Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

KANKER

Kanker merupakan jaringan yang tumbuh tak terkendali akibat adanya faktor pencetus yang menggangu kegiatan metabolisme. Kanker awal ini disebut tumor primer. Sel-sel kanker tidak pernah memperoleh struktur normal dan fungsi khas sesuai jaringan tempat mereka tumbuh. 
KANKER

Penyebab Kanker 

Kanker dapat timbul karena faktor genetika atau karena karsinogen.

a. Faktor genetik 

Sel kanker merupakan sifat yang di wariskan secara tetap. Sel kanker diwariskan ke generasi berikutnya pada setiap mitosis seperti sifat lain yang di kontrolkan secara genetik. Contohnya pada kanker kulit yang disebut seroderma pigmentosum, penyinaran dengan sinar ultra violet merusak DNA sehingga kanker kulit berkembang terutama pada bagian tubuh yang terpapar sinar matahari.

b. Karsinogen

Dalam suatu uji coba, bahan kimia karsinogen yang dicampur dalam pakan untuk hewan percobaan ternyata mengakibatkan timbulnya tumor pada hewan percobaan tersebut. 

Ada dua faktor utama yang terlibat, yaitu sebagai berikut.
1) Sel-sel mengalami perubahan secara akumulatif yang disebabkan oleh adanya karsinogen.
2) Sel-sel yang telah tua kurang mampu memperbaiki kerusakan generis.

Resistensi bawaan 

Manusia mempunyai resistensi bawaan terhadap berbagai faktor yang menyebabkan kanker. Sistem pertahanan alamiah ini disebabkan oleh suatu protein, yaitu interferon. Sel-sel manusia memproduksi tiga jenis interferon sesuai dengan jenis sel yang memproduksinya, yaitu:

1) Interferon fibroblast
2) Interferon leukosit
3) Interferon sel-sel T

Oke, cukup sekian posting hari ini semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk berkunjung kembali ke blog biologi ini.

0 Komentar untuk "KANKER "
Back To Top -->