Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Alga di Aquarium Ikan

aquarium alga

Sebuah Aquarium Ikan di rumah bisa menjadi pemandangan yang indah. Pertumbuhan alga dalam tangki ikan adalah fenomena biasa, alga itu memiliki sifat mirip dengan tumbuhan yang membutuhkan sinar matahari, air dan nutrisi untuk tumbuhan. Alga dalam jumlah kecil  di akuarium dianggap menguntungkan, karena menjadi pakan bagi ikan. Tapi, jika jumlahnya banyak, dapat merugikan kehidupan ikan dan tanaman air di dalam aquarium. 

Pertumbuhan alga yang berlebih dalam tangki ikan seperti pertumbuhan berlebih dari rumput liar di taman. Gulma dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman kebun terganggu, sedangkan di dalam tangki ikan, Alga tidak baik untuk kesehatan ikan.

Jenis Alga di Aquarium Ikan


Meskipun, ada berbagai jenis Alga, sejauh tangki ikan yang bersangkutan, kita bisa mengelompokkan mereka ke dalam Alga cokelat, Alga hijau, Alga merah dan Alga hijau biru. Mengetahui jenis Alga yang ada di akuarium Anda membantu Anda dalam memilih cara yang tepat untuk memeriksa pertumbuhannya.


Alga coklat: Atau dikenal sebagai kerikil atau Alga silika, Alga coklat umumnya terjadi pada yang baru mendirikan tank ikan dan menghilang, setelah tangki ikan matang. Dikatakan bahwa pertumbuhan Alga coklat dalam tangki ikan baru adalah karena tingginya tingkat silikat, nitrat dan fosfat. Tapi Alga coklat terutama terkait dengan adanya tingkat tinggi silikat, yang mungkin dari gelas baru dari tangki atau pasir atau kerikil baru. Setelah jumlah silikat berkurang dengan perubahan air, pertumbuhan Alga coklat melambat dan akhirnya menghilang.

Alga hijau: Seperti disebutkan sebelumnya, dengan penurunan tingkat silikat, alga coklat menghilang, tapi, itu bisa diganti dengan Alga hijau dalam tangki ikan. Alga hijau biasanya ditemukan di hampir semua tangki ikan dalam jumlah kecil. Hal ini dapat dalam bentuk bintik-bintik atau berbulu. Hal ini dikonsumsi oleh Alga makan ikan dan juga dapat dihapus secara manual. Alga hijau bukanlah penyebab khawatir, dalam kasus akuarium dengan pemeliharaan rutin, tetapi perawatan harus diambil untuk mencegah pertumbuhan berlebih nya.

Red Algae

Alga merah, yang lain dikenal sebagai kuas atau jenggot Alga dianggap jenis yang paling sulit untuk dihapus secara manual. Hal ini biasanya terlihat pada tangki ikan dengan kekerasan karbonat tinggi dan pH tinggi. Menangani masalah ini dapat mengekang pertumbuhan Alga merah. Jika tidak, Anda juga dapat pergi untuk Siam Alga pemakan, yang memakan Alga merah.

Alga Biru Hijau 

Meskipun, yang dikenal sebagai Alga, Alga hijau biru adalah jenis bakteri yang disebut cyanobacteria, yang mampu fotosintesis. Bakteri ini berkembang di tangki ikan dengan nitrat rendah, tetapi tingkat tinggi nutrisi lainnya, seperti, fosfat. Dilihat sebagai lapisan berlendir warna yang berbeda, cyanobacteria berbahaya bagi ikan dan tanaman dalam tangki ikan, karena melepaskan racun berbahaya. Hal ini tidak dimakan oleh ikan, namun dapat dihapus secara manual, seperti yang terjadi dalam bentuk lembaran. Perawatan harus diambil untuk mencegah pertumbuhan kembali nya, dengan meningkatkan aerasi tangki. Hal ini juga dapat dicegah dengan menggunakan eritromisin.

Penyebab Pertumbuhan Alga di Aquarium Ikan


Sejumlah kecil Alga dapat dilihat pada tangki ikan besar, pertumbuhan alga tidak bisa dihindari, karena kondisi yang menguntungkan, tangki ikan dapat menawarkan. Pertumbuhan alga dalam tangki ikan dapat dikontrol dengan langkah-langkah yang memadai. Hanya ketika menjadi di luar kendali, alga yang dapat menimbulkan ancaman serius bagi ekosistem tangki ikan. Jadi, sangat penting bagi seseorang, yang mendirikan tangki ikan, untuk memahami penyebab pertumbuhan alga dan langkah-langkah untuk mengendalikannya. Salah satu komponen kunci bagi pertumbuhan alga adalah air, yang berlimpah dalam tangki ikan. Lainnya adalah nutrisi, cahaya dan tidak adanya predator.

Cahaya: Sinar matahari langsung dapat menawarkan kondisi yang menguntungkan bagi pertumbuhan alga dalam tangki ikan. Sumber-sumber lain cahaya juga dapat menyebabkan pertumbuhan alga, jika tangki ikan terkena cahaya ini selama berjam-jam yang sangat panjang. Terlalu sedikit cahaya juga tidak dianjurkan, karena dapat mendorong pertumbuhan Alga coklat. Bahkan mereka lampu, yang mematikan juga dapat menyebabkan alga dalam akuarium.

Nutrisi: Seperti tanaman lainnya, Alga juga membutuhkan nutrisi untuk pertumbuhan. Mereka membutuhkan nitrat dan fosfat, yang dapat berlimpah dalam tangki ikan. Tingkat gizi lebih pada tangki ikan dapat disebabkan oleh tingginya tingkat nitrat dan fosfat dalam air keran Anda, yang digunakan dalam tangki ikan. Jika air keran Anda tidak menunjukkan tingkat tinggi nitrat dan fosfat, maka kemungkinannya adalah bahwa Anda overfeeding ikan atau tangki ikan penuh sesak. Alasan mengapa hal ini terjadi adalah, sisa makanan dan limbah ikan juga dapat menyebabkan tingkat tinggi nitrat dan fosfat dalam air.

Algae Makan Ikan dan Tanaman Aquatic: Tidak adanya Alga makan ikan dan tanaman air dalam tangki ikan juga merupakan kondisi yang menguntungkan bagi pertumbuhan alga. Sementara Alga makan ikan memakan Alga  tanaman air menghabiskan nutrisi dalam air dan kelaparan Alga.

Cara Menghilangkan Alga di Aquarium Ikan


Tidak perlu untuk menghapus Alga dari tangki ikan, jika berada dalam jumlah yang sangat kecil. Jika itu tumbuh pada tingkat yang mengkhawatirkan, mengadopsi langkah-langkah yang relevan untuk mengekang pertumbuhan, dengan memahami penyebab pasti dan jenis Alga  Berikut ini adalah beberapa metode untuk menyingkirkan pertumbuhan Alga dalam tangki ikan Anda.

Jangan menempatkan tangki ikan Anda di bawah sinar matahari langsung. Paparan sumber cahaya lain juga harus dikurangi menjadi delapan sampai sepuluh jam sehari dan maksimal dua belas jam, jika Anda memiliki tanaman hidup di dalam tangki. Terlalu sedikit cahaya juga dapat menyebabkan masalah, karena dapat menjadi alasan untuk pertumbuhan Alga coklat.

Penyebab lain untuk Alga di akuarium adalah tingkat tinggi nutrisi, seperti nitrat dan fosfat. Dalam kasus tersebut, perhatian harus diambil untuk menghindari overfeeding dan menghapus kiri atas limbah makanan dan ikan secara teratur.

Dalam kasus tangki ikan sangat terpengaruh, Anda dapat menggunakan pad menggosok lembut (tangki akrilik) atau silet (tangki kaca) untuk membersihkan.

Tanaman air yang baik dalam mengendalikan pertumbuhan berlebih dari Alga  sebagai mantan mengkonsumsi nutrisi dalam air, meninggalkan jumlah yang sangat sedikit, yang tidak akan cukup untuk Alga untuk bertahan hidup.

Perawatan akuarium harus menyertakan perubahan air biasa, pada tingkat 10% per minggu.
Tambahkan ikan Alga makan ke tangki ikan. Ada banyak jenis ikan tersebut, yang memakan Alga dan mencegah pertumbuhan berlebih nya.

Ikan aksesoris bersih tangki, seperti, filter secara teratur.

Sebagian besar kasus alga berlebih dapat diatasi atau dicegah dengan kata di atas metode. Yang paling penting adalah untuk menghindari kondisi yang menguntungkan pertumbuhan Alga dengan menyesuaikan komponen kunci seperti nutrisi dan cahaya.

Pertumbuhan alga bukanlah penyebab khawatir, kecuali dalam jumlah yang sangat besar, sehingga dapat membahayakan ikan akuarium dan tanaman. Pertumbuhan alga kecil adalah normal dan tak terelakkan dan sering meningkatkan penampilan alami dari tangki ikan sampai batas tertentu. Namun, berhati-hati bahwa Alga dalam tangki ikan tidak tumbuh terlalu cepat dan tindakan pengendalian harus diadopsi.
Tag : alga
0 Komentar untuk "Alga di Aquarium Ikan"
Back To Top