Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Teori Biogenesis

Biogenesis

Apa itu teori Biogenesis?


Pada tahun sebelum masehi ilmu pengetahuan belum berkembang dan manusia masih bertanya-tanya tentang asal usul kehidupan. Kehidupanpun masih menjadi misteri yang belum terungkap oleh para ilmuan. Pada masa tersebut peran kepercayaanlah yang menjelaskan tentang asal usul kehidupan dan berkembanglah sebuah teori penciptaan yaitu dunia beserta isinya diciptakan oleh Tuhan yang maha Esa. Teori penciptaan ini kurang ditunjang oleh bukti-bukti yang kuat dan logis (Surjono, 2007: 1.2).

Dahulu orang beranggapan bahwa makhluk hidup dapat muncul secara tiba-tiba. Bahkan Jan Baptist Van Helmont memberikan resep khusus untuk membuat tikus dengan menempatkan bituran gandum yang ditutupi dengan kain usang pada pojok kamar dalam waktu 21 hari karena akan terbentuk tikus. Seperti halnya angsa dapat berasal dari pucuk tumbuhan yang terbenam dalam kolam. Konsep tersebut dianut dalam kurun waktu cukup lama bahkan secara tidak sengaja sekarangpun masih di anut. Sebagai contoh lagi misalnya ikan dan katak berasal dari lumpur dan belatung berasal dari daging yang membusuk. Teori tersebut dikenal dengan Generatio Spontanea (Anonim, 2010: 1).

Pada masa sekarang ini perkembangan ilmu pengetahuan sangat pesat serta manusia lebih peka terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi pada lingkungan, teori Abiogenesis akhirnya runtuh karena teori tersebut tidak terbukti karena tanah yang kita pijak saat ini tidak berubah menjadi cacing, kemudian daging yang berada yang berada di pendingin tidak menghasilkan belatung. Akan tetapi pada masa sekarang ini peristiwa di alam menunjukan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya atau keturunannya seperti proses perkecambahan yang terjadi pada tumbuhan berbiji. Hasil dari proses perkecambahan tersebut adalah individu baru atau tumbuhan berbiji baru yang berasal dari biji tumbuhan sebelumnya (Campbell et al., 2011: 627). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa suatu makhluk hidup berasal dari makhluk hidup lainnya, yang biasa disebut Teori Biogenesis.

Demikian posting biologi hari ini mengenai teori biogenesis, semoga bermanfaat.

Tag : evolusi
0 Komentar untuk "Teori Biogenesis"
Back To Top -->