Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

JARINGAN HEWAN

Tubuh tumbuhan maupun hewan tersusun atas sel dan jaringan yang rumit. Sel dan jaringan tersebut memiliki fungsi dan bentuk yang beraneka ragam. 

STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN HEWAN


Sel, jaringan, atau potongan tubuh tumbuhan dapat ditumbuhkan menjadi individu yang lengkap. Jaringan tersusun oleh sel-sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan penyusun tubuh hewan ada empat macam, yaitu :

Jaringan Epitelium 

Jaringan Epitel Hewan
Jaringan epitelium adalah jaringan pembatas dan pelapis yang menyelubungi atau melapisi permukaan organ, rongga, dan saluran, baik di luar maupun di dalam tubuh. Jaringann epitelium yang melapisi lapisan luar tubuh disebut epidermis; jaringan epitelium yang membatasi orga dalam disebut endothelium; jaringan epitelium yang membatasi rongga adalah mesotelium

Jaringan Ikat

Jaringann ikat berkembang dari mesenkim. Mesenkim berasal dari mesoderm, yaitu lapisan tengah embrio. Jaringan ikat sering disebut juga jaringan penyokong atau penyambung. Letak sel-sel jaringan ikat tidak berimpitan rapat, tetapi tersebar.  

Jaringan Otot 

Sel otot disebut juga seraat-serat otot. Serat otot mengandung filament (benang) aktin dan miosin yang merupakan protein kontraktil sehingga memungkinkan otot memendek dan memanjang. Otot berfungsi sebagai alat gerak aktif. 

Jaringan Saraf 

Jaringan saraf terdiri atas sel-sel saraf (neuron) yang mempunyai ciri khusus, yaitu mempunyai penjuluran sitoplasma yang panajng. Sel saraf terletak menyebar di seluruh tubuh. Sel saraf yang terdapat pada sistem saraf pusat, selain disusun oleh neuron, juga disusun oleh sel nueroglia.

Demikian posting hari ini mengenai jaringan hewan, semoga bermanfaat. Salam Biologi.
0 Komentar untuk "JARINGAN HEWAN"
Back To Top