Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

MOLLUSCA

ssiput contoh mollusca

Mollusca berasal dari kata mollis  yang berarti lunak. Ciri-ciri umum Mollusca yaitu bertbuh lunak, tidak beruas-ruas dan tubuhnya di tutupi oleh cangkang yang terbuat dari kalsium karbonat. Tubuhnya simetri bilateral, antara tubuh dan cangkang terdapat bungkus yang disebut mantel. Reproduksi terjadi secara seksual dengan fertilisasi internal.

Mollusca terbagi kedalam 5 kelas, yaitu Polyplacophora, Scapopoda, Gastropoda, Cephalopoda, dan Pelecypoda.

Polyplacophora

Bentuk tubuhnya bulat telur, pipih dan simetris bilateral, multnya tidak berkembang baik dan terletak di bagian kepala (anterior) sedangkan anus terletak di posterior. Hewan ini tidak memiliki tentakel dan mata.  Saluran mantel terdapt di tepi tubuh. Kakinya pipih dan biasanya memiliki lidah parut (radula). Contoh yang terkenal dari kelas ini adalah Chiton sp.

Scapopoda

Hewan dari kelas ini umumnya bercangkang seperti kerucut atau tanduk. Kedua ujung cangkang berlubang, kaki terdapat di daerah mulut. Tubuhnay diselubungi mantel. Contohnya adalah Dentalium vulgare.

Gastropoda

Anggota kelas ini hidup di laut, air tawar atau daratan yang lembab. Umunya hewan ini bersifat herbivore. Misalnya Achantina fulica. Tubuh gastropoda terdii atas kepala, leher, kaki dan alat-alat dalam (viseral) pada kepala terdapat sepasang tentakel pendek sebagai alat pembau dan sepasang tentakel panjang sebagai penglihat. Cangkang tertutup oleh epifragma.

Cephalopoda

Cephalopoda berasal dari kata cephalo yang berarti kepala dan podos yang berarti kaki. Kelas ini meliputi cumi-cumi, gurita dan nautilus. Tubuhnya berbentuk sekoci atau gelendong, dan kulit tubuhnya dapat berubah warna karena adanay kromatofora. Kelas cephalopoda di bagi kedalam 2 kelas yaitu Tetrabranchiata dan Dibranchiata.

  • Kelas Tetrabranchiata memiliki cangkang luar dari kapur dan memiliki bebrapa lengan, mempunya dua pasang insang dan dua pasang nefridium tetapi tidak mempunyai kromatofora dan kantong tinta. Contohnya adala Nautilus pompilus.
  • Kelas Dibranchiata mempunya kantong tinta, sepasang insang, sepasang nefridia dan kromatofora. Kelas Dibranchiata dibagi menjadi 2 sub ordo yaitu Decapoda dan octopoda.


Pelecypoda

Pelecypoda dalam bahasa Indonesia disebut tiram atau kerang. Jiak cangkangnya berjumlah dua dan dapat di katupkan disebut bivalvia. Tiram yang berhabitat di laut contohnya Venus mercenaria, sedangkan di air tawar misalnya Anadonta, Tetrabatulin atau Lampsilis. Struktur tubuh Pelecypoda dibagi menjadi 3 bagian yaitu periostrakum, prismatic dan nakreas.
  • Periostrakum adalah lapisan tipis dari zat tanduk yang dihasilkan oleh tepi mantel dan merupakan lapisan terluar.
  • Prismatik merupakan lapisan tengah yang terdiri dari Kristal-kristal kalsium karbonat dari materi organik yang dihasilkan oleh tepi mantel.
  • Nakreas merupakan lapisan mutiara yang dihasilkan oelh seluruh permukaan mantel.
Demikian posting biologi kali ini megnenai mollusca. Semoga bermanfaat.
Tag : SMA kelas X
0 Komentar untuk "MOLLUSCA"
Back To Top -->