Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

LEMBAR KERJA SISWA SISTEM PERNAPASAN KANDUNGAN UDARA PERNAPASAN



TUJUAN

Mengukur besarnya CO2 yang dihasilkan dalam proses respirasi pada manusia

PERMASALAHAN

Bagaimana kandungan CO2 pada pernafasan saat melakukan aktifitas yang berbeda?

PETUNJUK SEDERHANA

Pada saat kita bernapas kita akan menghirup O2 dan mengeluarkan CO2. Hal ini dapat dibuktikan dengan menghembuskan napas kedalam larutan indikator BTB. Indikator BTB yang awalnya biru akan berubah menjadi kuning dan bersifat asam karena adanya CO2 yang beriktan dengan indikator tersebut.

ALAT DAN BAHAN 


Alat

Sedotan
Kantong Plastik (Kapasitas 2Kg)
Gelas Ukur
Pipet tetes
Gelas pengaduk

Bahan

NaOH
Aquades
Indikator  BTB

CARA KERJA

1. Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk praktikum.
2. Ikatlah kantung plastik dengan sedotan dengan erat sehingga tidak terjadi kebocoran
3. Sediakan tiga gelas ukur 100ml, masing-masing diisi dengan 50ml aquades dan tambahkan 10 tetes indikator BTB. Kemudian tambahkan NaOH sampai warnanya berubah menjadi biru dan lakukan hal yang sama pada gelas ukur lainnya dan beri tanda A, B dan C.
4. Dalam keadaan istirahat bernapaslah secara normal, hembuskan napas kedalam kantung plastik, jangan menahan napas. Jika dalam keadaan biasa hembusan napas dikeluarkan pada udara terbuka maka sekarang hembusan napas ditampung dalam kantung plastik hingga penuh.
5. Setelah kantung plastik penuh, tutuplah sedotan tersebut lalu masukan ujung pipa sedotan kedalam gelas ukur A hingga masuk kedalam larutan indikator, lalu keluarkan udara dari kantung plastik.
6. Pada gelas ukur A (yang berubah warna menjadi kuning) beri beberapa tetes larutan NaOH hingga warnanya kembali seperti semula (biru). 
7. Ukurlah berapa ml NaOH yang dipakai dengan cara menampung sejumlah tetesan yang sama banyaknya didalam gelas ukur 10ml.
8. Dalam keadaan aktifitas tinggi (lari-lari) dan terengangah lakukan tahapan nomor 4 sampai 7
9. Menuliskan semua hasil pengamatan ke dalam tabel data pengamatan.

PERTANYAAN PENGARAH

1. Bagaimanakah perbandingan data anda setelah dan sebelum melakukan aktifitas tinggi, wanita dan pria yang berat badannya diatas 50kg dan dibawah 50kg? 
2. Bagaimanakah grafik dari data anda tersebut?
3. Apakah cara ini dapat menghasilkan kesimpulan yang meyakinkan? Jelaskan!

Tag : tumbuhan
0 Komentar untuk "LEMBAR KERJA SISWA SISTEM PERNAPASAN KANDUNGAN UDARA PERNAPASAN"
Back To Top -->