Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN

Tumbuahan bertambah tinggi dan besar disebabkan oleh dua hal berikut ini:

Pertambahan jumlah sel

Pertambahan jumlah sel sebagai hasil pembelahan mitosis pada meristem ( titik tumbuh ) di titik tumbuh primer dan sekunder.

Diferensiasi Sel

Pertambahan komponen-komponen selurer dan adanya diferensiasi sel. Misalnya penyerapan air kedalam vakuola yang menyebabkan sel membesar serta terbentuknya jaringan, organ, dan individu melalui proses diferensiasi sel dan spesialisasi.

Berkecambah 

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan biji dimulai dengan perkecambah adalah munculnya platula ( tanaman kecil dari dalam biji ). Untuk mengetahui struktur biji.

Proses perkecambah 

Perkecambah melibatkan proses fisika maupun kimiawi.

Proses fisika 
Proses fisika terjadi ketika biji menyerap air (imbibis) akibat dari potensi air rendah pada biji yang kering.

Proses kimia
Dengan masuknya air, biji mengembang dan kulit biji akan pecah. Air yang masuk mengaktifkan embrio untuk melepas hormon giberelin (GA). Hormon ini mendorong aleuron (lapisan tipis bagi luar endosperma) untuk mensintesis dan mengeluarkan enzim.

Enzim bekerja dengan menghidrolisis cadang makanan yang terdapat dalam kotiledon dan endosperma. Proses ini menghasilkan molekul kecil yang larut dalam air, misalnya enzim amilase menghidrolisis pati dalam endosperma menjadi gula. Selanjutnya, gula dan zat-zat uncuil pertanyaan,lainnya diserap dari endosperma oleh kotiledon selama pertumbuhan embrio menjadi bibit tanaman (Purves et al. 2004). 

Demikian posting blog biologi hari ini mengenai pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN "
Back To Top -->