FAKTA TENTANG JAMUR

jamur

Sekelompok besar eukariota, jamur menggabungkan berbagai jenis organisme, seperti cetakan, ragi, jamur, dll Dalam sistem klasifikasi makhluk hidup, jamur ditempatkan dalam kelompok yang berbeda dari bakteri, hewan, dan tumbuhan. Karena mereka tidak memiliki klorofil, jamur tidak dapat melakukan fotosintesis. Berbagai bentuk jamur termasuk jamur karat, jamur api, puffballs, jamur, morels, truffle, ragi, dll Karakteristik 70.000 spesies jamur telah didokumentasikan sampai tanggal. Namun, diperkirakan bahwa jumlah spesies jamur ini bisa menjadi 1,5 juta.

Fakta-fakta tentang Jamur

Karakteristik penting dari jamur yang dibahas di bawah ini. Aspek yang berbeda dari siklus hidup jamur dapat dipahami melalui fakta yang disajikan di bawah ini.

• Jamur tidak memiliki klorofil, dan mereka umumnya memperoleh makanan dari host dengan bertindak sebagai parasit. Banyak spesies jamur saprofit di alam, mereka memperoleh makanan dari organisme mati dan membusuk .


Mold 

• Jamur bisa mikroskopik serta makroskopik dalam bentuk. Bentuk struktural yang paling umum dari jamur mikroskopis yang hifa. Diameter hifa berkisar 2-10 mikrometer. Panjang dari hifa dapat memperpanjang hingga beberapa sentimeter. Struktur yang terbentuk sebagai hasil dari jalinan hifa disebut miselium.

• Jamur makroskopik yang mudah terlihat dengan mata telanjang. Bentuk umum dari jamur tersebut cetakan dan jamur.

• Feromon, bahan kimia yang diproduksi oleh jamur, memainkan peran penting dalam reproduksi seksual. Jamur Pria dan wanita berkomunikasi satu sama lain melalui feromon.

• Pada kebanyakan jamur, reproduksi aseksual terjadi melalui spora vegetatif yang disebut konidia. Fragmentasi miselium juga merupakan bentuk reproduksi aseksual.

• Jamur yang ditemukan di low nitrogen lingkungan pameran adaptasi dalam bentuk tombol-tombol lengket dan simpul. Jenis seperti adaptasi membantu jamur untuk memangsa makhluk kecil, seperti nematoda dengan menjebak mereka. Makhluk-makhluk kecil yang kemudian terdegradasi untuk mendapatkan makanan / nutrisi.

• Beberapa jamur hidup dalam hubungan simbiosis dengan organisme yang berbeda. Misalnya, jamur yang disebut kehidupan lumut dalam hubungan simbiotik dengan ganggang hijau (organisme autotrophic).

• Jamur diketahui menyebabkan berbagai penyakit pada tumbuhan, hewan, serta manusia. Kaki atlet dan kurap adalah beberapa masalah yang sering diamati disebabkan oleh jamur. Beberapa penyakit pada tanaman yang disebabkan oleh jamur termasuk busuk batang , busuk daun, jamur api, dan karat.

Sebelumnya, jamur ditempatkan di Kerajaan Plantae. Jamur yang dianggap sebagai tanaman karena sifat bergerak mereka. Seperti klasifikasi dibuat karena banyak karakteristik dari jamur yang mirip dengan ciri-ciri tanaman. Itu hanya setelah analisis filogenetik dilakukan dengan bantuan metode molekuler bahwa kelompok terpisah yang disebut jamur dibentuk.

 Fakta Menarik Jamur

Di sini, fokus terletak pada menyajikan beberapa fakta menarik dan tidak biasa tentang organisme ini.

• Jamur Puffball dikenal untuk penggunaan obat mereka. Organisme ini juga telah diberikan pentingnya agama dalam budaya Amerika Utara asli Indian. Anggota dari suku asli Amerika bernama Blackfoot percaya bahwa puffballs yang jatuh bintang, dan mereka jatuh di Bumi selama acara supranatural.


Jamur Liar 

• Merah mengumpulkan dan menyimpan jamur kering di pohon dan memakannya di musim dingin. Seperti jenis jamur kering dikumpulkan dalam jumlah besar oleh tupai.

• Ada lebih dari 60 jenis jamur yang memperlihatkan fenomena bioluminescence, dalam fenomena ini, cahaya yang dipancarkan dari tubuh jamur. Seperti jenis cahaya juga dikenal sebagai " cahaya dingin".

• Baru ditemukan fosil jamur dikatakan berusia jutaan tahun. Fosil ditemukan sebelumnya berada di paling 10.000 tahun. Akibatnya, baru ditemukan jamur ditempatkan dalam genus terpisah yang disebut Coprinites.

• Beberapa spesies jamur ini dapat tetap aktif selama berabad-abad, asalkan mereka menemukan kondisi yang cocok untuk tinggal aktif.

• Penggunaan jamur dalam makanan dan obat-obatan terkenal. Namun, jamur juga memainkan peran penting dalam penyerapan dan pencernaan limbah industri, pestisida, dan minyak.

• Terlepas dari tumbuhan, jamur juga memainkan peran utama dalam siklus karbon.

• Pada tanah hutan, jamur adalah bentuk kehidupan yang dominan, sehingga untuk 90 % dari total biomassa.

• Biodegradasi dengan tumbuhan, selulosa, dan selulosa mengalami lignifikasi terjadi karena aksi agen, seperti jamur saprofit. Akibatnya, 85 miliar ton karbon membuat jalan mereka ke atmosfer tahunan dalam bentuk CO2 yang dilepaskan karena pembusukan selulosa dan selulosa mengalami lignifikasi yang terutama disebabkan oleh jamur.

• Ada sejumlah antibiotik penting yang dikembangkan industri melalui fermentasi jamur. Beberapa contoh adalah antibiotik penisilin dari Penicillium chrysogenum dan griseofulvin dari Penicillium griseofulvin.

• mikoriza jamur dikenal memiliki hubungan simbiosis mutualistik dengan akar tanaman yang lebih tinggi . Jamur ini melindungi akar dari serangan jamur lain , dan hifa jamur bantuan dalam penyerapan mineral dan air . Sebagai gantinya, jamur berasal gula dari daun tanaman .

• Berkaitan dengan produk makanan , misalnya , ragi roti membutuhkan jamur Saccharomyces . Penicillium berperan dalam proses pematangan keju khusus . Saccharomyces cerevisiae , melalui proses fermentasi , bertanggung jawab untuk produksi minuman , seperti bir , anggur, dll

Demikian mengenai fakta tentang jamur.
loading...
Poskan Komentar