Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

CNIDARIA

ubur-ubur contoh cnidaria

Dinamakan Cnidaria karena memiliki sel knidoblast/knidosit yang berisi organel-organel sengat. Fillum inimencakup ±10.000 spesies yang sebagian besar hidup di laut. Ada yang hidup soliter seperti hewan karang, dan ada juga yang hidup berkoloni. Hewan ini memiliki simetri radial dan termasuk hewan selomata juga.Yaitu hewan yang mempunyai rongga tubuh yang berisi cairan dan mempunyai batas yang berasal dari jaringan mesoderma.

Hydrozoa

Sebagian besar Hydrozoa hidup di laut dan berkoloni.

Hydra

Hydra banyak ditemukan di perairan tawar, hidupnya soliter (hidupsendiri-sendiri). Umumnya Hydra menggantungkan tubuhnya pada  tumbuhan air atau batu dengan menempelkan pangkal tubuhnya yang berbentuk cakram.

StrukturTubuh Hydra

Ukuran tubuhnya mulai dari millimeter hingga sentimeter atau lebih. Tentakel Hydra dilengkapi dengan sel knidosit yang mengandung nematosista. Yaitu seperti sengat yang mengeluarkanracun (neurotoksin) berfungsi untuk melumpuhkan mangsanya dengan caraditusukkan ke tubuh mangsa.

Scyphozoa

Berasal dari kata skyphos = tutup, dan zoon = hewan, contohnya Aurelia aurita.

Ciri-ciri Umum

Bentuk tubuh menyerupai mangkuk yang transparan dan berukuran besar. Ukuran medusa Scyphozoa> medusa Hydrozoa.Tiap tentakel ditutupi oleh knidosit yang mampu membunuh hewan lain, namun beberapa ada yang tidak memiliki.

Pergiliran Keturunan

Metagenesisnya yaitu perkembangbiakan seksual yang di ikuti oleh perkembang biakan dalam satu generasi. Reproduksi aseksualnya dengan membentuk kuncup di sisi samping tubuh, seperti Hydra.

Anthozoa

Berasal dari bahasa Yunani, anthos = bunga, dan Zoon = hewan, yang berarti hewan yang bentuknya seperti bunga atau hewan bunga, contohnya anemone laut serta hewan-hewan karang. Hidup sebagai polip, contoh anemone laut adalah Metridium.

Struktur Tubuh Anthozoa

Bentuk tubuh silinder pendek. Salah satu ujungnya terdapat mulut berupa celah.

Demikian posting biologi hari ini mengenai cnidaria, semoga bermanfaat.

Tag : SMA kelas X
0 Komentar untuk "CNIDARIA"
Back To Top -->