Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Enzim Rennin

Enzim Rennin

Enzim adalah zat bio-katalitik yang diproduksi oleh tubuh kita. Enzim yang terkait dengan berbagai fungsi tubuh seperti pencernaan, metabolisme, pertumbuhan, pengembangan dll Rennin (alias chymosin) adalah enzim yang termasuk protease kelas. Rennin dan pepsin adalah dua enzim yang diproduksi dalam perut. Rennin diproduksi segera setelah lahir dengan perut mamalia muda di bentuk yang tidak aktif. Pada bayi manusia, rennin terutama terkait dengan koagulasi susu. Ini milik rennin sangat berguna untuk pencernaan susu pada bayi.

Bagaimana Rennin Diproduksi


Rennin hadir dalam tubuh manusia dalam bentuk agen aktif yang disebut prorennin. Ketika Anda mengonsumsi susu, asam klorida segera terbentuk dalam perut. Asam klorida mengaktifkan prorennin inert dan sinyal untuk menghasilkan rennin. Susu terdiri caseinogen protein, yang terdiri dari empat jenis molekul alpha-s1, s2-alpha, beta-kasein dan kappa-casein. Dari keempat molekul, tiga jenis molekul dapat susu endapan di hadapan kalsium. Namun, molekul keempat kappa-casein, tidak mengendap susu. Selanjutnya, menghambat pengendapan dari tiga molekul lain. Rennin, yang merupakan enzim aktif dalam rennet masker kappa-casein, sehingga tiga molekul lain diendapkan.


Pentingnya Rennin dalam Tubuh Manusia


Seperti disebutkan sebelumnya, rennin hadir dalam prorennin keadaan tidak aktif pada saat lahir. Rennin terutama terkait dengan mengental susu. Sistem pencernaan orang-orang muda yang tidak dikembangkan. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa susu dapat mengalir keluar dari tubuh, tanpa penyerapan nutrisi. Jika ini terjadi, bayi akan kehilangan nutrisi penting dalam susu, yang dapat mempengaruhi pertumbuhannya. Untuk mencegah hal ini, perlu bahwa susu harus tinggal di dalam tubuh untuk waktu yang lama. Ini hanya mungkin jika susu dalam bentuk curdled. Fungsi ini dilakukan oleh rennin. Menariknya, konversi susu menjadi dadih hanya mungkin pada 37 derajat Celcius, yang merupakan suhu tubuh manusia.

Manfaat Rennin


Produksi rennin dalam tubuh manusia mulai berkurang sebagai salah satu tumbuh tua. Rennin kemudian digantikan oleh pepsin, enzim pencernaan yang lain yang dihasilkan oleh perut. Aplikasi rennin dalam industri makanan secara luas dikenal. Rennin digunakan untuk mengentalkan susu untuk membentuk berbagai produk susu seperti keju. Sebelumnya, rennin digunakan untuk tujuan ini diperoleh dari perut kering dari sapi muda. Namun, kuantitas rennin diperoleh demikian, terbatas, maka tidak cukup untuk kebutuhan industri. Sejak itu, rennin diperlukan untuk industri makanan diproses secara genetik. Rennin juga ditemukan dalam sumber tanaman tertentu seperti jelatang dan onak dan juga dalam mikroorganisme seperti ragi dan jamur.

Percobaan laboratorium telah membuktikan bahwa rennin hanya dapat berfungsi pada suhu optimum 37 derajat Celcius. Pada suhu yang lebih tinggi, aktivitas molekul meningkat karena peningkatan energi. Hal ini menyebabkan disintegrasi ikatan kimia di rennin, yang mempengaruhi situs aktif enzim. Karena perubahan dalam situs aktif, molekul substrat (molekul susu) tidak dapat disimpan dalam situs aktif. Dengan demikian curah hujan gagal. Pada suhu yang lebih rendah, aktivitas molekul menurun, memperlambat laju reaksi. Pada 0 derajat Celcius, reaksi berhenti sepenuhnya.

Dengan demikian, rennin enzim memainkan peran penting dalam gizi mamalia muda. Rennin kadang-kadang juga keliru dengan renin, enzim yang disekresi oleh ginjal, yang memiliki fungsi yang sama sekali berbeda. Dengan demikian, rennin dan renin berbeda, maka dua istilah tidak boleh digunakan secara bergantian.
Tag : enzim
0 Komentar untuk "Enzim Rennin"
Back To Top -->