia dan lingkungan tempat dimana kita hidup. Adapun pada artikel ini saya membagi manfaat biologi menjadi dua yaitu manfaat biologi bagi manusia dan lingkungan.

Manfaat Biologi Bagi Manusia

Manfaat biologi bagi manusia terdiri dari industri makanan, kesehatan, pertanian dan kehutanan.

Manfaat Biologi di Bidang industri makanan

Apakah kamu sering memakan tempe? Tempe  adalah salah satu hasil dari proses fermentasi, dalam proses itu melibatkan jamur yang merupakan salah satu bidang kajian dalam ilmu biologi. Produk lain seperti kecap, roti, oncom, alkohol, nata decoco dan kombucha adalah contoh lain dari hasil fermenasi oleh jamur maupun bakteri.

Manfaat Biologi di Bidang kesehatan

Jika kamu sakit kemudian kamu berobat dan diberi obat oleh dokter. Salah satu dari obat tersebut pasti ada yang namanya anti biotik. Ya, anti biotik merupakan obat yang berefungsi untuk membunuh bakteri jahat yang ada dalam tubuh kita yang sedang sakit. Anti biotik ini dihasilkan dari jamur.
Selian itu banyak sekali peran Biologi dalam bidang kesehatan. Sebut saja sistem pencernaan dan sistem peredaran darah yang dipelajari di biologi, kedua sistem tersebut harus betul-betul dipahami oleh dokter untuk mengetahui tindakan apa yang harus diberikan kepada pasien yang memiliki penyakit pada dua sistem tersebut.

Manfaat Biologi Bagi Lingkungan

Manfaat biologi bagi manusia terdiri dari penghijauan, pertanian, konservasi dan proses pengolahan limbah.

Manfaat Biologi untuk Penghijauan

Penghijauan merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh manusia untuk membuat lahan yang ditumbuhi banyak pepohonan. Dengan adanya penghijauan ini diharapkan dapat meminimalisir pemanasan global. Penghijauan yang terkenal dengan slogan ‘go green’ini membutuhkan ilmu biologi dalam melakukan prosesnya. Seperti jenis tumbuhan yang cocok untuk ditanam di daerah tertentu.

Manfaat Biologi untuk Pertanian

Akhir-akhir ini penggunaan pupuk kimia mulai dijauhi dan penggunaan pupuk kompos mulai banyak digunakan oleh para petani. Proses pembuatan pupuk kompos melibatkan mikroorganisme untuk melakukan fermentasi. Proses fermentasi dan mikroorganisme inilah yang dipelajari dalam ilmu biologi.

Manfaat Biologi  untuk konservasi

Konservasi adalah suatu usaha untuk untuk melestarikan makhluk hidup dan lingkungannya. Banyak hal yang dapat dibantu oleh ilmu biologi dalam konservasi. Mulai dari karakteristik hewan, cara perkembang biakannya dan tempat hidupnya. Semua dibahas di Biologi.

Manfaat Biologi di untuk Proses pengolahan limbah

Tidak bisa dipungkiri, setiap industri pasti menghasilkan limbah. Untuk mengolah limbah ini memang lebih utamanya mengguanakan ilmu Kimia, namun ilmu Biologi juga dibutuhkan untuk melihat pengaruh suatu limbah terhadapa makhluk hidup di sekitarnya dan ekosistemnya.

Sebenarnya masih banyak manfaat lain yang dapat kita petik dari mempelajari ilmu biologi. Namun terlalu banyak jika ditulis dengan disini. 

Sekian tentang manfaat ilmu biologi. Terimakasih.
0 Komentar untuk "Manfaat Ilmu Biologi"
Back To Top -->