Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Efek samping dari enzim pencernaan

Enzim adalah protein yang melaksanakan reaksi katalitik dalam tubuh, dan membantu dalam mogok molekul kompleks seperti protein, lemak, dan karbohidrat menjadi molekul sederhana. Ada tiga jenis enzim dalam tubuh yaitu enzim makanan, enzim metabolik, dan enzim pencernaan. Enzim makanan yang berasal dari makanan yang kita makan. Enzim metabolik adalah mereka yang membantu dalam melaksanakan reaksi kimia dalam tubuh, dan enzim pencernaan adalah mereka yang membantu dalam proses pencernaan.

Efek samping dari enzim pencernaan

Fungsi Enzim Pencernaan

Enzim pencernaan adalah protein kompleks yang bertindak atas makanan tertelan. Mereka membutuhkan pH spesifik dan temperatur untuk menjadi aktif secara kimiawi. Enzim dapat berasal dari tanaman, serta hewan. Ini disekresikan oleh kelenjar ludah, lambung, pankreas, dan usus kecil. Ada tiga kelas yang berasal dari pankreas;


Enzim proteolitik: Ini membantu dalam pencernaan protein.
Lipase: Enzim mencerna lemak.
Amilase: Enzim ini bekerja pada pencernaan karbohidrat.

Enzim berikut membantu sistem pencernaan berfungsi secara efisien:


Protease asam
Maltodekstrin
Protease
Amilase
Amiloglukosidase
Selulase
Laktase
Invertase
Maltase
Lipase
Papain
Bromelain

Mengapa Enzim Pencernaan Ditetapkan?

Berbagai masalah kesehatan bisa terjadi jika tubuh tidak mampu untuk mensintesis enzim pencernaan. Dokter meresepkan kepada orang-orang yang menderita malabsorpsi nutrisi, karena insufisiensi pankreas atau cystic fibrosis. Mereka diresepkan untuk meningkatkan penyerapan makanan, mengurangi gas, kembung dan kepenuhan setelah makan tinggi lemak. Enzim ini juga diresepkan untuk orang yang terkena gangguan pencernaan kronis, penyakit celiac atau penyakit Crohn.

Hal ini diyakini bahwa penggunaan suplemen enzim pencernaan mungkin terbukti bermanfaat dalam memperpanjang kelangsungan hidup pada pasien yang terkena kanker pankreas. Namun, hampir tidak ada bukti untuk mendukung klaim ini.

Efek samping dari Enzim Pencernaan

Ada efek samping tertentu yang mungkin dialami oleh pengguna. Efek samping yang sering terlihat adalah sebagai berikut:

Diare
Sembelit
Sakit perut
Mual
Kembung
Gas
Kehilangan nafsu makan
Sakit kepala
Kelelahan
Pusing

Meskipun proteolitik pencernaan bantuan enzim dalam pencernaan protein, mereka menghancurkan lipase alami dalam tubuh. Hal ini menyebabkan masalah di pencernaan lemak. Enzim protease dapat mengiritasi lapisan lambung dan menyebabkan rasa terbakar di perut atau nyeri pada individu tertentu.

Enzim pencernaan pankreas juga diresepkan untuk anak-anak didiagnosis dengan fibrosis kistik. Enzim-enzim pencernaan pankreas telah ditemukan untuk merusak usus besar dan meningkatkan risiko fibrosing colonopathy. Hal ini telah dilaporkan dalam Journal of Pediatric Gastroenterology Nutrition. Enzim enterik berlapis dalam dosis rendah juga menimbulkan efek samping yang mengarah ke colonopathy. Interaksi obat yang merugikan tertentu juga telah dilaporkan. Jika Anda menggunakan warfarin, antikoagulan untuk mengobati trombosis vena dan atrial fibrilasi, konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan mereka. Enzim-enzim pencernaan berinteraksi negatif dengan antikoagulan. Dengan demikian, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda, jika Anda sudah pada beberapa obat atau obat-obatan, untuk menghindari efek samping tersebut.

Sebagian besar waktu, efek samping yang sangat ringan, tetapi menginformasikan dokter Anda jika Anda mengalami efek samping. Ambil enzim ini di bawah bimbingan medis karena hanya seorang ahli medis dalam posisi terbaik untuk mengetahui apa yang terbaik untuk Anda.
0 Komentar untuk "Efek samping dari enzim pencernaan"
Back To Top -->