Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Taksonomi dan Morfologi Tanaman Jambu Biji

buah tanaman jambu biji

Jambu biji yang memiliki bahas ilmiah Psidium guajava L. adalah salah satu contoh tanaman yang sering kita jumpai di alam sekitar kita, pekarangan rumah, sekolah atau dipinggir jalan. Tanaman atau tumbuhan jambu biji ini memiliki rasa yang enak dan memiliki khasiat yang banyak. Oleh karena itu mari kita pelajari lebih lanjut tentang taksonomi dan morfologi tanaman jambu biji.

Taksonomi Tanaman Jambu Biji 

Klasifikasi tanaman jambu biji adalah sebagai berikut: 

Kingdom         : Plantae 
Divisi : Spermatophyta 
Sub divisi : Angiospermae 
Kelas : Dicotyledonae 
Ordo : Myrtales 
Familia         : Myrtaceae 
Genus : Psidium 
Spesies     : Psidium guajava L. 

Morfologi Tanaman Jambu Biji 

Pohon jambu biji banyak ditanam sebagai pohon buah-buahan. Pohon jambu biji sering tumbuh liar dan dapat ditemukan pada ketinggian 1 m sampai 1.200 m dari permukaan laut (Dalimartha, 2001). Batangnya berkayu, keras, kulit batang licin, berwarna coklat kehijauan. Daun tunggal, bertangkai pendek, letak berhadapan, daun muda berambut halus, permukaan atas daun tua licin. 

Helaian  daun berbentuk bulat telur agak jorong, ujung tumpul, pangkal membulat, tepi rat  agak melekuk ke atas, pertulangan menyirip, panjang 6 sampai 12 cm, lebar 3 cm sampai 6 cm. Bunga tunggal, bertangkai, keluar dari ketiak daun, berkumpul 1 sampai 3 bunga, berwarna putih. Buahnya buah buni, berbentuk bulat sampai bulat telur, berwarna hijau sampai hijau kekuningan. Daging buah tebal, buah yang masak bertekstur lunak, berwarna putih kekuningan atau merah jambu. Biji buah banyak mengumpul ditengah, kecil-kecil, keras, berwarna kuning kecoklatan (Dalimartha, 2001).

Demikian posting hari ini mengenai taksonomi dan morfologi tanaman/tumbuhan jambu biji. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan kita lebih peka dan perhatian lagi terhadap lingkungan alam sekitar kita. Salam lestari.

Tag : tumbuhan
0 Komentar untuk "Taksonomi dan Morfologi Tanaman Jambu Biji"
Back To Top -->