Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Bunga Tasbih (Canna indica)

Bunga Tasbih  (Canna indica)
Bunga Tasbih  (Canna indica)

Klasifikasi Bunga Tasbih  (Canna indica)

Kingdom  : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas : Commelinidae
Ordo : Zingiberales
Famili : Cannaceae 
Genus : Canna 
Spesies : Canna indica L. 

Deskripsi Bunga Tasbih (Canna indica)

Ciri umum

Perdu seperti palem dioecious batang subterranean, berantena, pachicaul, batang berbentuk silinder, dengan daun yang sedikit sampai banyak dan dasar daun persistent.

Daun

Seperti burung tersusun secara spiral diselingi dengan cataphylls. Daun muda bawah seringkali mengurangi duri. Daun muda sederhana atau dikotom, dilengkapi dengan garis-garis halus yang sejajar dan midrib tidak nyata, daun muda tersisip dekat dengan tepi,  rhachis terhadap sisi adaxial, mempunyai perbedaan warna utama kelenjar, stomata hanya terdapat pada bagian bawah permukaan atau terdapat pada semua permukaan, sel epidermis melintang sepanjang axes daun muda. Daun dewasa, ketika mudanya bercabang atau rambut berwarna transparan. 

Microsphorophylls

Bentuk spiral, buah jantan bertangkai dan terdiri dari sterile apex sederhana, seringkali menghasilkan duri. Setiap microsporophyll membawa banyak sporangia (kantung tepungsari) pada permukaan abaxial. Tepung sari cymbiform, monosulcate. 

Megasporophylls

Berbentuk spiral, buah betina bertangkai, sporophylls sederhana, muncul peltate dengan dilated apex sederhana atau lamina yang seringkali menghasilkan duri. Terdiri dari dua atau tiga sel telur, tidak bertangkai, orthotropous, tersisip pada bagian dalam permukaan (axis-facing) dari ketebalan lamina dan mengarah kedalam (terbalik). 

Biji

Subglobular sampai berbentuk panjang atau ellipsoidal, dengan selaput berwarna merah atau ada beberapa yang berwarna kuning, orange atau coklat diluar sarcotesta. Endosperm haploid, berasal dari gametofit betina Embryo dengan dua cotyledons biasanya menyatu pada bagian ujung dan sangat panjang, memebelit seperti spiral. Biji radiospermic, bertunas cryptocotular. 

Habitat 

Umumnya menyukai tempat terbuka, tanah subur dan menyukai drainase yang cukup baik pada daerah sedikit ternaungi. Berkembangbiak dari buah segar, dalam waktu 18 bulan muncul tunas. 

Distribusi

Macrozamia macdonelli diketahui sebagai tumbuhan endemik di Australia bagian Tengah, di Pegunungan Macdonnell Kisaran Barat Alice Springs.

Sumber:

Anonim. 2006. Famili Zamiaceae. http://freewebs.com. 10 Juni 2011. Pukul 21.08 WIB.
Anonim. 2010. Macrozamia Macdonnellii.  http://kspjura.pl. 10 Juni 2011. Pukul 21.18  WIB.

0 Komentar untuk "Bunga Tasbih (Canna indica)"
Back To Top -->