Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Pertumbuhan adalah roses pertambahan volume yang irreversiblen (tidak dapat balik) karena adanya pembelahan mitosis atau pembesaran sel; dapat pula disebabkan oleh keduanya. Pertumbuhan dapat diukur dan dinyatakan secara kuantitatif, contohnya pertumbuhan batang tanaman dapat diukur dengan busur pertumbuhan atau auksanometer.
Pertumbuhan

Perkembangan adalah terspesialisasinya sel-sel menjadi struktur dan fungsi tertentu. Perkembangan tidak dapat dinyatakan dengan ukuran, tetapi dapat dinyatakan dengan perubahan bentuk dan tingkat kedewasaan.

Perkembangan awal suatu tumbuhan secara garis besar melalui tiga tahap, yaitu pembelahan sel, morfogenesis, dan diferensiasi seluler.

Pembelahan sel 

Zigot didalam biji tumbuhan mengalami pembelahan sel mitosis membentuk jaringan embrional.

Morfogenesis n (perkembangan bentuk)

Embrio yang terbentuk didalam biji memiliki kotiledon dan akar serta tunas rudimenter. Sesudah biji berkecambah, akar dan tunas rudimenter tersebut akan berkembang membentuk sistem akar dan tunas tumbuhan. Proses ini dinamakan morfogenesis.

Diferensiasi seluler 

Jaringan embrional terus berkembang menjadi struktur dengan fungsi khusus yang akan dimiliki pada saat dewasa. Pada tahap ini, gen menentukan sifat tumbuhan. Sel-sel yang terdiferensi akan membentuk jaringan. Proses pembentukan jaringan permanen pada tumbuhan (epidermis,korteks, dan stele) yang berasal dari jaringan embrional disebut spesialisasi.

Demikian posting hari ini mengenai pertumbuhan dan perkembangan, semoga bermanfaat bagi kita yang sedang belajar biologi.
0 Komentar untuk "PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN"
Back To Top -->