Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

ORGAN REPRODUKSI

Alat Reproduksi Manusia

Alat reproduksi pada manusia berupa alat kelamin pada laki - laki dan alat kelamin pada wanita. 

Alat kelamin laki-laki

Alat kelamin laki - laki dibedakan menjadi alat kelamin luar dan alat kelamin dalam.
a. Alat kelamin luar berupa penis yang fungsinya sebagai alat kopulasi (persetubuhan).
b. Alat kelamin dalam terdiri dari bagian - bagian sebagai berikut:

Testis

Testis merupakan tempat pembentukan sel kelamin jantan (spermatozoa) dan hormone kelamin (testosteron). Pada testis terdapat pembuluh - pembuluh halus yang disebut tubulus seminiferous.

Saluran reproduksi

Saluran reproduksi terdiri dari duktus epididimis yaitu tempat pematangan sperma lebih lanjut dan tempat penyimpanan sperma sementara. Selanjutnya, terdapat vasa deferensia yang merupakan suatu saluranuntuk mengangkut sperma ke vesika seminalis (kantong sperma). 

Kelenjar kelamin

Kelenjar - kelenjar ini antara lain: vesikula seminalis, kelenjar prostat, dan kelenjar bulbouretral  (cowper).
Vesikula seminalis, berjumlah sepasang dan terletak di atas dan bawah kantong kemih. Vesikula seminalis menghasilkan 60% dari volum total semen. Cairan dari vesikula seminalis berwarna jernih, kental, berlendir, mengandung asam amino dan fruktosa. Cairan ini berfungsi untuk memberi makan sperma.
  • Kelenjar prostat, berukuran lebih besar disbanding dua kelenjar lainnya. Cairan yang dihasilkan encer seperti susu dan bersifat alkalis (basa) sehingga bisa menyeimbangkan keasaman residu urin di uretra dan keasaman vagina.
  • Kelenjar bulbouretral (couver), kelenjar ini kecil, berjumlah sepasang, dan terletak disepanjang uretra. Cairan kelenjar ini kental dan disekresikan sebelum penis mengeluarkan sperma dan semen.


Alat kelamin wanita

Alat kelamin wanita dibedakan menjadi alat kelamin luar dan alat kelamin dalam.

a. Alat kelamin luar terdiri atas bagian - bagian sebagai berikut :
  • Labia mayor (bibir luar pagina yang tebal) berlapiskan lemak.
  • Mons veneris, pertemuan antara kedua bibirvagina dengan bagian atas yang tampak membukit.
  • Labia minor (bibir kecil), yaitu sepasang lipatan kulit yang halus dan tipis, tidak dilapisi lemak.
  • Klitoris, tonjolan kecil disebut juga kelentit.
  • Orificum urethrae (muara saluran kencing), tepat dibawah klitoris.
  • Himen (selaput dara), berlokasi dibawah saluran kencing yang mengelilingi lubang vagina.


b. Alat kelamin dalam terdiri atas bagian - bagian sebagai berikut :
  • Indung telur (ovarium), berjumlah sepasang dan terletak di rongga perut, yaitu di daerah pinggir kiri dan kanan. Ovarium diselubungi oleh kapsul pelindung dan mengandung beberapa folikel yang berfungsi menyediakan makanan dan melindungi perkembangan sel.
  • Oviduk (tuba fallopi), berjumlah sepasang saluran oviduk menghubungkan ovarium dengan rahim (uterus).
  • Uterus (rahim), pada manusia rahim hanya satu ruang dan berotot serta tebal. Pada wanita yang belum pernah melahirkan, ukuran rahim biasanya pangjangnya 7 cm dan lebarnya 4 - 5 cm. Rahim bawah mengecil dan dinamakan leher rahim (serviks uteri) sedangkan bagian yang besar disebut badan rahim (korpus utteri). Rahim tersusun atas tiga lapisan, yaitu perimetrium, miometrium, dan endometrium. Uterus atau rahim merupakan ruang untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.
  • Vagina, ialah sebuah tabung berlapiskan otot yang membujur kearah belakang dan atas. Dinding vagina lebih tipis daripada rahim dan banyak memiliki lipatan. Hal ini untuk mempermudah jalan kelahiran bayi. Vagina juga memiliki lender yang dihasilkan oleh dinding vagina dan kelenjar bartholin (Marieb dan Mallatta 2011). Lihat gambar 2 dan 3.
0 Komentar untuk "ORGAN REPRODUKSI"
Back To Top -->