Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Cabang-cabang Ilmu Biologi

Cabang-cabang Ilmu Biologi
Cabang Biologi
Halo, apa kabar sobat Biologi semuanya? Semoga para sobat biologi senantiasa sehat dan tetap semangat belajar biologi, amin. Pada kesempatan ini saya akan membuat sebuah artikel tentang cabang-cabang dari ilmu Biologi. Sebelumnya ada yang bisa menyebutkan apa saja contoh cabang biologi yang sudah sobat biologi tahu?

Cabang-cabang ilmu Biologi sebenarnya sangat banyak sekali, namun pada artikel ini saya hanya akan membahas beberapa saja. Saya hanya akan membahas beberapa cabang ilmu biologi yang pernah saya pelajari ketika keliah dulu di jurusan pendidikan biologi. Berikut adalah beberapa cabang ilmu biologi yang pernah saya pelajari:

Genetika
Genetika adalah ilmu yang membahas tentang pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya. Didalamnya dibahas mengenai gen, kromos, hukum Mendel, fenotipe, genotipe, alel dan hal lain yang berkaitan dengan pewarisan sifat. Genetika adalah salah satu mata kuliah favorit saya ketika kuliah dulu. Kenapa? Karena di mata kuliah ini kita lebih sering menggunakan logika dibandingkan menghapal, ya meskipun ada beberapa istilah dan rasio yang harus kita hafal.

Morfologi
Morfologi adalah ilmu tentang bentuk tubuh bagian luar makhluk hidup. Biasanya ilmu morfologi sudah lebih spesifik, misalnya morfologi tumbuhan, morfologi hewan, morfologi jamur dan lain-lain.

Anatomi
Jika morfologi mempelajari tentang bentuk luar maka Anatomi mempelajari tentang organ-organ dalam, fungisny dan reaksi yang terjadi di dalamnya. Sama seperti morfologi, biasa Anatomi juga sudah lebih spesifik. Misalnya anatomi manusia, anatomi hewan dan anatomi tumbuhan.

Taksonomi
Taksonomi adalah ilmu tentang pengelompokkan makhluk hidup. Bisa dibayangkan kalau tidak ada taksonomi maka kita akan kebingungan untuk mempelajari makhluk yang jenisnya sangat banyak. Dalam taksonomi inliah kita mengenal kingdom, divisi, family, spesies dan varietas.

Mikologi
Mikologi adalah ilmu tentang jamur. Segala hal tentang jamur dipelajari dalam mikologi, mulai dari jenis-jenisnya hingga manfaatnya dalam kehidupan manusia. JIka kita mempelajari mikologi, maka kita akan tahu bahwa fungi atau jamur tidak hanya bisa dimakan dan menjadi sumber penyakit saja, tapi ternyata fungi atau jamur juga bisa dimanfaat untuk hal lain seperti bioremediasi dan pupuk hayati.

Demikian saya rasa cukup untuk cabang-cabang ilmu Biologi yang bisa saya tulis, semoga bermanfaat dan terus semangat belajar. Terimkasih.
0 Komentar untuk "Cabang-cabang Ilmu Biologi"
Back To Top -->