Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

KINGDOM PLANTAE (DUNIA TUMBUHAN)

kloroplas hanya ada pada tumbuhan

Setelah mempelajari materi biologi pada pembahasan kingdom plantae, siswa diharapkan dapat mendeskripsikan ciri-ciri divisi dalam kingdom plantae dan peranannya bagi kelangsungan hidup manusia. 

Kingdom plantae (Dunia Tumbuhan) meliputi organisme multiseluler yang sel-selnya telah terdiferensiasi, bersifat eukariotik dan memiliki dinding sel yang tersusun atas selulosa. Hampir seluruh anggota tumbuhan memiliki klorofil untuk melakukan fotosintesis, sehingga bersifat autotrof atau dapat membuat makanannya sendiri. Kebanyakan sel tumbuhan memiliki organ reproduksi multiseluler, yang disebut gametangium.

Pengelompokan tumbuhan dibagi menjadi tiga

1. Tumbuhan tidak berpembuluh yaitu lumut
2. Tumbuhan berpembuluh yaitu paku
3. Tumbuhan berbiji

Tumbuhan juga mengalami metagenesis yang jelas dalam siklus hidupnya. Dalam pergiliran keturunan ini, tumbuhan menghabiskan sebagian hidupnya dalam fase haploid dan sebagian lagi diploid.

Fase pergiliran keturunannya tumbuhan


Fertilisasi sel telur oleh sperma ->  zigot  ->    embrio  ->   tumbuhan  ->    Sporofit   ->    Dewasa  ->       sel sporogenik   ->     meiosis   ->    spora

Demikian untuk hari ini pembahasan tentang kingdom plantae (dunia tumbuhan), semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.
Tag : tumbuhan
0 Komentar untuk "KINGDOM PLANTAE (DUNIA TUMBUHAN)"
Back To Top -->